close

Tire Pressure Gauge – Alat Ukur Tekanan Angin Pada Ban Kendaraan

Tire pressure gauge yakni alat yang dipakai untuk mengukur tekanan angin pada ban kendaraan, supaya tekanan angin ban sesuai dengan batas yang diijinkan. Tire pressure gauge ada yang terpisah sendiri dan ada yang dirangkaikan dengan katup dan selang angin dari kompresor sehingga ketika pengisian angin dapat pribadi terukur.

 adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan angin pada ban kendaraan Tire pressure gauge - Alat ukur Tekanan Angin pada Ban Kendaraan
Tire pressure gauge Analog

Saat ini sudah banyak tyre gauge yang menggunakan display digital untuk lebih membuat lebih mudah pembacaan. Setelah alat ini terangkai dengan kompresor, maka tinggal memasukkan ke pentil dari ban. Besarnya tekanan ban akan langsung terbaca dikala trigger tidak ditekan.

Banyak mobil terbaru sekarang dilengkapi dengan sensor tekanan ban internal yang memungkinkan keempat tekanan ban dibaca bersama-sama dari dalam kendaraan beroda empat. Pada tahun 2005, pada umumnya Sistem Pemantauan Tekanan Ban (TPMS) menggunakan pemantauan tekanan tidak pribadi. Sensor rem anti-lock mendeteksi satu ban berputar lebih cepat daripada yang lain dan memperlihatkan tekanan ban yang rendah kepada pengemudi. Masalah dengan sistem ini yakni bahwa jikalau ban semua kehilangan tekanan yang serupa maka tidak ada yang mau muncul melawan lainnya untuk memperlihatkan persoalan.

 adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan angin pada ban kendaraan Tire pressure gauge - Alat ukur Tekanan Angin pada Ban Kendaraan
Tire pressure gauge Digital

Peraturan tentang tire pressure

Sejak september 2007 seluruh mobil baru dibawah berat £ 10.000 (4.500 kg) yang dijual di Amerika Serikat diminta untuk memasukkan Sistem Pemantauan Tekanan Ban, yang bisa memantau keempat ban dan sekaligus melaporkan inflasi bawah dari 25 persen plakat tekanan acuh taacuh dalam setiap kombinasi dari keempat ban.

  27+ Tematik Kelas 4 Tema 1 Buku Siswa Images