close

Pemahaman, Jenis Serta Ciri Drama

Arti, Jenis Dan cari Drama peroleh pada pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Tidak sedikit dari pencinta seni budaya terutama pelajar di sekolah, banyak mendengar ungkapan Drama, akan tetapi tak sedikit juga yang kurang mengerti arti dari Drama, ada berapa macam dan bagaimana ciri-cirinya. Untuk pengertian Drama dan bagaimana ciri beserta genre dari Drama itu, berikut beberapa usulan para mahir tentang Drama dalam penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com.

 Jenis Dan cari Drama temukan pada pengertianartidefinisidari PENGERTIAN, JENIS SERTA CIRI DRAMA

PENGERTIAN DRAMA

Drama selaku Karya Sastra dalam pengertian yang dikemukakan oleh hebat definisi seperti Krauss (1999:249) dalam bukunya Verstehen und Gestalten beropini bahwa “drama yaitu suatu bentuk citra seni yang datang dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani antik, yang di dalamnya dengan terang terorganisasi dialog dramatis, sebuah pertentangan dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung.”

Dalam bahasa sederhananya, Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, susila, serta tingkah laris insan lewat tugas dan dialog yang dipentaskan. Kisah dan kisah dalam drama memuat pertentangan dan emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater.

JENIS SERTA CIRI-CIRI DARI DRAMA

Seperti dalam penjelasan pengertianartidefinisidari diatas bahwa Drama ialah genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan insan dengan gerak selaku seni budaya khusus ditujukan untuk pementasan dalam teater seni.

Adapun jenis-jenis dari drama itu sendiri terbagi menjadi 3, ialah:

  1. Tragedi. Tragedi yaitu jenis drama yang melukiskan cerita penuh kesedihan dan kemalangan. Tokoh dalam drama peristiwa umumdisebut sebagai “tragic pahlawan” yang memiliki arti yakni seorang pendekar mengalami nasib tragis, seperti ketidakberuntungan, kesialan, dan lainnya.
  2. Komedi. Komedi ialah jenis drama yang bersifat menghibur dengan unsur jenaka di dalamnya. Dalam naskah drama komedi, akan terdapat dialog lucu yang menyindir dan umumnya mempunyai ending yang bahagia.
  3. Opera. Opera atau yang sering didengan nama drama musikal ialah jenis drama yang percakapannya diiringi musik atau melodi. Dalam drama ini, cerita dan perasaan yang dicicipi pemain diungkapkan lewat nyanyian dan tarian.
  Prota Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Tahun 2021/2022

Pendapat pakar atau jago lain yang memperkuat kedudukan drama selaku karya sastra yaitu bahwa drama termasuk ke dalam ragam/ jenis sastra alasannya adalah ceritanya bersifat imajinatif dalam bentuk naskah drama (Zulfahnur. dkk, 1996: 23)

Baca:

KESIMPULAN

Dari definisi diata ditarik kesimpulan, Berdasarkan pementasanya, drama dapat dibagi berbagai jenis, diantanya yaitu:

  1. Drama Panggung – drama yang sepenuhnya dimainkan dipanggun. 
  2. Drama Radio – drama radio tidak seperti lazimnya . Drama ini tidak dapat dilihat, tepai hanya mampu didengerkan oleh penikmatnya saja dengan lewat radio.
  3. Drama Televisi – hampir sama dengan drama panggung, tetapi drama televisi tidak mampu diraba.
  4. Drama Film – drama film memakai media layar lebar serta biasanya dipertunjukkan di bioskop.
  5. Drama Wayang – drama yang diiringi dengan pagelaran wayang.
  6. Drama Boneka –  para tokoh drama tidak dimainkan oleh bintang film insan sungguhan, tetapi digambarkan dengan boneka yang dimainkan beberapa orang.

Demikianlah goresan pena definisi, Jenis Dan cari Drama temukan dari pengertianartidefinisidari.blogspot.com agar berguna!!!!