close

Kihajar 2020 – Apa Itu Kihajar Stem Dan Bagaimana Cara Daftarnya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Luncurkan KIHAJAR 2020 dengan Format Baru dan berlainan. Temukan isu tentang Peserta ajar jenjang Sekolah Dasar/MI (kelas atas), Sekolah Menengah Pertama/MTs, SMA/MA, dan Sekolah Menengah kejuruan/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri untuk wadah eksplorasi siswa dari berbagai tingkatan sekolah lewat pendayagunaan teknologi berita dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) di pengertianartidefinisidari.blogspot.com

Apabila kau ialah siswa dari aneka macam tingkatan sekolah dan gres mendengar istilah kata Kihajar STEM, tentu sangat membutuhkan panduan apa itu arti dari Kihajar STEM, Persyaratan Tata Cara dan Jadwal Pendaftaran Kuis Kihajar Stem Tahun 2020 yang diluncurkan oleh Kemendikbud. Pembuatan akun baru diharapkan untuk mampu berpartisipasi dalam program kihajar 2020, diantaranya; KIHAJAR STEM, KIHAJAR EXPLORER dan KIHAJAR TIK Talks.

APA ITU KIHAJAR

Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) merupakan siswa yang turut serta dalam aktivitas KIHAJAR, yang tujuan terutama adalah menyebarkan keahlian, wawasan dan mempunyai kompetensi kala 21. Adapun acara Kita Harus Belajar (akronim dari: KIHAJAR) dilakukan secara daring dengan tetap melibatkan dinas pendidikan di daerah, Telkom, para guru, dan seluruh siswa di Tanah Air.

APA PROGRAM KIHAJAR 2020

Selain dengan Format dan logo gres, KIHAJAR tahun 2020 ini hadir dengan tiga acara gres, diantaranya; KIHAJAR STEM, KIHAJAR EXPLORER dan KIHAJAR TIK Talks

  3. Kategori Untuk Memberi Efek Animasi Pada Saat Objek Memasuki Slide Presentasi

KIHAJAR STEM

Mengutip dari situs resmi Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi siswa jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan sederajat lewat pendayagunaan teknologi berita dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM)

KIHAJAR STEM dalam pengertian, ini ialah media sosialiasi produk Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi, selain itu juga untuk mengembangkan kemampuan literasi, motivasi dan pendidikan abjad dalam wujud kemandirian dan kejujuran.

KIHAJAR EXPLORER

Mengutip dari situs resmi Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kihajar Explorer merupakan Permainan berhadiah yang memanfaatkan media sosial TV Edukasi dan Suara Edukasi.

KIHAJAR EXPLORER dalam pengertian, acara Kemendikbud ini hadir melalui akun Instagram tvedukasi_kemdikbud dengan memberikan pertanyaan setiap harinya. Peserta didik jenjang SD/MI (kelas atas), Sekolah Menengah Pertama/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri yang hendak menjawab kuis dari permainan atau pertanyaan tersebut, maka peserta akan diberikan tautan konten yang terdapat di portal Rumah Belajar, TV Edukasi maupun Suara Edukasi. Jawaban penerima terdaftar diantarkan melalui kolom komentar sesuai dengan postingan pertanyaannya di akun Instagram tvedukasi_kemdikbud setiap harinya.

KIHAJAR TIK Talks

Mengutip dari situs resmi Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kihajar TIK Talks merupakan satu bab dari gelaran Kihajar 2020, selaku wujud apresiasi kepada daerah yang menunjukkan kontribusi akseptor terbanyak pada Kihajar STEM

KIHAJAR TIK Talksdalam pengertian, acara Kemendikbud ini didedikasikan bagi para guru dari Peserta ajar jenjang Sekolah Dasar/MI (kelas atas), Sekolah Menengah Pertama/MTs, SMA/MA, dan Sekolah Menengah kejuruan/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri dengan informasi dari pemanfaatan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi.

  Perangkat Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Lengkap

CARA DAFTAR

Sebelum mendaftar akun maka Anda harus menyanggupi syarat Peserta Kihajar STEM apalagi dahulu. Adapun Syarat-syaratnya Anda ialah Peserta asuh jenjang SD/MI (kelas atas), SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri.

Apabila Anda sudah menyanggupi patokan pendaftaran tersebut, maka untuk menjadi akseptor baru silahkan ikuti cara dibawah:

Setelah proses registrasi akun tamat maka peserta telah mampu mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya. Adapun tahapan akseptor sehabis terdaftar, dapat melanjutkan ke :

  • Kihajar STEM Basic;
  • Kihajar STEM Intermediate;
  • Kihajar STEM Advanced;
  • Pembuatan Video STEM; dan
  • Kihajar STEM FINAL.

KAPAN JADWAL KIHAJAR STEM UNTUK KIHAJAR 2020

Untuk waktu dan agenda pelaksanaan:

  • Kihajar STEM Basic dengan waktu pelaksanaan tanggal 09 Agustus 2020;
  • Kihajar STEM Intermediate dengan waktu pelaksanaan tanggal 24 Agustus 2020;
  • Kihajar STEM Advanced dengan waktu pelaksanaan tanggal 06 September 2020;
  • Pembuatan Video STEM dengan waktu pelaksanaan tanggal 11 – 24 September 2020; dan
  • Kihajar STEM FINAL dengan waktu pelaksanaan tanggal 02 Oktober 2020.

BANTUAN

Apabila akseptor mengalami urusan terkait KIHAJAR 2020 atau masih galau dengan apa itu Kihajar STEM dan bagaimana cara daftarnya sampai informasi ihwal Peserta ajar jenjang SD/MI (kelas atas), SMP/MTs, SMA/MA, dan Sekolah Menengah kejuruan/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri untuk wadah eksplorasi siswa dari berbagai tingkatan sekolah melalui pendayagunaan teknologi gosip dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) mampu mendatangi situs resmi kihajar.kemdikbud.go.id atau email ke kihajar@kemdikbud.go.id, demikian goresan pena pengertianartidefinisidari.blogspot.com agar bermanfaat!!!