Teks Deskripsi – Definisi, Stuktur Teks, Karakteristik Teks, Contoh Dan Latihan Teks Deskripsi

Teks Deskripsi pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Definisi Teks Deskripsi. Teks deskriptif ialah suatu teks atau paragraf yang mengatakan mirip apa seseorang atau sesuatu itu. Tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan orang, kawasan, atau benda tertentu.

Baca: PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP – MENENTUKAN CIRI ISI DAN TUJUAN TEKS DESKRIPSI

Teks Deskripsi pengertianartidefinisidari TEKS DESKRIPSI - DEFINISI, STUKTUR TEKS, KARAKTERISTIK TEKS, CONTOH DAN LATIHAN TEKS DESKRIPSI

Stuktur Teks (Struktur Elemen)

Teks Deskripsi mempunyai hukum tersendiri dalam penulisannya, termasuk dalam struktur atau komposisinya yang harus ditulis secara berurutan. Jika Anda diminta dalam pelajaran bahasa Indonesia untuk membuat teks Deskripsi, pastikan strukturnya mirip berikut:

1. Identifikasi

Bagian ini di paragraf pertama – maksudnya yaitu untuk mengidentifikasi sesuatu yang hendak diterangkan atau digambarkan. Penjelasannya mudah, Identifikasi berfungsi untuk mengenalkan pembaca tentang objek atau sesuatu yang telah kita gambarkan sebelum kita menceritakan tentang propertinya. Tujuannya bukan untuk menerima salah satu dari pembaca tersebut.

2. Deskripsi

Bagian ini di paragraf kedua dan seterusnya – berisi isi goresan pena yang melekat pada sesuatu yang sudah Anda perkenalkan terhadap pembaca di paragraf pertama.

Karakteristik Teks Deskripsi

Ciri-ciri ini penting untuk Anda perhitungkan agar penulisan teks deskriptif tidak salah. Makara pastikan Anda menggunakan komponen berikut saat memakai genre akan menulis teks Deskripsi:

  Panduan Sistem Informasi Verifikasi Dan Validasi E-Verval Nomor Ponsel Penerima Ajar Tahun 2020 Kemendikbud

1. Menggunakan kalimat seakan-akan menyaksikan sendiri situasi objek tersebut.

Mengapa Menggunakan kalimat seakan-akan melihat sendiri suasana objek tersebut? ini alasannya kita akan menggambarkan fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau seseorang. Dan salah satu fungsi melihat sendiri situasi objek tersebut adalah untuk mengilustrasikan suatu fakta atau kebenaran (misalnya fakta – matahari itu panas). Oleh alasannya itu, Anda mesti senantiasa memakai bentuk pertama dari kata kerja menyaksikan sendiri suasana objek tersebut. Contoh Anda akan mengilustrasikan properti kendaraan beroda empat baru Anda – Warna mobil aku hitam, mampu melaju hingga 300 km / jam.

2. Teks berisi penggambaran atau melukiskan suatu objek, baik sebuah daerah ataupun seseorang.

Karena fungsinya untuk mendeskripsikan sesuatu dengan menerangkan isinya, maka dalam teks akan banyak ditemui kata sifat deskriptif (penggambaran atau melukiskan suatu objek, baik suatu tempat ataupun seseorang), seperti tampan, cantik, tinggi, kecil, besar, atau jikalau kata sifat tersebut berasal dari kata sifat.

3. Teks deskripsi juga menceritakan rincian fisik objek secara rinci. Dari mulai warna, tekstur, bentuk, hingga ukuran objek yang diceritakan.

Dalam teks deskriptif sering kita dapatkan menceritakan detail fisik objek secara rinci. Dari mulai warna, tekstur, bentuk, sampai ukuran objek yang diceritakan. ini mirip pada ciri nomor 1. Dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai “melukiskan”. Karena tujuan atau fungsi teks deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan, maka niscaya kita akan sering mendapatkan kata mirip, misal, ciri. Namanya pengertianartidefinisi, tingginya 120 cm.

Contoh Teks Deskripsi

Contoh dalam Pelajaran sekolah Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama dengan Mapel Bahasa Indonesia – Teks deskripsi wacana ibu inspirasiku

  Soal PTS Informatika Kelas 11 Semester 2 dan Jawaban

(Identifikasi)

Ibuku adalah seorang yang terhebat dalam hidupku. Ia tak pernah mengenal letih dan tak pernah murka. Dalam hidupku ibuku yaitu seorang yang sungguh berjasa, ibuku paling mengetahui dan selalu memberi motivasi-motivasi yang mampu menghidupkan semangat yang pernah hilang dalam hidupku.

(Deskripsi)

Ibuku adalah perempuan yabg rela mengorbankan hidupnya untuk keluarga. Rela bangkit awal dan tidur paling selesai dalam hidupnya. Ibuku rela bekerja untuk membantu keuangan dalam keluargaku supaya kami mampu bersekolah dan dapat hidup dengan sejahtera.

Ibuku engkau ialah inspirasiku, aku ingin kelak apabila saya telah besar ingin sepertimu dan ingin sekali membahagiakanmu.

RANGKUMAN TEKS DESKRIPSI – DEFINISI, STUKTUR TEKS, KARAKTERISTIK TEKS, CONTOH DAN LATIHAN TEKS DESKRIPSI

Teks deskripsi adalah suatu teks atau paragraf yang penyampaian ide khususnya dilakukan secara terang, mirip daerah, objek, dan peristiwanya, sehingga pembaca seakan-akan mengetahui dan merasakan eksklusif insiden dalam teks tersebut. Dalam permbuatan teks deskripsi, terdapat beberapa komponen-unsur penting yang mesti dipenuhi, mirip judul, kalimat topik, deskripsi, dan kesimpulan. Dimana pembahasan Teks Deskripsi pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Definisi Teks Deskripsi. Teks deskripsi ialah suatu teks atau paragraf yang penyampaian gagasan terutama dilaksanakan secara jelas, mirip daerah, objek, dan peristiwanya, sehingga pembaca seolah-olah mengenali dan mencicipi eksklusif insiden dalam teks tersebut. Dalam permbuatan teks deskripsi, terdapat beberapa unsur-bagian penting yang harus dipenuhi, seperti judul, kalimat topik, deskripsi, dan kesimpulan. Selain itu, teks deskripsi mempunyai beberapa ciri-ciri, seperti teladan.

  1. Paragraf yang menggabarkan sesuatu;
  2. Paragraf diterangkan sungguh terang dan detail oleh teks-teks yang menyusunnya;
  3. Pembaca akan seoah-olah merasakan apa yang sedang dibahas di paragraf tersebut;
  4. Paragraf dalam teks deskripsi selalu menggabarkan objek, tempat, dan keadaan secara detail;
  Puisi Demi Revolusi

Baca: PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP – APA CIRI TEKS DESKRIPSI DARI SEGI TUJUAN DAN OBJEK YANG DISESKRIPSIKAN?

Dari ciri-ciri diatas, secara singkat mampu dirangkum bahwa Teks deskriptif yakni sebuah teks atau paragraf yang menyampaikan seperti apa seseorang atau sesuatu itu. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan orang, daerah, atau benda tertentu, demikian tulisan pelajaran sekolah di pengertianartidefinisidari.blogspot.com biar berguna!