close

Apa Itu Mobilitas Sosial Dan Misalnya

Pengertian, Arti, Definisi Apa itu Mobilitas Sosial (dalam bahasa Inggris: Social mobility) atau umum dibilang selaku gerak sosial – Mobilitas Sosial yaitu erubahan, pergantian, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran seseorang dalam sebuah kalangan sosial, dimana ini terbagi menjadi dua, yaitu vertikal dan horisontal.

 atau umum dikatakan sebagai gerak sosial  APA ITU MOBILITAS SOSIAL DAN CONTOHNYA

CONTOH MOBILITAS SOSIAL

Berikut ini salah satu teladan gerak sosial yang biasa terbagi menjadi dua jenis, ialah vertikal dan horisontal, sebagai teladan perpindahan atau pergeseran status sosial atau kedudukan sosial dari yang lebih rendah menuju status sosial atau kedudukan sosial yang lebih tinggi atau sebaliknya.

Mobilitas sosial vertikal mempunyai arti Perubahan naik/turunnya status seseorang pada lapisan sosial yang berbeda. Contoh: Seseorang menamatkan pendidikan SMP dan melanjutkan ke tingkat pendidikan SMA. Artinya, mengalami mobilitas sosial naik.

Mobilitas sosial horizontal berarti gerak perpindahan status seseorang pada lapisan sosial yang berlawanan menuju status dan kedudukan baru yang sederajat. misalnya guru yang sebelumnya mengajar di SMA di Jakarta dipindahtugaskan mengajar Sekolah Menengan Atas di Surabaya.

Secara umum mampu didefinisikan bahwa Mobilitas horizontal yakni perpindahan individu atau objek sosial lainnya dari sebuah golongan sosial ke golongan sosial lainnya yang sederajat. Sedangkan Mobilitas vertikal merupakan perpindahan individu atau objek sosial dari sebuah kedudukan sosial yang satu ke kedudukan sosial yang lain yang tidak sederajat. inilah perbedaannya.

Baca: MOBILITAS SOSIAL DAN PERAN PENDIDIKAN DALAM MENDEFINISKAN MOBILITAS SOSIAL

Mobilitas ialah kata latin yakni mobilis dimana artinya mudah dipindahkan. Jadi Mobilitas sosial atau gerak sosial didefinisikan perpindahan orang atau kelompok dari strata sosial yang satu ke strata sosial lainnya. demikian goresan pena pelajaran sosial pengertianartidefinisidari.blogspot.com biar berguna!