close

Tiga Perkara Yang Dicintai Allah Dan Tiga Kasus Di Benci Allah

Degan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt. atas segala rahmat-Nya, sehingga kita mampu mengingkuti kegiatan kuliah tujuh menit tanpa ada hambatan apapun.

Shalawat serta salam mudah-mudahan tercurahkan terhadap nabi muhammad saw., alasannya dengan pemikiran dia kita bisa membedakan yang haq dan batihil, berkat hidayah Allah swt.

sebagai hamba yang beriman kepada Allah dengan sebetulnya pastinya beliau ingin menjalankan sesuatu yang mendatangkan kebaikan. sebab dengan kebaikan yang dijalankan orang-orang beriman, maka Allah akan cinta kepadanya, dan senantiasa menunjukkan pahala alasannya adalah tindakan baik tersebut, untuk itu kita mesti memiliki rasa gemar berbagi kgiatan yang arahnya terhadap kebaikan dan meninggalkan kejelekan semoga kecintaan Allah. Karena segala sesuatu yang bisa mendatangkan kejahatan, maka kemurkaan Allah akan tiba. Oleh karena itu selaku orang beeriman berusaha melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan supaya kecintaan Allah bener-bener di berikan kepada hamba-Nya.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka nabi saw. Menjelaskan dalam sabdanya yang berbunyi:

Artinya: bantu-membantu Allah meridhakan untukmu tiga masalah dan Allah membencimu untukmu tiga perkara pula. Allah rela akan kau menyembah-Nya sendiri-Nya dengan tidak memperserikat-Nya dengan sesuatu apapun. Dan hendaklah kau suka menawarkan nasihat kepada orang yang di jadikan Allah pengendalikan urusanmu. Adapun tiga yang di benci-Nya adalah:banyak bicara, banyak bertanya/minta-minta, dan menyiayiakan harta benda.(Hr.Ahmad).

Tiga kasus yang dicitai oleh Allah hendaklah kita kerjakan dengan tulus lapang dada. Adapun tiga kasus itu antara lain:

Menyembah terhadap Allah tanpa mempersekutukan dengan sesuatu. Karena Allah saatu-satu-Nya tuhan yang kita sembah dan patut kita mintai pemberian. jadi kita menyembah terhadap Allah haruslah denganpenuh iktikad yang mendalam tanpa dihatui perasaan-perasaan yang mewaspadai yang berakibat menghadirkan syirik. Hendaklah tetap berpegang teguh dengan aliran islam. Dan jangan hingga bercerai berai antara umat islam, alasannya dimana saj umat islam berada, maka disitulah kerabat kita. Orang islam dibutuhkan hidup rukun damai. Persatuan dan kesatuan umat harus betul-betul digalang, biar kekutan islam semakinhari makin berpengaruh sehingga idak mudah di remehkan dan di injak oleh orang-orang ghairul islam. Kaprikornus orang islam walupun berbedda oraganisasi jangan hingga menjadikan perpecahan karen asemua itu yaitu saudra kita. Dan tindakan yang menghadirkan kecitaan Allah yang ke tiga yakni menunjukkan pesan tersirat terhadap orang yang diberikan Allah pengendali urusanmu.

  Tanda-Tanda Orang Pandai

Adapun perbutan yang mampu menghadirkan ke bencian Allah antara lain: banyak bicara dalam hal ini kita umat isalm jangan mebiasakan bicara yang banyak/membual. Bicaranya banyak dan tidak ada yang berguna, maka kebencian Allah yang akan kita terima. Makara langkah yang terbaik semoga kita tidak termasuk orang yang banyak bicara, maka lebih baik bicara yang ada manfaynya dan jangan suka menjadi orang yang membual dalm bicara. Dan janganlah memperbanyak pertanyaan/banyak mengajukan pertanyaan-tanya tentang sesuatu urusan orang lain. Dan tindakan ke tiga yang termasuk menghadirkan kebencian Allah adalah: menyiyiakan harta menggunakan hartanya dengan boros. Padahal orang islam harus bisa membelanjakan hartanya pada jalan Allah. Kita haru hidup sederhana jangan sampai berlebih-lebihan.

Demikian yang bisa kami sampaikan melalui mimbar kuliah tujuh menit, mudah-mudahan kita bis mengerti dari ketiga perkara tersebut, sehingga mampu di amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakaatuh.