close

Teladan Rplbk Satu Lembar Sesuai Dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019

Salam konseling
kegiatan panduan dan atau kegiatan konseling wajib dikerjakan oleh konselor di sekolah. Tujuan dari aktivitas ini adalah membantu para konseli dalam menanggulangi masalah pribadinya. Tentunya dalam perjalanannya, diperlukan adanya panduan atau pengarah supaya kegitan panduan dan konseling yang konselor lakukan dapat tercapai dengan maksimal sesuai dengan tujuan awal yang mau diraih.

Salah satu bimbingan atau pengarah pelaksanaan panduan dan konseling ini yaitu RPLBK (rencana pelaksanaan layanan panduan dan konseling). Dengan adanya RPLBK ini, konselor akan diarahkan kemana akan berlangsung dan apa saja yang diperlukan. Kelemahan dari RPLBK yaitu dalam penyusunannya, yaitu banyak konselor yang merasa bosan dan malas untuk membuatnya, dikarenakan terlalu panjang sampai beberapa halaman. 

Sekarang, oleh menteri pendidikan yang baru yakni dengan diterbitkannya surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 14 tahun 2019 ihwal penyerderhanaan RPP, pemerintah ingin peran guru disekolah tidak hanya terpaku dalam pengerjaan RPP/RPLBK saja. Biasanya dalam pembuatan RPLKB/RPP ini akan memakan waktu yang cukup usang. 

Dalam Edaran menteri pendidikan yang ditujukan terhadap kepala Dinas Pendidikan dan Kabupaten diseluruh Indonesia, kaitannya dengan bimbingan dan konseling yaitu selaku berikut:

  1. penyusunan RPLBK dilaksanakan dengan prinsip efisien, efektif, dan difokuskan pada konseli.
  2. Komponen penyusunan RPLBK meliputi Tujuan layanan, langkah layanan, evaluasi atau assesment atau evaluasi 
  3. sekolah kelompok guru mapel sejenis dalam sekolaj, MGMP/MGBK dan individu guru bebas dapa menentukan, menciptakan, dan menggunakan dan menyebarkan format RPP/RPLBK secara berdikari sebesar-besarnya bagi keberhasilan berguru murid.
  4. RPLBK yang sudah dibentuk tetap dapat dipakai.
berikut ini akan diberikan teladan RPLBK model satu lembar sesuai dengan edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019  ihwal penyederhanaan RPP. 

  Puisi Islam Versus Individuallisme [ puisi kritik sosial ]

Itulah acuan RPLBK satu lembar sesai dengan edaran mendikbud no 14 tahun 2019 wacana penyederhanaan RPP.

CONTOH RPLBK LAINNYA