close

Sekilas Seputar Jodoh Dalam Islam !!

Dari Ubaid bin Sa’ad, Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang menyukai fitrahku hedaknya beliau bersunnah dengan sunnahku, dan tergolong sunnahku yaitu menikah.”  
(HR. Abu Ya’la – Husain Salim Asad)

Dari Abdullah bin Mas’ud ra, Rasulullah saw bersabda: 

“Wahai para cowok, siapa-siapa di antara kalian yang bisa ba’ah (memberi daerah tinggal) hendaknya ia menikah, sangat nikah itu lebih menundukkan persepsi dan lebih mempertahankan kemaluan. Dan siapa-siapa yang belum mampu ba’ah maka hendaknya beliau berpuasa, sungguh puasa itu akan menjadi perisai baginya.” 
(Muttafaq ‘Alayh – lafazh milik Muslim)
tentu sebagai manusia biasa, kita kadang kala akan mencemaskan jodoh.. iya kan? apalagi nih usia kita tidak muda lagi…
Tentang jodoh memang merupakan diam-diam Allah dan hanya Allah satu-satunya yang mengenali ihwal misteri ini. 
Nah..Oleh alasannya adalah itu dapat dikatakan sungguh sulit untuk dilihat dan ditebak, atau bahkan mungkin malah kita abaikan. Manusia manapun tidak akan pernah ada yang mampu menebak belakang layar Allah tersebut. 
Hal yang harus kita pahami, bantu-membantu Allah sudah menyiapkan jodoh yang setara atau sesuai dengan mutu diri masing-masing insan. Maka dari itu ada pepatah mengatakan bahwa “ Jodoh yaitu cerminan dirimu”.
 So… Tegaskan pada diri sendiri, bahwa kita sebaiknya tidak perlu risau, alasannya adalah seluruhnya sudah Allah tentukan. 
Sebagaimana firman Allah dalam surat Ar-Ruum ayat 21 yang artinya:

“ Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya yaitu Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kau condong dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu betul-betul terdapat tanda-tanda kaum yang berfikir.” (QS Ar-Ruum : 21)

Jika rasa cemas wacana jodoh lagi-lagi tiba menghasut… coba untuk mengenang bahwa “jodoh yaitu takdir Allah, berdoa sembari memperbaiki diri adala cara untuk mendapatkannya”..
Makara.. tenanglah..
Wallahu a’lam..

Sumber dirangkum dari: (Ahad, 20 januari 2019)

 https://dalamislam.com/info-islami/gejala-jodoh-dari-allah

  Pengertian Filsafat, Filsafat Aturan Dan Teori Aturan Serta Ruang Lingkup Filsafat Hukum

https://dalamislam.com/info-islami/takdir-jodoh-berdasarkan-islam