close

Rangkuman Paibp Kelas 11 Bagian 4 Menebarkan Islam Dengan Santun Dan Tenang Melalui Dakwah, Khutbah, Dan Tablig (Paibp Kelas Xi Sma/Smk) Sekolahmuonline.Com

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig (PAIBP Kelas XI Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan) sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami suguhkan untuk Anda utamanya adik-adik yang sekarang berada di kelas 11 SMA/SMK utamanya SMA dan SMK Pusat Keunggulan (PK) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XI. Pada artikel kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig.
 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig (PAIBP Kelas XI SMA/SMK)   sekolahmuonline.com
PAIBP Kelas XI Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig ialah salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas XI SMA/SMK masuk pembahasan kedua di semester ganjil.

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig

1. Dibanding khutbah dan tablig, cakupan dakwah itu lebih luas, seluas segala faktor kehidupan setiap muslim. Dakwah tidak harus berbicara dan berceramah, namun melaksanakan tindakan sehari-hari yang mencerminkan tata nilai Islam, bahkan membisu pun demi menegakkan kebenaran, dapat juga bagian dari dakwah.

2. Syarat dai:
(a) satunya kata dengan tindakan
(b) mengerti objek dakwahnya
(c) berani dan tegas, namun tetap bijak dan santun dalam berdakwah
(d) memiliki ketekunan dan keteguhan yang kuat
(e) tugasnya hanyalah memberikan, tidak memutuskan karenanya
(f ) terus berdoa semoga dakwahnya berhasil.

3. Khutbah kalau dikaitkan dengan shalat mampu dibagi menjadi 3 bagian, adalah:
(a) Khutbah sebelum shalat, misalnya Khutbah Jum’at.
(b) Khutbah sehabis shalat, contohnya Khutbah Shalat ’Idain, Shalat Khusuf dan Shalat Kusuf, Shalat Istisqa’, dan khutbah saat Wukuf di Arafah;
(c) Khutbah yang tidak berkaitan dengan shalat, misalnya Khutbah Nikah.

4. Rukun Khutbah:
– Membaca hamdalah
– membaca shalawat Nabi
– berwasiat taqwa terhadap diri dan jamaah
– membaca satu atau beberapa ayat al-Qur’an
– berdoa untuk kaum muslimin dan muslimat.

5. Tablig bukan sekadar ceramah atau pesan biasa, namun suatu ceramah yang datangnya dari Allah Swt. yang disampaikan kepada satu orang atau banyak orang biar mengamalkan pesan tersebut.

6. Ketentuan tablig:
(a) menggunakan cara yang sopan, lemah lembut, tidak berangasan, dan tidak merusak
(b) menggunakan bahasa yang mudah diketahui
(c) mengutamakan musyawarah dan diskusi
(d) materinya memakai referensi yang besar lengan berkuasa dan terang sumbernya
(e) dilandasi keikhlasan dan kesabaran
(f). tidak menghasut untuk bermusuhan, berselisih, merusak, dan mencari-cari kesalahan orang lain.

Demikian artikel Sekolahmuonline yang menyuguhkan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Bab 4 Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas XI Sekolah Menengan Atas/SMK. Semoga bermanfaat. Silahkan baca artikel-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan semua Bab lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:
  Rangkuman Paibp Kelas 11 Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Kesepakatan, Mensyukuri Lezat, Memelihara Mulut, Menutupi Malu Orang Lain (Paibp Kelas Xi Sma/Smk) Sekolahmuonline.Com