close

Prosedur Operasional Tolok Ukur (Pos) Penyelenggaraan Cobaan Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020

pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Berdasarkan andal bahasa dari Badan Standard Nasional Pendidikan (disingkat: BNSP) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud)wacana Prosedur Stndar Penyelenggaraan dan Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020, berikut beberapa pemahaman-pemahaman Ujian Nasional (UN)untuk sekolah Tingkat Sekolah Dasar/MI, SMP/Mts, Sekolah Menengan Atas/MA/, MAK/SMK dan sederajat:

Ujian Nasional yang berikutnya disebut UN ialah acara pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada kriteria kompetensi lulusan.

Ujian Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut UNBK yakni UN yang memakai komputer sebagai media untuk memperlihatkan soal dan proses menjawabnya.

Lembar Jawaban UN yang selanjutnya disebut LJUN adalah lembaran kertas yang digunakan oleh akseptor asuh untuk menjawab soal UN.

Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil yang selanjutnya disebut UNKP yaitu UN yang memakai naskah soal dan LJUN berbasis kertas dan memakai pensil.

Program Wustha ialah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di dalam pesantren secara terorganisir dan berjenjang pada jalur pendidikan formal setara Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Program Ulya yaitu lembaga pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di dalam pesantren secara teratur dan berjenjang pada jalur pendidikan formal setara Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pendidikan Kesetaraan adalah pendidikan non-formal yang mengadakan pendidikan setara SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan SMA/Madrasah Aliyah (MA) mencakup Program Paket B/Wustha dan Program Paket C/Ulya.

Ujian Nasional untuk Pendidikan Kesetaraan yaitu aktivitas pengukuran pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dan sekaligus selaku evaluasi penyetaraan pada Program Paket B/Wustha setara SMP/MTs dan Program Paket C/Ulya setara Sekolah Menengan Atas/MA.

  Tongkat Nabi Musa As Yang Menjadi Mukjizat Adalah Pemberian Dari?

UN Utama yakni UN yang wajib diikuti oleh penerima UN jika tidak berhalangan.

UN Susulan yakni UN untuk akseptor UN yang berhalangan mengikuti UN Utama alasannya argumentasi tertentu yang mampu diterima oleh sekolah/madrasah pelaksana UN dan disertai bukti yang sah.

Penyelenggara UN yaitu lembaga mandiri dan profesional yang berwenang menciptakan kebijakan UN.

Pelaksana UN ialah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab melakukan kebijakan UN pada tingkat sentra, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan di mancanegara.

Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian dan Pendidikan dan Kebudayaan di Tingkat Provinsi yang selanjutnya disebut Pokja ULP ialah panitia yang dibuat oleh Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertugas melakukan proses pengadaan barang dan jasa untuk penggandaan dan Pendistribusian Bahan UN.

Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional yang berikutnya disebut POS UN ialah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan UN.

 Berdasarkan ahli bahasa dari Badan Standard Nasional Pendidikan  PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Akreditasi ialah suatu aktivitas penilaian kelayakan satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah, dan satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan non-formal menurut kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan kualitas pendidikan.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang berikutnya disingkat BAN-S/M yakni tubuh evaluasi mampu berdiri diatas kaki sendiri yang memutuskan kelayakan satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah jalur formal dengan mengacu pada persyaratan nasional pendidikan.

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non-Formal yang berikutnya disingkat BAN PAUD dan PNF ialah tubuh evaluasi mandiri yang memutuskan kelayakan satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan non-formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

  Soal PH Kelas 4 Tema 8 dan Kunci Jawaban

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang selanjutnya disebut PKBM yakni satuan pendidikan non-formal yang mengadakan berbagai acara mencar ilmu sesuai dengan keperluan penduduk atas dasar prakarsa dari, oleh, dan untuk penduduk .

Sanggar Kegiatan Belajar yang berikutnya disebut SKB yaitu unit pelaksana teknis dinas yang menangani urusan pendidikan pada kabupaten/kota yang berupa satuan pendidikan non-formal sejenis.

Pemerintah yaitu pemerintah pusat.

Pemda yaitu pemerintah provinsi atau pemerintah kabupaten/kota.

Demikian informasi dari mekanisme Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional tahun Ajaran 2019/2020 dalam definisi yang dimaksud pada POS di pengertianartidefinisidari.blogspot.com biar bermanfaat!!!!