close

Profil Werner Meyer-Eppler – Penggagas Studio Musik Elektronika

 ahli teori fonetik dan informasi Jerman kelahiran Belgia Profil Werner Meyer-Eppler - Penggagas Studio Musik Elektronik

Werner Meyer-Eppler (lahir: Antwerp, 30 April 1913 – meninggal: Bon, 8 Juli 1960), yaitu seorang ahli fisika, akustik eksperimental, mahir teori fonetik dan gosip Jerman kelahiran Belgia.

Meyer-Eppler berguru matematika, fisika, dan kimia di Universitas Cologne dan kemudian di Bonn, dari tahun 1936 hingga 1939, ketika dia menerima gelar doktor di bidang Fisika. Dari tahun 1942 hingga 1945 ia yakni tangan kanan ilmiah di Institut Fisika Universitas Bonn. Sejak habilitasi pada tanggal 16 September 1942, ia juga Dosen Fisika Eksperimental.

Setelah berakhirnya perang , Meyer-Eppler mengalihkan perhatiannya ke fonetik dan sintesis ucapan. Pada tahun 1947 ia direkrut oleh Paul Menzerath ke fakultas Institut Fonetik Universitas Bonn, di sana dia menjadi Asisten Ilmiah pada tanggal 1 April 1949. Selama masa ini, Meyer-Eppler menerbitkan esai wacana produksi bahasa sintetis dan mempresentasikan inovasi Amerika seperti Coder, Vocoder, Mesin Ucapan Terlihat. Dia berkontribusi kepada pengembangan electrolarynx, yang masih digunakan tuna wicara hingga dikala ini (Ungeheuer 1992 ; Diesterhöft 2003).

Studio Musik Elektronik

Pada tahun 1949, Meyer-Eppler menerbitkan suatu buku yang mempromosikan gagasan untuk memproduksi musik dengan alat elektro murni ( Meyer-Eppler 1949 ), dan pada tahun 1951 bergabung dengan sound engineer / komposer Robert Beyer dan komposer / jago musik / jurnalis Herbert Eimert dalam sebuah ajuan yang berhasil ke Rundfunk Nordwestdeutscher (NWDR) untuk pendirian suatu studio musik elektronik di Cologne. Setelah dua tahun bekerja, dibuka secara resmi dengan suatu ceramah siaran pada tanggal 26 Mei 1953, dan menjadi studio penting di Eropa.

Baca juga:

  Asam Basa

Pada tahun 1952, Meyer-Eppler habilitated untuk kedua kalinya, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan jabatan profesor dalam observasi fonetik dan komunikasi. Pada akhir tahun 1957 ia ditunjuk sebagai penerus Profesor Menzerath, yang telah meninggal pada tahun 1954 ( Diesterhöft 2003 ). Selama tahun-tahun ini dia sering menerbitkan dan memberi kuliah wacana musik elektronika, dengan memperkenalkan perumpamaan “aleatoric” sehubungan dengan desain pembentukan statistik suara menurut studinya wacana fonologi ( Meyer-Eppler 1955 ). Di antara murid-muridnya di Universitas Bonn pada tahun 1954-56 yakni komposer Karlheinz Stockhausen, yang juga melakukan pekerjaan selaku ajudan di studio musik elektronik Cologne, dan komposisi siapa yang paling banyak mengembangkan inspirasi Meyer-Eppler.

Pada tahun 1959, Meyer-Eppler mempublikasikan karyanya yang paling penting, Grundlagen und Anwendungen der Informationstheorie (“Prinsip Dasar dan Penerapan Teori Komunikasi”). Dia meninggal datang-tiba di Bonn alasannya adalah penyakit ginjal yang selama bertahun-tahun beliau derita.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Werner_Meyer-Eppler