Pengertian Masyarakat Modern

Posted on

Masyarakat modern. Pengertian masyarakat modern. Pengertian masyarakat modern menurut para Ahli. Dan ciri-ciri masyarakat modern.

Pengertian Masyarakat Modern Menurut Para Ahli

Pada pembahasan sebelumnya blog ini pernah mengulas tentang masyarakat primitif. Artikel kali ini membahas mengenai pengertian masyarakat modern menurut para ahli.

Masyarakat modern merupakan suatu komunitas tertentu yang lebih mendahulukan rasionalitas serta ilmu pengetahuan. Itu semua kemudian diwujudkan dalam bentuk teknologi.

Ciri Masyarakat Modern

Adapun ciri-ciri masyarakat modern jika mengutip dari Selo Soemardjan adalah sebagai berikut:

  1. Hubungan antarmanusia yang terjadi lebih didasarkan pada kepentingan pribadi daripada kepentingan yang bersifat sosial atau umum.
  2. Relasi  warga lainnya dilakukan dengan cara terbuka dan dalam semangat saling mempengaruhi, kecuali jika pertemuan yang sifatnya rahasia.
  3. Mengakui dan mengandalkan ilmu pengetahuan teknologi sebagai alat dan sarana dalam meningkatkan berbagai kesejahteraan hidup.
  4. Masyarakat terbagi menjadi bermacam-macam profesi sesuai keahlian masing-masing yang dikuasai. Hal ini dipelajari dalam lembaga-lembaga pendidikan serta lembaga keterampilan.
  5. Tingkat pendidikan formal relatif tinggi serta adil dan merata.
  6.  Diberlakukannya kumpulan aturan berupa hukum tertulis yang kompleks sekali.
  7. Sistem ekonomi kapitalisme adalah sistem ekonomi yang dianut oleh masyarakat modern. Cirinya yaitu menggunakan uang serta alat-alat teknologi pembaharuan yang lain.

Menurut saya (penulis blog) agar kita tidak tertinggal arus modernitas maka sebaiknya kita mesti disiplin mengembangkan budaya membaca, menulis dan riset (penelitian). Dan juga terbuka terhadap hal-hal baru namun tetap kritis.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh seorang sosiolog asal Indonesia Soerjono Soekanto tentang pengertian manusia modern dan ciri ciri, sebagai berikut:

  1. Masyarakat ini umumnya bersikap terbuka pada pengalaman maupun penemuan baru dengan kata lain tidak mengembangkan sikap suudzon (purbasangka)
  2. Mereka biasanya siap menerima bermacam perubahan. Lalu menilai beberapa kekurangan yang dihadapi.
  3. Sebagian masyarakat punya kepekaan pada masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya, sekaligus memiliki kesadaran bahwa masalah yang terjadi sebetulnya masih terkait dengan dengan keberadaan dirinya.
  4. Informasi yang dimiliki berkenaan dengan pendiriannya senantiasa lengkap.
  5. Memiliki tujuan dan orientasi masa kini serta masa yang akan datang.
  6. Manusia modern sadar betul dengan potensi yang ada pada dirinya serta punya keyakinan bahwa potensinya bisa dikembangkan dengan lebih baik.
  7. Kesadaran dan kepekaan terhadap perencanaan cukup tinggi.
  8. Tidak percaya akan nasib serta tidak mudah menyerah.
  9. Meyakini pada guna ilmu pengetahuan serta memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.
  10. Sadar akan hak dan kewajiban untuk saling menghormati sesame manusia.

Penutup

Meskipun ilmu pengetahuan dan teknologi hasil dari peradaban masyarakat modern. Namun kita tak boleh menutup mata atas dampak perubahan sosial dan masalah sosial yang timbul karena efek dari modernitas itu sendiri.

Contohnya masalah sampah plastik, kemacetan, banjir, kemiskinan dan lain lain.

Perlu kita garisbawahi tak semua aspek tradisional adalah hal yang buruk. Contohnya masyarakat tradisional Baduy yang masih menjaga gunung dan bukitnya agar tidak asal tebang. Sehingga banyak warganya tidak kelaparan dan kekurangan air bersih.

Sumber lainnya: https://en.wikipedia.org/wiki/Modernization_theory