close

Menciptakan Dan Menyebarkan Wangsit Pokok Dari Teks : Bersepeda

Tematik SD Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 : Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1



Membuat dan Mengembangkan Ide Pokok Teks : Bersepeda


Membuat Ide Pokok dari teks : Bersepeda


Paragraf

Ide Pokok


1

Bersepeda ialah acara yang mengasyikkan sekaligus menyehatkan.

2

Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot badan.

3

Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.

4

Salah satu opsi yang bijak untuk mempertahankan stamina dan daya tahan tubuh ialah dengan bersepeda.

5

Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat memperabukan kalori dalam tubuh.

6

Oleh alasannya adalah mampu mengkremasi kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

7

Manfaat bersepeda lainnya ialah mengurangi stres.

Baca juga :
Ide Pokok Teks Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan : Klik disini

Ide Pokok Teks Gerak Ikan dalam Air : Klik disini
Ide Pokok Teks Organ Gerak Manusia dan Hewan : Klik disini

Ayo Membaca

Bersepeda


(1)Bersepeda merupakan acara yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sepeda mampu dikatakan selaku alat transportasi darat yang murah, simpel, dan gampang dikendarai. Banyak orang memanfaatkan sepeda untuk pergi ke kantor, sekolah, pasar, dan lain-lain. Sepeda juga ramah lingkungan alasannya adalah tidak memakai bahan bakar minyak sehingga tidak menjadikan polusi. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan badan kita. 

(2)Bersepeda mampu mengencangkan otot-otot tubuh. Bersepeda tidak cuma melibatkan bagian kaki saja. Bahkan, banyak orang yang menganggap bersepeda cuma mampu mengencangkan otot-otot bagian betis dan paha saja. Namun bahu-membahu, bersepeda merupakan latihan fisik yang nyaris melibatkan setiap bagian badan. Selain memperkuat otot-otot bab kaki dan paha, bersepeda secara berkala juga akan mengencangkan otot-otot bab belakang, pinggul, dan lengan. 

(3)Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap tersadar. Selama bersepeda, jantung berdetak lebih cepat dari lazimnya . Efek konkret kepada jantung ini pastinya juga akan menjinjing imbas-efek nyata lainnya seperti melancarkan peredaran darah dan oksigen. Dengan demikian kita bisa terhindar dari hadirnya gangguan-gangguan yang berhubungan dengan jantung dan peredaran darah dalam badan. 

(4)Salah satu opsi yang bijak untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh ialah dengan bersepeda. Bersepeda secara berkala dapat mengembangkan stamina dan daya tahan badan. Hal ini akan menciptakan kau selalu bugar dan berenergi setiap harinya. 

(5)Bersepeda juga ialah olahraga yang dapat mengkremasi kalori dalam badan. Oleh karena itu, bersepeda dapat menurunkan berat tubuh. Timbunan lemak-lemak dalam tubuh kita yang menimbulkan kegemukan akan terbakar dan lambat laun akan hilang. Tubuh kita pun akan kembali menjadi ideal. 

(6)Oleh alasannya bisa membakar kalori dalam badan, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan alasannya adalah tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah bisa tinggi sebab gula (glukosa) yang kita konsumsi setiap hari dalam badan kita menjelma kalori dan tidak bisa kita ubah menjadi energi. Timbunan kalori tersebut akan mengakibatkan meningkatnya kadar gula dalam darah. Adapun penyakit diabetes sendiri mampu menjadi penyebab hadirnya penyakit-penyakit yang lain, seperti jantung, stroke, kulit, mata, ginjal, dan penyakit yang lain. 

(7)Manfaat bersepeda lainnya ialah mengurangi stres. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa bersepeda merupakan acara olahraga yang menggembirakan. Bersepeda memperlihatkan hiburan tersendiri bagi kita. Pada waktu pagi dan sore hari untuk bersepeda sambil menyaksikan-lihat indahnya panorama dan suasana sekitar cukup efektif untuk mengurangi stres. 

Disarikan dari :
www.artikelkesehatan99.com

Mengembangkan inspirasi-pandangan baru pokok menjadi suatu paragraf : 
Hal 61 – 62



Ide Pokok


Paragraf
Bersepeda ialah kegiatan kesukaanku.

Gerakan olahraga menciptakan tubuh lebih sehat dan bersepeda adalah aktivitas kesukaanku.

Aku bersepeda pada sore hari.

Aku bersepeda pada sore hari karena sinar mataharinya yang tidak terlalu terik dan panas.

Aku bersepeda berkeliling desa.

Aku bersepeda berkeliling desa sambil menyaksikan-lihat pemandangan desaku yang indah. Suasana desa yang tenteram menciptakan perasaanku terhibur.

Aku bersepeda bersama sobat-temanku

Aku bersepeda bareng sahabat-temanku. Sebelum bersepeda, kami berkumpul di lapangan apalagi dulu lalu bersepeda bahu-membahu.

Banyak sekali faedah bersepeda yang kurasakan.

Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan. Selain membuat tubuh sehat, ternyata bersepeda juga sungguh menggembirakan.


  Contoh Cerita Anak Doa Sepasang Selop Dan Pokok-Pokok Ceritanya

Kunci Jawaban Kelas 5 :

Tema 1 Subtema 1 : 

Organ Gerak Hewan Pembelajaran 1 : Klik disini
Organ Gerak Hewan Pembelajaran 2 Klik disini
Organ Gerak Hewan Pembelajaran 3 Klik disini

Tema 1 Subtema 2 :

Manusia dan Lingkungan Pembelajaran : 
Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 4 : Klik disini
Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 5 : Klik disini

Tema 2 Subtema 1 :

Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 1 Klik disini
Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 2 : Klik disini

image : Tematik Terpadu Kelas 5