Nah… aku percaya diantara kalian niscaya sadar dan mungkin sering memejamkan mata ketika shalat,, entah mungkin sebab memang pengen nutup mata atau ngantuk.. ehehehe
Sunnahnya shalat itu dengan mata terbuka, bukan memejamkan mata, karena mencontek Nabi shallallahu alaihi wa sallam, dimana pandangan mata beliau dikala shalat memandang ke daerah sujud atau ke arah kiblat.
Aisyah radhiyallahu anha berkata:
ุฏูุฎููู ุฑูุณูููู ุงูููู ุตูู ุนููู ู ุณูู ุงููููุนูุจูุฉู ู ูุง ุฎููููู ุจูุตูุฑููู ู ูููุถูุนู ุณูุฌููุฏููู ุญูุชููู ุฎูุฑูุฌู ู ูููููุง
Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam bersabda :
ููุงูู ููููุฏู ุฑูุฃูููุชู ุงููุขูู ู ูููุฐู ุตููููููุชู ููููู ู ุงูุตููููุงุฉู ุงููุฌููููุฉู ููุงููููุงุฑู ู ูู ูุซููููุชููููู ููู ููุจูููุฉู ููุฐูุง ุงููุฌูุฏูุงุฑ
Al-Hafizh ibnu Hajar rahimahullah mengatakan :
ููููุงูู ุงุจููู ุจูุทููุงูู : ููููู ุญูุฌููุฉู ููู ูุงูููู ููู ุฃูููู ููุธูุฑู ุงููู ูุตููููู ููููููู ุฅูููู ุฌูููุฉู ุงููููุจูููุฉู ุ ููููุงูู ุงูุดููุงููุนูููู ููุงููููููููููููู : ููุณูุชูุญูุจูู ูููู ุฃููู ููููุธูุฑู ุฅูููู ู ูููุถูุนู ุณูุฌููุฏููู ุ ููุฃูููููู ุฃูููุฑูุจู ููููุฎูุดููุนูย ย
โIbnu Bathal rahimahullah menyampaikan :
Dan Imam Asy-SyafiโI rahimahullah serta ulama ulama Kufah menyampaikan bahwa digemari bagi orang yang shalat untuk menyaksikan ke arah kawasan sujudnya alasannya itu lebih erat terhadap ke-khusyuโan.โ
(Fath Al-Bari 2/271)
Ada hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam ihwal larangan memejamkan mata dikala shalat, namun hadits ini lemah. Sehingga para ulama menghukumi memejamkan mata ketika shalat cuma makruh saja, bukan haram.
“Berkata Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
ุฅูุฐูุง ููุงู ู ุฃูุญูุฏูููู ู ููู ุงูุตููููุงุฉู ููููุง ููุบูู ูุถู ุนููููููููู
( Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thobroni, no.10956-Hadits Dhaif ).
Berkata Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullahย :
ูุฃู ุง ุชุบู ูุถ ุงูุจุตุฑ ููู ุงูุตูุงุฉ ุ ูุงุฎุชูููุง ููููู : ููุฑูู ุงูุฃูุซุฑูู ุ ู ููู : ุฃุจู ุญูููุฉ ูุงูุซูุฑู ูุงูููุซ ูุฃุญู ุฏ .ููุงูู ู ูุฌูุงููุฏ : ูููู ู ู ูุนู ุงููููุฏ .
โAdapun memejamkan mata dalam shalat, maka terdapat ikhtilaf dalam hal ini. Kebanyakan ulama memakruhkannya, diantara mereka ialah : Abu Hanifah rahimahullah, Ats-Tsauri rahimahullah, Al-Laits rahimahullah dan imam Ahmad rahimahullah. Mujahid rahimahullah menyampaikan :โMemejamkan mata itu tergolong tindakan orang orang Yahudi.โ
(Fathul Bari 6/443)
Namun bila di depannya ada kasus yang mengganggu misalkan ada gambar, lukisan atau yang mampu mengganggu kekhusyuโan maka boleh memejamkan mata
Berkata Ibnu Qoyim rahimahullah :
ุฅุฐุง ูุงู ุฃูุซุฑ ุฎุดูุนุงู ุจุชูุชูุญ ุงูุนูููู ููู ุฃููู ุ ูุฅู ูุงู ุฃุฎุดุน ูู ุชุบู ูุถ ุงูุนูููู ููุฌูุฏ ู ุง ูุดุบูู ุนู ุงูุตูุงุฉ ู ู ุชุฒููู ูุฒุฎุฑูุฉ ูุฅูู ูุง ููุฑู ูุทุนุงู ุจู ุงูููู ุจุงุณุชุญุจุงุจ ุงูุชุบู ูุถ ุฃูุฑุจ ุฅูู ู ูุงุตุฏ ุงูุดุฑุน ูุฃุตููู ู ู ุงูููู ุจุงููุฑุงูุฉ . ( ุฒุงุฏ ุงูู ุนุงุฏ 1/283 )
Berkata Syeikh Utsaimin rahimahullah :
ุงูุตููุญูุญู ุฃูููู ู ูุฑูููุ ูุฃูู ููุดุจู ููุนููู ุงูู ุฌูุณ ุนูุฏ ุนุจุงุฏุชูู ุงูููุฑุงูุ ุญูุซ ููุบู ุถูู ุฃุนููููู . ูููู: ุฅูู ุฃูุถุงู ู ูู ููุนููู ุงููููุฏูุ ูุงูุชุดุจููู ุจุบูุฑ ุงูู ุณูู ูู ุฃูููู ุฃุญูุงูู ุงูุชุญุฑูู ุ ูู ุง ูุงู ุดูุฎ ุงูุฅูุณูุงู ุฑุญู ู ุงูููุ ููููู ุฅุบู ุงุถู ุงูุจูุตูุฑู ูู ุงูุตูููุงุฉู ู ูุฑููุงู ุนูู ุฃูู ุชูุฏูุฑุ ุฅูุง ุฅุฐุง ูุงู ููุงู ุณุจุจ ู ุซู ุฃู ูููู ุญูููู ู ุง ูุดุบููู ูู ููุชูุญู ุนููููุ ูุญููุฆุฐู ููุบู ูุถู ุชุญุงุดูุงู ููุฐู ุงูู ูุณุฏุฉ.
Dikatakan pula bahwa hal itu termasuk tindakan orang orang Yahudi.
Sementara ibarat selain muslimin minimal hukumnya haram, sebagaimana dikatakan oleh Syaikhul Islam rahimahullah
Oleh karena itu, menejamkan mata dalam shalat minimalnya makruh (dibenci), kecuali jika disana ada alasannya, seperti misalnya di sekitarnya terdapat perkara perkara yang mampu melalaikannya dari shalat bila dia membuka matanya.
Dalam kondisi seperti itu, dia boleh memejamkan mata untuk menyingkir dari kerusakan tersebut.
(As-Syarhul Mumtiโ,3/41)
Berkata Syeikh Muhammad Munajed hafidzahullah :
ุงุชูู ุงูุนูู ุงุก ุนูู ูุฑุงูุฉ ุชุบู ูุถ ุงูุนูููู ูู ุงูุตูุงุฉ ูุบูุฑ ุญุงุฌุฉ ุ ููุฏ ูุต ุตุงุญุจ ุงูุฑูุถ ุนูู ูุฑุงูุชู ูุฃูู ู ู ูุนู ุงููููุฏ( ุงูุฑูุถ ุงูู ุฑุจุน 1/95 ) ููุฐูู ุตุงุญุจ ู ูุงุฑ ุงูุณุจูู ูุงููุงูู ูุฒุงุฏ ูุฃูู ู ุธูุฉ ุงูููู ( ู ูุงุฑ ุงูุณุจูู 1/66 ุ ุงููุงูู 1/285) ููุต ุตุงุญุจ ุงูุฅููุงุน ุนูู ูุฑุงููุชู ุฅูุง ูุญุงุฌุฉ ูู ุง ูู ุฎุงู ู ุญุฐูุฑุงู ุจุฃู ุฑุฃู ุฃู ุชู ุฃู ุฒูุฌุชู ุฃู ุฃุฌูุจูุฉ ุนุฑูุงูุฉ (ุงูุฅููุงุน 1/127 ุ ุงูู ุบูู 2/30 ) ููุฐูู ุตุงุญุจ ุงูู ุบูู .
Para ulama setuju makruh memejamkan kedua mata dalam shalat tanpa ada keperluan. Pemilik kitab โRoudโ menegaskan akan makruhnya karena hal itu tergolong prilaku orangYahudi.
(Roudul Murbiโ, (1/95).
Begitu juga pemilik kitab Manarus sabil dan Kafi serta Zad karena hal itu mengarah untuk tidur. Manarus Sabil, (1/66) Kafi, (1/285).
Pemilik kitab โAl-Iqnaโ menegaskan akan makruhnya kecuali jika ada keperluan mirip takut (sesuatu) yang dilarang. Melihat budak perempuan, istri atau orang abnormal telanjang,
(Al-iqnaโ, 1/127)
Begitu juga pemilik Al-Mugni, Al-Mugni, 2/30).