Lab Pemrograman 1

Lab Pemrograman 1
Java yakni sebuah bahasa pemrograman Object Oriented dengan komponen-komponen mirip bahasa C++ dan bahasa-bahasa yang lain dengan  libraries yang cocok untuk lingkungan internet.
Java diciptakan oleh James Gosling developer dari Sun Microsystems pada tahun 1991. Java ialah bagian dari riset Sun untuk membuat perangkat lunak untuk perangkat keras elektronika. Tujuan java pada waktu itu yakni menjadi perangkat lunak yang kecil, efisien dan portable untuk aneka macam perangkat keras. Java yang memanfaatkan nama Oak pada awalnya kurang mendapat perhatian komersial hingga kesannya diperkenalkan bareng HotJava dan Netscape Incorporated. Sun menyediakan perangkat lunak untuk menciptakan program java dengan nama Java Developer Kit (JDK). JDK dimulai dengan model 1.0x lalu 1.1x dan yang terakhir versi 1.2 (disebut dengan Java 2).
Struktur Program Java
– Comments
– Modifiers
– Statements
– Blocks
– Classes
– Methods
– Reserved words
Selain bentuk tersebut, amati aturan switch berikut :
– Ekspresi switch harus bernilai salah satu dari tipe data char,byte, short, int. dan harus dilingkupi oleh tanda kurung.
– Nilai1 sampai nilaiN harus mempunyai tipe data yang sama dengan nilai mulut switch. Interpreter akan mengeksekusi statement dari sebuah case, jika nilai mulut switch sama dengan nilai dari case.
– Statement pada tiap-tiap case dapat berbentukstatement tunggal atau berisikan beberapa statement. Bila terdiri dari banyak statement, harus dipakai blok untuk mengelompokkannya.
– Keyword break bersifat optional, tetapi disarankan dipakai pada bab selesai statement untuk tiap-tiap case. Hal ini dimaksudkan agar begitu nilai mulut switch sama dengan salah satu nilai case(kondisi seleksi tercukupi) maka interpreter akan berhenti menilik nilai-nilai case selanjutnya.
– Default berfungsi selaku statement yang mau dihukum oleh interpreter kalau tidak ada satu pun nilai case yang serupa dengan nilai ekspresi switch yang diperiksa.
Terdapat 3 Jenis Perulangan di Java, adalah :
 for
 while
 do..while
Tipe data array digunakan untuk menampung beberapa tipe data yang serupa dalam sebuah nama variable yang memiliki indeks. Array pada java merupakan object yang mampu berisi tipe data primitif maupun class.
Array multidimensi diimplementasikan sebagai array didalam array. Array multidimensi di deklarasikan dengan menyertakan jumlah tanda kurung sehabis nama array.
Di bahasa pemrograman lainnya, Method serupa dengan mekanisme dan fungsi. 
Method digunakan untuk memodularisasi program lewat pemisahan satu peran menjadi satu unit tersendiri. 
Method dipakai untuk menghindari instruksi yang berulang di dalam acara. Dengan pemaketan arahan selaku method, memungkinkan acara mengeksekusi cuilan isyarat itu di beberapa lokasi di dalam program dengan mengundang method itu, tanpa harus menuliskan cuilan isyarat yang termuat di method tersebut.

Materi 10 Object Oriented Programming

1. Object Oriented Programming (OOP) merupakan paradigma pemrograman yang menggunakan objek-objek yang saling berinteraksi untuk membentuk sebuah aplikasi.
Contoh :
Jika suatu aplikasi berbentuk sistem window maka objek-objek yang berhubungan ialah scroll bars, button, obrolan boxes, window dan lain-lain.
2. Object Oriented Programming (OOP) yakni rancangan pemrograman yang difokuskan pada penciptaan kelas yang merupakan abstraksi / blueprint / prototype dari sebuah object.
Kelas tersebut harus mengandung sifat (data) dan tingkah laris (Method) biasa yang dimiliki oleh objek-objek yang kelak akan dibentuk (diinstansiasi). Data dan method merupakan Anggota(member) dari sebuah kelas.
Inheritance ialah proses pewarisan data dan method dari sebuah kelas kepada kelas lainnya. Pewarisan ini bersifat menyeluruh, sehingga semua data dan method yang dimiliki kelas asalnya akan diturunkan kepada kelas gres.
Kelas yang mewariskan disebut kelas super (Super Class) / Kelas Induk
Kelas yang diwariskan disebut  subkelas (Sub Class) / Kelas Anak
Bila dalam hierarki kelas, kelas induk mendapatkan pewarisan dari kelas yang lainnya, maka data dan method yang berasal dari kelas tersebut akan ikut diwariskan pula kepada anaknya.
Polymorphism (Polimorfi) diartikan sebagai sesuatu yang mempunyai banyak bentuk. 
Dalam pemrograman, istilah Polymorfi dapat diartikan selaku modul yang memiliki nama sama, namun mempunyai behaviour yang berbeda, sehingga listing isyarat implementasinya berlawanan.
Encapsulation (Enkapsulasi) yaitu cara membungkus data dan method yang menyusun kelas dan menyembunyikannya dari dunia luar.
Termasuk disini yakni menentukan tingkat aksesibilitas dari masing-masing data dan method serta menyembunyikan rincian implementasinya dari luar. Dalam pemrograman menyembunyikan rincian ini dikenal dengan information hiding.