close

Kumpulan Pertanyaan Tentang Malam Lailatul Qadar Beserta Jawabannya

Bismillah.

Hai Sobat . Masih bergairah mengerjakan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini?

Semoga selalu antusiasya. Apalagi ketika kita telah memasuki 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Kita sejatinya punya peluang menjangkau malam Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar yakni sebuah malam yang waktunya dirahasiakan oleh Allah dan mempunyai banyak keindahan dan keutamaan.

Nah, seberapa jauh pengertian Sobat Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

5. Apa saja ciri dan tanda-tanda terjadinya malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Ciri-ciri atau tanda terjadinya Malam Lailatul Qadar mampu kita simak dan cermati dalam Hadis Riwayat Imam Ahmad berikut:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَيْلَةُ الْقَدْرِ فِيْ الْعَشْرِتَبَارَكَ وَتَعَالَى يَغْفِرُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ, وَهِيَ لَيْلَةُ وِتْرٍ, تِسْعٌ أَوْ سَبْعٌ أَوْ خَامِسَةٌ أَوْ ثَالِثَةٌ أَوْ آخِرُ لَيْلَةٍ, وَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ َ: إِنَّ أَمَارَةَ للَيْلَةِ الْقَدْرِ أَنَّهَا صَافِيَةٌ بَلْجَةٌ كَأَنَّ فِيْهَا قَمَراً سَاطِعاً سَاكِنَةٌ سَاجِيَةٌ, لاَ بَرْدَ فِيْهَا وَلاَ حَرَّ, وَلاَ يَحِلُّ لِكَوْكَبٍ أَنْ يُرْمَى بِهِ فِيْهَا حَتَّى تُصْبِحَ, وَإِنَّ أَمَاررَتَهَا أَنَّ الشَّمْسَ صَبِيْحَتَهَا تَخْرُجُ مُسْتَوِيَةً, لَيْسَ لَهَا شُعَاعٌ مِثْلَ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ, وَلاَ يَحِلُّ لِلشَّيْطَانِ أَنْ يَخْرُجَ مَعَهَا يَوْمَئِذٍ.

  Soal US IPS SMP dan Kunci Jawaban

Artinya:

Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Lailatul Qadar (terjadi) pada sepuluh malam terakhir. Barangsiapa yang membangkitkan malam-malam itu alasannya berharap keutamaannya, maka sesungguhnya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akan datang. Dan malam itu yakni pada malam ganjil, ke dua puluh sembilan, dua puluh tujuh, dua puluh lima, dua puluh tiga atau malam terakhir di bulan Ramadhan,” dan Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seperti ada bulan, malam yang damai dan tentram, tidak masbodoh dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan bergotong-royong, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar besar lengan berkuasa, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bareng matahari pagi itu.” (HR. Imam Ahmad)

6. Adakah doa yang dibacakan khusus untuk malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Kita bisa membaca doa Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.

Artinya:

Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memperlihatkan maaf menghapus kesalahan, jadinya maafkanlah saya, hapuslah dosa-dosaku

Doa tersebut tertuang dalam Hadis Riwayat Imam Tirmidzi Nomor 3513 dan Imam Ibnu Majah Nomor. 3850.

7. Apa yang dilakukan Malaikat Jibril hingga turun ke bumi pada malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Para malaikat tergolong malaikat Jibril turun ke tampang bumi pada malam Lailatul Qadar atas perintah Allah. Para malaikat mengunjungi majelis-majelis zikir, majelis ilmu, serta memuliakan orang-orang yang arif.

8. Apa saja amalan yang mampu dikerjakan pada saat malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Ada banyak amalan yang mampu kita kerjakan dalam menyambut malam Lailatul Qadar. Mulai dari shalat malam, zikir, wirid, berdoa, itikaf di masjid, shalat taubat, membaca Al-Qur’an, dan amalan-amalan sunnah lainnya.

Namun begitu, amalan yang bagus seperti shalat, puasa, dan zakat tetap harus didahulukan alasannya semoga bagaimanapun, amalan sunnah tidak mampu mengubah amalan yang wajib.

9. Apa hadis yang berkaitan dengan malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Bacaan Latin:

Man qooma lailal qodri iimaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzanbih.

Artinya:

“Barangsiapa melakukan shalat pada malam lailatul qadar karena akidah dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang sudah kemudian akan diampuni.” (Hadis Riwayat Imam Bukhari Nomor 1901)

10. Apa perbedaan Nuzulul Qur’an dengan Lailatul Qadar?

Jawaban:

Nuzulul Qur’an yakni insiden turunnya Al-Qur’an, adapun Lailatul Qadar yaitu malam kemuliaan.

Karena Al-Qur’an turun secara berangsur-angsur, maka beberapa ayat maupun Surah dalam Al-Qur’an juga turun pada malam Lailatul Qadar.

11. Shalat Lailatul Qadar, apakah ada?

Jawaban:

Tidak ada shalat khusus pada malam Lailatul Qadar karena malam Lailatul Qadar yaitu rahasia Allah SWT.

Yang dimaksud dengan hadis ihwal mendirikan shalat Lailatul Qadar yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi adalah shalat sunnah atau shalat di malam Lailatul Qadar.

Dengan demikian, tidak ada ketentuan khusus terkait shalat di malam Lailatul Qadar apakah mesti tidur dulu atau semisalnya.

12. Tuliskan bacaan Latin Surah Al-Qadar ayat 1-5!

Jawaban:

  • Innaaaaa anzalnaahu fii lailatil qadr
  • Wamaaaaa adrooka maa lailatul qadr
  • Lailatul qadri khoirum-min alfin sahr
  • Tanazzalul malaaaaa-ikatu war-ruuhu fiiha bi-idzni robbihim min kulli amr
  • Salaamun hiya hatta math-la’il fajr.

13. Apa saja pesan tersirat Lailatul Qadar?

Jawaban:

Hikmah malam Lailatul Qadar antara lain:

  • Lailatul Qadar merupakan malam kemuliaan
  • Lailatul Qadar ialah malam yang lebih baik dari seribu bulan
  • Ampunan dan rahmat Allah itu tidak terbatas
  • Allah membuka pintu kebaikan yang seluas-luasnya untuk hamba-Nya di bulan bulan pahala
  • Hikmah dirahasiakannya malam Lailatul Qadar adalah agar umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan untuk menggapai ketakwaan
  Aa Gym: Cara Menghadapi Orang Yang Tidak Suka Kita

14. Beribadah di malam Lailatul Qadar maka pahalanya menjadi?

Jawaban:

Malam Lailatul Qadar lebih baik dengan seribu bulan. Dengan demikian, bila kita kalkulasikan berdasarkan perkiraan tahun, maka satu kali ibadah pada malam Lailatul Qadar setara dengan beribadah selama 83,3 tahun tanpa henti.

15. Bagaimanakah cara mendapatkan malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Dengan merencanakan diri, meningkatkan kualitas ibadah puasa, meningkatkan kuantitas ibadah dan amalan-amalan utama seperti Shalat Tarawih, Shalat Sunnah, Shalat Tahajud, membaca Qur’an, dzikir, istigfar, hingga itikaf di masjid terutama pada 10 malam terakhir Ramadhan.

16. Shalat apa saja yang mampu dilakukan pada malam Lailatul Qadar?

Jawaban:

Kita tidak pernah tahu kapan tepatnya akan terjadi malam Lailatul Qadar sebab itu rahasia Allah. Maka darinya, ibadah shalat yang bisa kita kerjakan ialah sama seperti malam-malam Ramadhan pada biasanya.

Dimulai dari shalat fardu yang 5, ditambah Shalat Tarawih dan Witir, dilengkapi dengan Shalat Sunnah Rawatib, kemudian ditambah pula dengan Shalat malam seperti tahajud maupun Shalat Taubat.

***

Demikianlah tadi hidangan ihwal kumpulan pertanyaan bertema Malam Lailatul Qadar yang lengkap dengan jawabannya.

Semoga berfaedah.
Salam.