Kemajuan Tehnologi Sistem Informasi

Perkembangan Tehnologi Sistem Informasi
  • Sistem Informasi
Suatu sistem ialah kumpulan dari elemen-komponen yang secara terstruktur saling dapat menghipnotis satu sama yang lain, yang secara keseluruhannya ialah satu kesatuan (terintegrasi) untuk mewujudkan sebuah kegiatan tertentu. (webster,hal. 56,1989).
Sebagai suatu teladan ialah, jembatan yang mampu disebut sebagai suatu tata cara jembatan, dengan bagian-elemennya tiang penyangga, tiang pembatas, dan jalan jembatan. Satu atau lebih dari bagian-bagian sebuah tata cara merupakan sebuah metode pula, dan merupakan sub tata cara dari tata cara yang ada. Seperti misalnya jalan jembatan ialah metode yang disebut sistem jalan jembatan, dan merupakan sub sistem jembatan dengan elemennya besi, beton, papan, semen, aspal. Begitu pula satu atau lebih dari elemen-unsur suatu sub tata cara yang merupakan suatu tata cara, juga selaku sub sistem dari tata cara yang ada.
Timbul permalahan pada sebuah metode jika terjadi pada sebuah sub metode atau beberapa sub metode maupun seluruh metode , sehingga di dalam menuntaskan permasalahan tersebut terdapat dua macam hasil, adalah :
a. Menciptakan hasil perwujudan yang baru, dari yang sebelumnya tidak ada
b. Membuat suatu perbaikan dari sub metode yang telah ada 
Komputer yaitu mesin pengolah data secara elektronis yang sudah diperintah oleh insan, yang dijalankan dengan serangkaian arahan yang dapat diketahui dan dijalankan dengan baik oleh komputer, disebut ‘Program’, sehingga menciptakan sebuah gosip yang berguna dan sesuai dengan keinginan pemakai (user). Dimana ‘Informasi’ yang dihasilkan oleh komputer merupakan aplikasi dari komputer, dan input dari komputer merupakan data-data, sehingga komputer itu sendiri mampu dibilang ‘Proses Tranformasi’ dari data menjadi isu. 
Dengan demikian terjalin korelasi akrab dan berhubungan antara tata cara, komputer dan aplikasinya, seperti gambar berikut ini :
  • Tahapan Penyusunan Sistem Informasi
a. Analisa Sistem,
– Memahami sistem organisasi yang ada, jaring-jaring berita yang ada
– Menentukan tempat problem
– Mengidentifikasi kekurangan dan kekurangan dan memperkirakan kemungkinan perbaikan
– Merumuskan patokan dan pembatasan yang harus dipenuhi bagi suatu desain dari tata cara isu
b. Perencanaan Sistem,
– Menetapkan spesifikasi bagaimana sistem yang dirancang
– Membagi rancangan tersebut sampai pelaksanaannya mampu dilaksanakan dalam bab peran yang mudah pengendaliannya
– Memperinci segment tersebut 
– Menentukan urutan terhadap pelaksanaan dari bab peran tersebut
– Merumuskan cara percobaan metode
– Menetapkan secara garis besar persyaratan bagi hardware dan software
c. Pengembangan Sistem
– Penjabaran dari desain tata cara yang tahap terdahulu sudah disegment
– Percobaan dari acara dan data berjalan dengan baik
– Menyusun file-file metode dengan mengkonversikan file-file yang ada ke bentuk file yang dirancang
d. Implementasi
Evaluasi dan Pemeliharaan 
e. Pengadaan Perangkat Keras 
– Spesifikasi dan standar perangkat keras dan perangkat lunak secara spesifik
– Pemilihan perangkat keras dan perangkat lunak yang paling cocok dengan spesifikasi tersebut
– Penyediaan prasarana
– Pelaksanaan pemasangan perangkat keras dan percobaan tekhnik
· Pengolahan Data Berbasis Komputer
Kegiatan pembuatan data dimulai semenjak dulu di banyak sekali bidang sejalan dengan perkembangan sistim catat-mencatat atau manajemen pekerjaan serta kegiatan tersebut meningkat semakin banyak dan sulit bagi manusia untuk dapat mengenang dan memprosesnya. Kegiatan catat-mencatat ini disebut kini ini dengan perumpamaan ‘DATA PROCESSING’. Maka sesuai dengan pertumbuhan tekhnologi, insan menciptakan suatu alat untuk dapat menggantikan kegiatan tersebut, dikenal KOMPUTER.
Dimana data yang diolah disini ialah bahan yang hendak diolah menjadi sebuah bentuk yang berkhasiat dan lebih memiliki arti bagi pengguna, sedangkan info merupakan hasil dari proses pengohan data. Proses pergantian dari data menjadi info merupakan fungsi utama dari pengolahan data. Dimana sebuah berita tersebut terdiri dari data yang teseleksi (Selected Data), tergabung dan disusun sesuai dengan keperluan dari pemakai data, problem, waktu, daerah dan fungsi.
Berbagai cara proses data menjadi suatu informasi, antara lain :
a. Manual : Alat hitung sempoa
b. Mekanis : Register
c. Elektirik : Mesin hitung listrik
d. Electronic : Komputer
· Komputer Dalam Tekhnologi Informasi
Disadari secara lazim kita hidup dalam penduduk industri, dimana efisiensi bikinan barang-barang sungguh tergantung pada aneka macam macam otomatisasi. Komputer terutama , dalam artian merupakan proses mengotomatisasi pemerosesan infomasi. Komputer juga kian berperan dalam banyak bentuk otomatisasi. Komputer, perlengkapan telekomunikasi, dan teknologi lain yang berkaitan dengan otomatisasi , masuk dalam kategori “Information Tenchnolgy ( IT )”. 
Dinyatakan oleh beberapa hebat bahwa kita sedang bergerak menhuju sebuah “Information Society “ ( Masyarakat Informasi ), dimana dominan angkatan kerja akan dilibatkan dalam “Information Processing ( IP ) “ dan dalam pemanfaatan teknologi gosip tersebut. 
· Pengolahan Data Berbasis Komputer
Komputer, yaitu suatu alat/mesin yang dibuat oleh manusia dengan tujuan memberikan jalan untuk meningkatakan produktivitas. Komputer sendiri berasal dari kata ‘to compute’ yang memiliki arti menjumlah, sehingga secara umum komputer merupakan sebuah mesin hitung dengan memiliki konstruksi/arsitektur media penyimpanan (memori). Maka fungsi dari komputer yaitu selaku pelaksana tugas sehingga setiap pekerjaan mampu diselesaikan dengan baik, efisien dan akurat. 
Komputer sebagai pelaksana peran tidak jauh berlainan dengan yang dilaksanakan manusia, dimana terdapat beberapa hal penting berikut :
1. Problem dan Data ( Data )
2. Instruksi/Program (Intruction)
3. Bahasa Pemograman ( Programming Language )
4. Input Media ( Input )
5. Penterjemah ( Compiler )
6. Logika dan Algoritma ( Algorithm and Logic )
7. Penyimpanan/Daya Ingat ( Memory )
8. Pengalamatan ( Library )
9. Hasil/Informasi ( Output )
10. Sistim Operasi (Operating System )
· Perkembangan Tehnologi Komputer
· Perkembangan Alat Hitung
Tahun : 2000 Sebelum Masehi
Nama Alat : Abacus/Sempoa
Negara Asal : Daratan Cina
Keterangan : Alat hitung tradisional dan sederhana 
Tahun : 1617
Nama Alat : Napier’s Bones
Penemu : John Napiar
Negara Asal : Scotlandia
Keterangan : Alat hitung dengan memakai kabel bujur kandang yang terdiri 9×9 kolom, masing-masing berisikan angka 1 sampai 9
Tahun : 1621
Nama Alat : Slide Rule
Penemu : –
Keterangan : Perkembangan menuju alat hitung mekanis
Tahun : 1642
Nama Alat : Pascal Arithmatic Machine
Penemu : Blaise Pascal
Negara Asal : Inggris
Keterangan : Mesin hitung mekanis, dengan bilangan 1 sampai 9 
Tahun : 1674
Nama Alat : Leibnitz Calculation Machine
Penemu : Gotfriend Von Leibnitz
Negara Asal : Jerman
Keterangan : Mesin hitung yang dapat melaksanakan operasi perkalian dan 
Pembagian
Tahun : 1812
Nama Alat : Babbage Calculation Machine
Penemu : Charles Babbage 
Negara : Perancis
Keterangan : Mesin hitung dengan memakai rancangan penyimpanan atau storage, dan mampu melaksanakan perhitungan sederhana dalam trigometri dan logaritma secara otomatis
Tahun : 1890
Nama Alat : Punched Card Counting Machine
Penemu : Herman Hollerith
Negara : Amerika
Keterangan : Merupakan penemuan mesin yang gemilang dengan diketemukanmya media penyimpanan dalam bentuk kartu berlubang, dari sini selanjutnya cikal bakal komputer meningkat . Oleh alasannya itu Herman Hollerith dijuluki sebagai “Bapak Komputer Modern” 
· Perkembangan Mesin Komputer 
Tahun : 1944
Nama Mesin : MARK-I
Pembuat : Howard Aiken Harvard University, bekerja sama dengan IBM (International Business Machine)
Negara Asal : Amerika
Keterangan : Mesin komputer pertama dibentuk oleh insan yang mampu melakukan serangkaian operasi aritmatik secara otomatis.
Tahun : 1945
Nama Mesin : ENIAC (Electronic Numerical Integer and Calculator)
Pembuat : John Presper dan John Wesper Mauchly
Negara Asal : University of Pensylvania, Amerika
Keterangan : Mesin komputer yang mampu melaksanakan operasi secara otomatis
Tahun : 1949
Nama Mesin : Univac-I
Pembuat : Eckert Maughly
Negara Asal : Amerika
Keterangan : Komputer pertama yang diperjual belikanoleh Remington Rand
Tahun : 1952
Nama Mesin : EDVAC
Pembuat : John Presper dan John Wesper Mauchly
Negara Asal : Amerika
Keterangan : Mesin komputer pertama yang menggunakan angka-angka binary ( Binary Number ) di dalam operasinya.
Tahun : 1952
Nama Mesin : EDSAC
Penemu : –
Negara Asal : Unviersity of Cambridge, Amerika
Keterangan : Diketemukan komputer sejenis EDVAC
Tahun : 1953 
Nama Mesin : IBM-701
Pembuat : IBM
Negara Asal : Amerika
Keterangan : Komputer sudah mulai terkenal dan menyebar
Tahun : 1954
Nama Mesin : IBM-655
Pembuat : IBM
Negara Asal : Amerika
· Klasifikasi Komputer
A. Komputer menurut Generasi 
Pendapat ihwal generasi komputer ada perbedaan rentang tahun oleh beberapa ilmuwan. (Sperrey, Univac Education Center,Data Processing Concepts, Pricenton,1980,h.3-17)
· Generasi-I (1951-1959)
Ciri khasnya :
Menggunakan ‘Vacum Tube’ (Tabung Hampa)
Ukuran sangat besar 
Memerlukan tempat yang luas
Banyak mengeluarkan panas
Proses dan kapasitas sungguh kecil/terbatas
Komputer, seperti : MARK-I, EDSAC,EDVAC,Univac-I,Colosous,IBM-650
Pabrik pembuat : UNIVAC, RCA,Honeywell,Borroughs
· Generasi-II (1959-/1960 – 1964)
Ciri khasnya :
Menggunakan ‘Transistor’ 
Ukuran semakin kecil
Kecepatan kian tinggi
Tidak banyak panas
Kapasitas memeori besar
Sudah mengenal ‘Teleprocessing’
Komputer, seperti : NCR-304, IBM-1620, IBM-1401
· Generasi-III ( 1964 – 1974 )
Ciri khas :
Komputer menggunakan ‘ Solid Logic Technologie’ dan 
‘Monolicthic Integrated Circuit’, yang yang dibuat dari bahan
semiconductor dan dibungkus dalam bentuk Integrated Circuit (IC). 
Maka ukuran makin kecil
Kapasitas memori menjadi makin besar
Proses dikerjakan dengan segera
Konsep ‘Multiprogramming’ dipakai
Komputer, seperti : ICL 1900, IBM S/360, IBM S/370, UNIVAC-1106
· Generasi-IV ( 1974 – 1984 )
Ciri khas :
Menggunakan bagian rangkaian terpadu tingkat tinggi yang 
lebih kompleks dan rumit 
Komputer, seperti : IBM-3081, FujitsuM380, Race-6000
B. Komputer berdasarkan, cara kerja :
a. Komputer Analog,
Merupakan komputer yang beroperasi secara paralelatau sama dengan besaran fisik dan digunakan untuk mengukur data secara kualitatif
Seperti, penggunaan komputer pada temperatur, tegangan listrik, voltmeter.
b. Komputer Digital
Merupakan yang melakukan pekerjaan dengan angka-angka, simbol,tanda baca dan huruf khusus lainnya dimana dalam operasinya dinyatakan sebagai angka dan mengolah data secara kuantitatif.
c. Komputer Hybrid
Merupakan adonan dari kedua jenis komputer analog dan digital, dimana melakukan pekerjaan /beroperasi dengan angka /besaran fisik yang mampu diterima.
C. Komputer berdasarkan, penggunaan :
a. Special Purpose Computer
Komputer yang dibuat dan dirancang secara khusus untuk memecahkan problem yang spesifik
b. General Purpose Computer
Komputer yang dibuat dan dapatr untuk dipakai secara lazim
D. Komputer menurut, kapasitas memori :
a. SLI (Small Scale Integrated) : 8 – 16 Kb 
b. MSI (Medium Scale Integrated) : 16 – 32 Kb
c. LSI (Large Scale Integtared) : 32 – 64 Kb
d. VLSI (Very Large Scale Integrated) : Lebih dari 64 Kb
E. Komputer berdasarkan ukuran fisik 
a. Mikro Komputer
b. Mini Komputer
c. Main Frame
· Penerapan Aplikasi Komputer
Dunia sedang mengalami proses revolusi penerapan dari tehnologi komputer yang disebut dengan “Computerization”.
1. Bidang Teknik dan wawasan
Computer Aided Design/Computer Aiden Manufacturing (CAD/CAM), perancangan dengan memakai santunan komputer.
Computer Aided Three Dimension Interactive Automation) 
2. Bidang Bisnis
Management Information System (MIS), Suatu sistem isu yang dapat menyediakan suatu isu terhadap manajmen untuk pengambilan suatu keputusan.
Decession Support System (DSC), sistem pengambilan keputusan 
3. Bidang Industri
Autospot (Automatic for Positioning Tools)
APT (Automatically Programmed Tolls)
Merupakan komputer untuk mengontrol pengawasan proses produksi industri secara otomatisasi 
4. Bidang Kedokteran
CAT (Computer Axial Tomography) , komputer diaplikasiakan untuk mengambil gambar seluruh organ badan
DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), untuk mengambil organ tubuh yang bergerak SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), mendeteksi pertikel badan 
PET (Position Emission Tomography), dengan menggunakan isotop radio aktif
NMR (Nuclear Magnetic Resonance), tehnik diagnosa dengan sentra atom
5. Bidang Perbankan
General Ledger and Financial , aplikasi untuk pengerjaan neraca dan pembukuan
The Financial Planner, versi untuk pengerjaan pembukuan keuangan
6. Bidang Penerbangan
Abacus, sistem penjadualan pesawat terbang dan tata cara pemesanan tiket
7. Bidang Kriminalitas
  • CASP (Crime Analysis Support System), mengidentifikasi sebuah daerah kemungkina terjadi kriminalitas
  • PROMIS (Prosecutor Offender Management Information System), sistem info perihal bukti-bukti dari tertuduh untuk ke pengadilan
  • CATH ( Computer Assited Terminal Criminal Hunt), tata cara yang dapat menampilakan diskripsi dari orang-orang yang dicurigai
  • MOTION (Metropolitan Orlean Total Information Online Network), sisitem yang dipakai untuk isu orang-orang dengan latar belakang kriminalitas, lengkap dengan detailnya
  • ARJIS ( Automated Regional Justice Information System)
  Manfaat Dan Perlunya Data Warehouse
· Beberapa macam paket software untuk komputer IBM-PC Compatible
1. Aplikasi Pengolah Kata
Word Processor, Data Text, Display Writer, Text Plus, Benchmark, Easy Writer, Worddix, The Executive Secretary,Final Word, Multimate, Mediscript, NBI Word Processing, Word star, Wordstar 2000, PC Text, Palantir Word Processor, Visiword, Volkswriter, Word Perfect, Word Vision, Wite On,The Word Worker, Qwerty, Versa Text, Spell Binder, Peachtext 5000
2. Aplikasi Data Base dan Management
Advanced Data Base Master, Advanced System PAC, Aladin, Condor Series 20-3, Data Ace, Data Fax, dBase III, Fox Base, Infostar, The Data Factory, Qbase, Rbase,Tim III, Pfs File,Visifile, PC Base, Notebook, Paradoks, Easy Filer, Friday, Ultra File, Personal Pearl, Info Gen, Micronim, FYI 2000/Super File, IDM-X, Logiquest III
3. Aplikasi Permodelan
Microsoft Window, Supercalc, Easycalc, Easy Planner, The Executine Package, Calc-86, Calcstar, Consrution Models, Docucalc, The Financial Planner, Microplan, Lotus-123, Frame Work, Loadcalc, Logiscalc, Number Cruncher, Symphony, Target Financial Modeling, Procalc, Mergecalc, Multiplan, Target Application Guide, The Thinker, Visitrend, Vizualize, Power Plan, Scrathpad, Stretchalc
4. Aplikasi Investasi Manajemen
Stockcalc, Optioncalc, Vertacash, Finacial Software Series, Financial Fastrax, Fixed Asset Manager, Market Maverick
5. Aplikasi Akuntasi
Accunt Payable, Account Receivable, Colorbitz Inventory, Execuware, General Ledger and Financial Reporter, General Ledger System, The Ledger, Home Account, Infotory, Payroll, Versainventory, Versaledger, Versapayroll, Versareceivables, Versapayables, Inventory Control, The Small Business Account, Small Business Accounting, Total Accounting Series
6. Aplikasi Penjadualan Proyek
Visischedule, Time Scheduler/Organizer, Shoebox, Microgant
7. Aplikasi Komunikasi dan Telekomunikasi
Ascom, Microterm, Mve-it, PC-BBS, PC-Net,Smarterm, Ethernet, The Micro Link-II, Terminal
8. Aplikasi Grafik
Auto Cad, Business Grafik, Business Grafik System, Certificate Maker, Character Generator, Cheetah, Data Plotting Software for Micros, Dr. Draw, Dr. Hallo, Fast Graphs, Graphics Utility, Graph Magic, Micrograph, Newsroom, PC Crayon, Print Master, Pyxel Visual, Print Shop, Vidio Graph, Print Master, PC Story Board, PC-Draw, PC-Storyboard, Pfs Graph, Print-it, Vidio Graph Plus, Personal Basic
10. Aplikasi Manipulasi Printer 
Lettrix, Fancy Font,Nice Print, Select A Font, Side Ways, Printer Boss
11. Aplikasi Program Manfaat
Autodex, Cache/Q, Cross Reference, Databurst, Disk Magic, Diskmap/PC, Drive-it, ISAM Routines, Keynote, Keyset, Prokey, System Backup, UT-86, Sevenware, Side Kick, The Spooler, Super Keys, XREF, Peek’n Pokes, Screen Formater, Multilink, Memory Disk, The Norton Utility, PC-Tools
12. Aplikasi Pendidikan
Facemaker, Fifty Programs for IBM PC, Language Teacher Series, Engineering Software, PC Pal, PC Pilot, Math Drill, Snoper Troops, Speed Reader, Vidio Each, Word Attack, Word Whiz, Touch Typing Made Easy, Your Personal Computer Tutor
13. Aplikasi Sorting
Fastsort, The Sort, The Sorter, HB Sort, Aoutosort/86M
14. Aplikasi Statistik
Microstat, SPSS, Statpro, TSP, BMD
  • Perkembangan Perangkat Lunak 
  • Tahun 300 SM, Sistim Kode Pertama
  Fungsi-Fungsi Dalam Administrasi
Bangsa Yunani memakai signal obor untuk mengantarkan gosip dari satu kota ke kota lainnya.
· Tahun 1842, Penulis Software Pertama
Ada Augusta (1815-1853), ialah orang pertama yang menuliskan perangkat lunak yang diterapkan pada Babbage Analyitical Engine.
Nama Ada, tahun 1983 diabadikan pada nama suatu bahasa komputer satu-satunya yang dipakai oleh Departemen Pertahanan AS, untuk mengontrol dan menertibkan alat-alat perang , seni manajemen dan sistem pertahanan.
· Tahun 1933, Penulis Program Mekanik Pertama
Wallace James Eckert (1902-1971), membuat sebuah program mekanik untuk menertibkan beberapa mesin akutasni kartu berlubang (Punched Card) yang bebeda.
· Tahun 1945, Diketemukan Kutu Pertama
Para andal sewaktu menyebarkan komputer Harvard Mark-II, diketemukan suatu Kerusakan di dalam relay sebuah ‘Bug (Kutu)’ yang sudah terjepit mati. Sejak ketika itu jikalau Terjadi kerusakan komputer para ahli menyampaikan mereka sedang melaksanakan proses ‘Debugging (mencari kesalahan)’
· Tahun 1957 FORTRAN (Formula Translator)
Suatu group IBM yang diketuai oleh John Backus, megembangkan bahasas tingkat tinggi pertama yang dipakai untuk kebutuhan teknik dan matematika yang dipraktekkan pada komputer IBM-704, IBM-709, IBM-650.
Tahun 1958, FORTAN II diperkenalkan untuk komputer IBM-7030
Tahun 1966, FORTAN IV, distandarisasi oleh ANSI yang membnetuk FORTRAN 77
· Tahun 1958 LISP
John Mc Carthy, menemukan bahasa LISP (List Processor/List Programming), yang merupakan bahasa Artificial Intelegence pertama
· Tahun 1958 ALGOL
ALGOL (Algorithmic Language), dikembangkan dan diperkenalkan tahun 1960 di Eropa
· Tahun 1959 COBOL
Pertemuan suatu group komite pemakai komputer di Unversity of Panssylvania berhasil memecahkan program persyaratan yang dibentuk dari bahasa tingkat tinggi dan Dr. Grace
Hooper berhasil menciptakan compiler acara untuk bahasa tersebut yang dinamakan 
Common Business Oriented Language (COBOL)
· Tahun 1960 LOGO
Seymour Papert dari Institute of Technolgy Massachussets, membuatkan dari LISP membuat untuk bidang pendidikan dengan nama LOGO
· Tahun 1961 GPSS
GPSS (General Purpose Systems Simulator), bahasa pertama yang dipakai untuk kebutuhan proses simulasi
· Tahun 1961 RPG
RPG (Report Program Generator) dikembangkan oleh IBM, untuk keperluan pembuatan laporan 
· Tahun 1962 APL
APL (A Programming Language) dikembangkan oleh Kenneth Overson dari IBM, yang digunakana untuk aplikasi teknik
· Tahun 1964 BASIC
Tanggal 1 Mei 1964 Prof. John G. Kemeny dan Thomas E.Kurtz di Dartmouth College, New 
Hampshire, sukses melakukan acara BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic 
Instruction Code), bahasa tingkat tinggi yang berbentuk interpreter sangat interaktif, serta program sungguh mudah dioperasikan, dirubah tanpa harus lewat kompilasi.
· Tahun 1966 PL/1
IBM, menyebarkan bahasa tingkat tinggi yang merupakan perpaduan bahasa FORTAN, 
COBOL dan ALGOL dipakai untuk aplikasi bisnis dan teknik
· Tahun 1968 PILOT 
PILOT (Program Inquiry Learning Or Teachung), dikembangkan oleh John A.Starweather di 
University of California, San Fransisco 
· Tahun 1969 FORTH
FORTH dikembangkan oleh CharlesH.Moore, FORTH dipakai untuk aplikasi masalah perbintangan
· Tahun 1970 PASCAL
Nicklaus Wirth dari Technical University Zurich, Switzerland. Pascal digunakan untuk aplikasi teknik
· Tahun 1971 SHRDLU
Terry Wignorad memebuat sebuah program yang dapat memeriksa percakapan yang ditulis dengan bahasa manusia secara natural
· Tahun 1971 SAM76
Dikembangkan di Bell Laboratories oleh Claude Kagan SAM76 merupakan bentuk gabungan dari LISP dan FORTH yang dipakai untuk multiuser dengan sistim operasi UNIX
· Tahun 1972 PROLOG
Alain Colmerauer dan Philippe Rousel di Marseilles, Perancis dipakai sebgai bahasa artificial intelegence.
· Tahun 1972 SMALLTALK
Dikembangkan di Xerox’s Alto Research Center (PARC)
· Tahun 1974 C-Language
Bahasa C pertama kali dikembangkan di Inggris dengan nama BPCL, yang lalu disesuaikan oleh Amerika dengan nama Bahasa B, selanjutnya Dennis M.Ritchie mengembangkan dengan nama Bahasa C yang digunakan untuk menulis sistim operasi UNIX
· Tahun 1974 COMAL 
Dikembangkan pertama kali di Denmark oleh Gorge Christensen pengajar di Mathematic and Computer Science Collge of Heigher Education di Tonder dibantu oleh Benedict Lofsted. COMAL ialah bentuk adonan bahasa BASIC dan Pascal.
· Tahun 1977 MODULA-2
Dikembangkan oleh Niklaus With di Federal Technical University, Zurich, Switzerland. 
MODULA –2 digunakan untuk tujuan khusus dari multiprogramming.
· Tahun 1979 ADA
Bahasa ADA dikembangkan untuk dipergunakan Depertemen Pertahanan Amerika Serikat 
Pentagon
· Perkembangan Perangkat Lunak Sistim Operasi
· Tahun 1954 Sistim Operasi Pertama 
Dikembangkan oleh General Motor Research Laboratories untuk dipakai pada IBM-701 dimana penggunaannya terbatas untuk aplikasi pembuatan data secara sequential atau batch serta dirancang untuk satu macam komputer
· Tahun 1960 Sistim Operasi Komputer Mini Pertama
Pada bulan April 1964 IBM memperkenalkan sistim operasi yang disebut OS/360 yang dipergunakan untuk semua serie komputer sistem 360
· Tahun 1969 UNIX
Ken Thomson dari Bell Laboratories menulis sebuah sistim operasi yang diterapkan pada komputer PDP-7
· Tahun 1970 CP/M
Perusahaan Digital Research menyebarkan sistim operasi yang dipraktekkan pada komputer mikro, yang dinamakan Control Program for Microprocessor
Jenis yang meningkat , CP/M-86,CP/M Plus, Personal CP/M, MP/M-86, PC Net
· Tahun 1980 MS-DOS
Dikembangkan oleh Microsoft Corporation di Bellevue yang dikepalai oleh Bill Gates berbagi sistim operasi untuk tolok ukur komputer 16 bit dengan nama Microsoft Disk Operating System
· Tahun 1987 OS/2
Dibuat oleh IBM dengan maksud untuk menangani kekurangan dari IBM PC-DOS atau MS DOS, dengan microprocessor 80286, 80386 
· Sekilas perihal kecerdasan Buatan ( Artificial Intelegence )
Dapat dikatakan proyek komputer yang hendak dicapai keinginan pembuat komputer bekerjsama, untuk mampu menolong pekerjaan insan dan ‘berpikir’ selaku mana layak insan melakukan pekerjaan , adalah dengan adanya rancangan Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence).
· Penelitian wacana Artificial Intelegence
· Tahun 1950
Penelitian tentang kecerdasan bikinan oleh para peneliti bahwasanya sudah dimulai sejak tahun 1950 oleh Alan Turing dengan melaksanakan uji coba dua buah komputer dengan seorang operator. 
· Tahun 1955
Allen Newel, J.C dan Herbert Simon, membuat bahasa IPL-II (Information Processing Language-II), yang ialah bahasa pertama untuk proyek kecerdasan bikinan
· Tahun 1956
Nama Artifical Intelegence pertama kali diperkenalkan oleh John Mc Carthy
· Tahun 1957
Newel, dan Simon mulai menyebarkan General Problem Solving
· Tahun 1958
John Mc Carthy dari Institute of Technology, Massachusetts membuat Bahasa LISP( List Processing)
· Tahun 1959
Arthut Samuel, menciptakan menciptakan program permainan ‘Checker’, yang dipublikasikan oleh IBM Journal of Research and Development
· Tahun 1960
John Mc Carthy dan Malvin Minsky, memimpin proyek Artificial Intelegnece di Institute of Technology, Massachusetts
· Tahun 1961
Malvin Minsky, menulis sebuah artikel ‘ Steps Toward Artificial Intelegence’
· Tahun 1964
Daniel G.Bobrow, menciptakan thesis tentang Bahasa Natural untuk mampu menyelesaikan masalah aljabar di Sekolah Lanjutan
· Tahun 1965
Stanford University dan Heuristic Programming Project, mulai melakukan penelitian perihal ‘Expert System’ (Sistem Pakar)
· Tahun 1966
Joseph Wiezenbaum, menciptakan ELIZA program psikologi ynag dapat meniru respon seorang therapist dalam berdialog dengan pasien
· Tahun 1970
Tery Winograd, menuliskan suatu acara pengenal bahasa insan.
· Tahun 1972
SRI International membuatkan suatu robot kendaraan beroda empat 
William Woods, berbagi LUNAR program untuk geolog dalam penilaian material dari bulan yang diperoleh dari misi Apolo-11
· Tahun 1973
SUMEX-AIM (Stanford University Medical Experimental Computer Project Artificial Intelegence in Machine), dibuat untuk pengembangan teknik kecerdasan buatan dibidang kedokteran.
· Tahun 1975
DARPA, mensponsori observasi tentang gambaran (vision) termasuk mengenai perangkat keras untuk image processing
· Tahun 1977
Sistem Pakar (Expert System) pertama dirancang dengan menggunakan bahasa prolog di 
Hungary Institute for Computer Coordination di Budapest
· Tahun 1980
Jepang memberitahukan proyek komputer generasi kelima