close

Bentuk Dan Komponen Ekosistem

1. Ekosistem

Ekosistem, pengertianartidefinisidari.blogspot.com:

  • Ekosistem yaitu sebuah ekologi yang terbentuk oleh kekerabatan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup.
  • Ekosistem merupakan suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap komponen lingkungan hidup yang saling mempengaruhi satu sama lain atau adanya korelasi timbal balik.
  • Ekosistem merupakan sebuah tata cara alam yang terbentuk dari interaksi antara makhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dengan faktor lingkungannya pada sebuah kawasan tertentu.
  Ekosistem BENTUK DAN KOMPONEN EKOSISTEM

2.1. Bentuk Ekosistem

Ada dua (2) bentuk ekosistem, ialah:

1. Ekosistem Alami

Ekosistem alami ialah ekosistem yang terjadi dengan sendirinya oleh alam, tanpa campur tangan manusia. Contoh suatu ekosistem alami ialah hutan. Hutan dibedakan antara lain berdasarkan iklim yang melingkupi dan jenis flora yang mendominasi, contohnya hutan tropis.

2. Ekosistem Buatan

Ekosistem bikinan ialah ekosistem yang dibuat oleh manusia dengan tujuan tertentu. Ekosistem bikinan merupakan ekosistem yang diciptakan insan untuk memenuhi kebutuhannya. Ekosistem ini tidak terbentuk secara alami, namun dibuat oleh manusia untuk diambil keuntungannya. Contoh ekosistem buatan adalah akuarium yang dibentuk dengan tujuan untuk estetika, waduk yang dibentuk dengan tujuan untuk memuat air dan irigasi, sawah, tambak, perkebunan kopi, dan hutan flora bikinan, mirip jati dan karet.

3.1. Komponen Penyusun Ekosistem

Komponen penyusun ekosistem antara lain:

1. Komponen Biotik

Komponen biotik penyusun ekosistem berisikan manusia, hewan, flora, dan organisme mikroskopis. Komponen biotik atau makhluk hidup memiliki ciri dapat berkembang biak. Berdasarkan peranannya di dalam ekosistem, bagian biotik dapat dibedakan menjadi produsen, konsumen, dan dekomposer/pengurai.

  Apa Pengertian Populasi Dan Contohnya

2. Komponen Abiotik

Komponen abiotik merupakan faktor tak hidup yang ada dalam ekosistem. Komponen abiotik di dalam ekosistem misalnya udara (yang tersusun atas nitrogen, oksigen, kerbon dioksida dan gas lainnya), angin, kelembapan, air, tahan, mineral, cahaya, suhu, pH, salinitas atau kadar garam, dan topografi.

KESIMPULAN PENGERTIANARTIDEFINSIDARI.BLOGSPOT.COM

  • Ekosistem ialah sebuah ekologi yang terbentuk oleh korelasi timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup.
  • Ekosistem terbentuk dari 2 Macam, adalah Ekosistem Alami dan Ekosistem Buatan.
  • Ekosistem disusun dari 2 Macam komponen, antara lain: Komponen Biotik dan Komponen Abiotik.

Makara itulah pembahasan yang disumpulkan pada artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com