close

Apa Yang Dimaksud Teknik Pengerjaan Karya Seni Patung Dengan Materi Lunak Itu?

Patung yakni benda tiga dimensi karya insan yang diakui secara khusus sebagai sebuah karya seni. Orang yang membuat patung disebut pematung. pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Karya seni yaitu ciptaan artistik atau benda estetik. Akan namun dalam pengertianartidefinisidari ini, secara prinsipil istilah karya seni terpaut pada bentuk seni rupa yang memiliki wujud Karya seni murni seperti lukisan dan patung. Estetika (keindahan) dalam karya seni rupa berkhasiat untuk menawan pembeli atau penikmat biar seni rupa yang disediakan mempunyai nilai jual atau nilai nikmat yang lebih tinggi lagi.

Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu kar APA YANG DIMAKSUD TEKNIK PEMBUATAN KARYA SENI PATUNG DENGAN BAHAN LUNAK ITU?
Photo Contoh gambar Patung raksasa BJ Habibie di Gorontalo

Lainnya: PENGERTIAN SENI DAN KESENIAN MENURUT PARA AHLI SECARA LENGKAP

Untuk melengkapi pengertian dari apa yang dimaksud dengan Estetika dalam Karya Seni Rupa, dalam klarifikasi pengertianartidefinisidari.blogspot.com, berikut yakni macam-macam materi untuk menciptakan karya seni tiga dimensi dan Langkah teknik Membuat Patung dari Bahan Lunak:

APA YANG DIMAKSUD TEKNIK PEMBUATAN KARYA SENI PATUNG DENGAN BAHAN LUNAK & MACAM BAHAN UNTUK MEMBUAT PATUNG ITU?

Apa saja macam-macam materi untuk membuat karya seni tiga dimensi Patung?

Bahan yang dibutuhkan dalam pengerjaan karya tiga dimensi Patung dapat dikelompokkan menjadi lima macam, materi lunak, materi sedang, bahan keras, bahan cor/ cetak, dan materi lainnya. Berikut uraian pengertianartidefinisidari.blogspot.com -.

  ATP & CP Matematika Kelas 7 Tahun 2022/2023

Bahan lunak atau plastis

Berasal dari bahan empuk dan gampang dibentuk (tanah liat, sabun, plastisin, dan bubur kertas).

Bahan sedang

Bahan ini tidak lunak dan tidak keras, (kayu waru, kayu sengon, kayu randu, dan kayu mahoni.

Bahan keras

Bahan keras berupa, gading, tulang, tanduk, kayu (jati, sonokeling, ulin), kerikil-batuan (padas, granit, andesit, dan pualam/marmer)

Bahan cor/cetak

Yang termasuk bahan cor ialah semen, pasir, gips, logam, timah perak, emas, dan bahan kimia (fiber, resin)

Bahan lainnya

Bahan lain disekitar kita contohnya – kertas, besi, beling, dan bahan-materi bekas

Apa saja Teknik Pembuatan Karya Seni Patung dengan Bahan Lunak?

Beberapa teknik dalam berkarya seni patung dengan Bahan Lunak yakni selaku berikut dalam uraian pengertianartidefinisidari.blogspot.com -.

Teknik Mengecor

Teknik mengecor atau mencetak yakni teknik yang dipakai kalau media yang digunakan bersifat cairan. Sebelum mengecor seorang pematung harus membuat cetakan terlebih dulu. Untuk menerima cetakan, pematung mesti menciptakan model patung jadi atau model aktual, setelah itu pematung membuat cetakan negatif. Bahan yang dipakai untuk menciptakan patung berlainan dengan bahan untuk menciptakan cetakannya. Contohnya, jikalau bahan yang digunakan untuk membuat patung yaitu logam, maka bahan untuk menciptakan cetakannya ialah gips atau tanah liat.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat cetakan adalah bab yang satu dengan bab yang lain diusahakan tidak terkunci. Ada dua jenis cetakan teknik mengecor patung dengan menggunakan cetakan, adalah bivalve dan a cire perdue. Bivalve yaitu teknik mengecor dengan cetakan yang mampu di bongkar pasang. Teknik ini digunakan untuk menerima hasil dalam jumlah besar dengan model yang serupa. Sementara teknik a cire perdue dipakai hanya untuk mendapatkan satu hasil, biasanya cetakannya yang dibuat dari materi yang gampang dipecahkan mirip dari tanah liat.

  Puisi luka hati dan kecewa karena cinta

Teknik Modeling

Teknik modelling adalah teknik membuat suatu bentuk dengan cara memijit, meremas, dan membentuk sesuai bentuk yang diinginkan. Bahan yang dipergunakan dalam pengerjaan teknik ini yaitu bahan yang bersifat plastis mirip tanah liat, plastisin, lilin, dan bubur kertas.

Teknik Konstuktif (Menempel)

Tenik menempel ialah teknik membuat patung dengan cara menempelkan bab yang satu dengan bab lainnya bertahap sehingga menjadi suatu karya patung. Bahan yang dipergunakan beraneka ragam, bisa tanah liat, lilin,logam, dan bubur kertas

Apa saja Jenis-Jenis Patung?

Jenis patung dilihat dari bentuk dan perwujudannya mampu dibedakan menjadi 2, antara lain:

  1. Patung figuratif (realis), ialah patung yang merupakan tiruan dari bentuk alam (manusia, binatang, dan tumbuhan).
  2. Patung nonfiguratif (imajinatif), yakni patung yang secara lazim sudah terlepas dari tiruan bentuk alam (abstrak).

Lainnya: PENGERTIAN BUDAYA, UNSUR, WUJUD DAN FUNGSINYA

Selain dilihat dari bentuk dan perwujudannya, dalam buku Seni Budaya SMP kelas IX, penerbit Erlangga, mendefinisikan ragam seni patung ke dalam tiga jenis berdasarkan perwujudan karyanya. Antara lain ialah patung potret, patung badan, dan patung utuh.

Patung Potret

Patung potret yakni perwujudan karya patung berupa bentuk kepala hingga dengan dada. Ragam karya patung potret ini sering dibentuk untuk menggambarkan potret tokoh pahlawan atau orang yang berjasa.

Patung Badan

Patung badan yaitu perwujudan karya patung berupa bab badan saja, tanpa kepala, dan tanpa anggota tubuh lainnya. Meskipun demikian, patung tubuh lazimnya masih meliputi sedikit bagian leher, anggota tubuh atas dan anggota tubuh bawah.

Patung Utuh

Patung utuh adalah perwujudan karya patung berbentukkepala, tubuh, anggota badan bagian atas, dan bab bawah. Dengan kata lain, patung utuh ialah perwujudan karya patung secara lengkap.

  Gambar Dan Ukuran Lapangan Sepak Bola Sesuai Hukum Fifa

Lainnya: PENGERTIAN SENI RUPA 3 DIMENSI, CIRI, UNSUR SERTA CONTOH GAMBARNYA

RANGKUMAN

Dalam buku Seni Budaya Sekolah Menengah Pertama kelas IX, penerbit Erlangga, mendefinisikan ragam seni patung ke dalam tiga jenis menurut perwujudan karyanya, yang secara lengkap Patung ialah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus selaku sebuah karya seni. Orang yang membuat patung disebut pematung. pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Karya seni yaitu ciptaan artistik atau benda estetik. Akan namun dalam pengertianartidefinisidari ini, secara prinsipil ungkapan karya seni terpaut pada bentuk seni rupa yang memiliki wujud Karya seni murni seperti lukisan dan patung. Estetika (keindahan) dalam karya seni rupa berkhasiat untuk menarik pembeli atau penikmat supaya seni rupa yang ditawarkan memiliki nilai jual atau nilai nikmat yang lebih tinggi lagi dari itu.