close

Amperemeter: Pemahaman, Penemu, Prinsip Kerja

Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur besar lengan berkuasa arus listrik (Ampere) yang ada dalam rangkaian tertutup. Amperemeter biasanya dipasang berderet dengan elemen listrik. Cara menggunakannya adalah dengan menyisipkan amperemeter secara pribadi ke rangkaian.

adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik  Amperemeter: Pengertian, Penemu, Prinsip Kerja
Amperemeter

Dalam fisika, ampere dilambangkan dengan A, ialah satuan SI untuk arus listrik yang sering dipendekkan menjadi amp. Satu ampere yakni sebuah arus listrik yang mengalir dari kutup nyata ke kutup negatif, sedemikian sehingga di antara dua penghantar lurus dengan panjang tak terhingga, dengan penampang yang mampu diabaikan, dan diposisikan terpisah dengan jarak satu meter dalam vakum, menghasilkan gaya sebesar 2 × 10-7 newton per meter.

adalah alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik  Amperemeter: Pengertian, Penemu, Prinsip Kerja

Satuan ini diambil dari nama André-Marie Ampère, salah satu penemu elektromagnetisme. André-Marie Ampère (lahir 20 Januari 1775 – meninggal 10 Juni 1836 pada umur 61 tahun) yakni fisikawan dan ilmuwan Perancis yang serba bisa yang juga merupakan salah satu aktivis di bidang listrik dinamis (elektrodinamika). Ia lahir di Polèmièux-au-Mont-d’Or erat dengan kota Lyon. Ampere merupakan ilmuwan pertama yang membuatkan alat untuk memperhatikan bahwa dua batang konduktor yang diletakkan berdampingan dan keduanya mengalirkan listrik searah akan saling tarik mempesona dan bila bertentangan arah akan saling tolak menolak (elektromagnetisme).

Incoming Search: amperemeter dan voltmeter, bagian bab amperemeter, amperemeter digital, cara kerja amperemeter, harga amperemeter, rumus amperemeter, amperemeter ac, gambar amperemeter

  Cara Membaca Jangka Sorong Dengan Baik Dan Benar