Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 70 Lengkap Dengan Penjelasannya

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Pada peluang yang mulia ini kami akan menuliskan analisis hukum tajwid Surat Al-Ahzab ayat 70 lengkap dengan penjelasannya. Begitu penting sekali kita berguru cara membaca Al-Alquran. Tiap muslim sebaiknya bisa membaca Al-Quran dengan baik. Ilmu yang mempelajari ihwal cara membaca Al-Quran disebut tajwid. Membaca Al-Quran ini ditugaskan dan diberi pahala oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Maka menjadi sangat merugi jika kita terhalang untuk mendapatkan pahala gara-gara kita belum bisa membacanya. Jika ketika ini keadaan kita masih belum bisa membacanya maka solusi yang tepat ialah mulai sedari kini kita berusaha untuk mempelajari caranya. Baiklah, kita eksklusif saja menyimak uraian hukum tajwid dari ayat 70 Surat Al-Ahzab berikut ini :
 Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh Hukum Tajwid Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 70 Lengkap Dengan Penjelasannya
Keterangan lengkap dari nomor-nomor di atas yaitu :
1. Mad jaiz munfasil karena sebab huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.
2. Alif lam syamsiyah sebab huruf alif lam bertemu aksara syamsiyah lam. Dibaca idgham (masuk ke abjad lam ).
3. Mad orisinil atau mad thabi’i sebab aksara dzal berharakat kasrah berjumpa ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
4. Mad badal alasannya adalah abjad mad berjumpa hamzah dalam satu kata akan tetapi posisi hamzah lebih dahulu dari karakter mad. Cara membacanya panjang 2 harakat.
5. Tafkhim alasannya adalah lafaz Allah didahului oleh huruf hijaiyah qaf berharakat dhamah. Cara membacanya tebal.
6. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah karakter qaf berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

Baca juga : Doa Keluar Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya.

7. Mad asli atau mad thabi’i alasannya karakter lam berharakat dhamah bertemu wau sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
8. Mad lin alasannya karakter wau sukun didahului oleh karakter qaf berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.
9. Ikhfa alasannya adalah huruf lam berharakat fathah tanwin bertemu abjad sin. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Pada waktu mengucapkan abjad nun mati, sikap pengecap dan bibir disediakan menempati huruf sin.
10. Mad orisinil atau mad thabi’i alasannya adalah abjad dal berharakat kasrah berjumpa ya sukun dan setelahnya tidak berjumpa hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.
11. Mad ‘iwadh sebab dal berharakat fathah tanwin dan diwaqaf. Cara membacanya tanwin dihilangkan dan panjangnya 2 harakat. 
Sebenarnya tidak sukar berguru membaca Al-Alquran itu. Hanya saja kita perlu benar-benar rajin dalam mencar ilmu membaca Al-Alquran akan bernilai pahala juga. Kita saksikan bahwasannya sudah banyak orang yang mampu membaca Al-Alquran. Semoga kita ditolong dan dimudahkan dalam mempelajari Al-Alquran yang mulia ini. Amiin. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
Baca pula : Doa Shalat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya.