close

Jelaskan Bagaimana Peran Mahasiswa Dalam Proses Jatuhnya Pemerintahan Orde Baru Yang Telah Berkuasa Selama 32 Tahun!

Jelaskan bagaimana tugas mahasiswa dlm proses jatuhnya pemerintahan Orde Baru yg sudah berkuasa selama 32 tahun!

mempelopori & memobilisasi massa untuk melakukan demonstrasi menuntut pergeseran kepemimpinan.. demi perbaikan disegala bidang….

Penjelasan Lebih Lengkap

Reformasi tuh tandanya Soeharto udah gak jadi Presiden Indo lagi setelah nge-jabat selama 32 tahun. Mulai tahun 1998, ada jaman Reformasi setelah Soeharto minggat dari jabatannya tanggal 21 Mei 1998 dan digantikan sama BJ Habibie.

Mahasiswa punya peran penting dalam ngelengserin Soeharto dari kekuasaan, dari jaman Orde Baru sampe era Reformasi. Nah, gimana sih peran mahasiswa pas peristiwa Reformasi 1998? ada dua peran nih:

1. Melakukan aksi demonstrasi

Pada tahun 1997, Indo lagi susah banget gara-gara krisis moneter yang heboh banget dan jadi masalah ekonomi yang parah. Jadi, rakyat semakin kesel sama pemerintah, dan akhirnya mahasiswa demo besar-besaran di mana-mana di Indo.

Yang paling jadi tonggak sejarah gerakan mahasiswa Reformasi tuh pas sekitar 15 ribu mahasiswa menduduki Gedung DPR/MPR dan ngeluarin tuntutan buat Soeharto mundur.

Akibat demo-demo mahasiswa yang gede banget itu, posisi Soeharto sebagai Presiden jadi makin gak stabil. Akhirnya, pada tanggal 21 Mei 1998, Soeharto akhirnya ngumumin mundur dari jabatannya sebagai Presiden di Istana Merdeka. Orde Baru resmi berakhir, dan era Reformasi pun dimulai yang dipimpin oleh BJ Habibie.

  Arti Penting Koordinasi Internasional Dan Penggalangan Kerjasama Internasional Yang Dilaksanakan Indonesia Pada Permulaan Kemerdekaan Adalah

2. Mencetuskan 6 Agenda Reformasi 1998

Abis Soeharto digulingin, banyak mahasiswa dan rakyat yang minta ada perubahan sistem pemerintahan di Indo. Nah, di antara tuntutan mereka, para mahasiswa juga ngeluarin 6 Agenda Reformasi 1998 yang jadi tuntutan pokok mereka dalam gerakan Reformasi.

Berikut ini beberapa hal yang dicanangkan oleh mahasiswa untuk melaksanakan reformasi tahun 1998 yang tertuang dalam 6 Agenda Reformasi.

  1. Mengadili Soeharto dan para pengikutnya
  2. Melakukan amendemen UUD 1945
  3. Melakukan otonomi daerah yang seluas-luasnya
  4. Menghapus dwifungsi ABRI
  5. Menghapus Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)
  6. Menegakkan supremasi hukum

jelaskan bagaimana tugas mahasiswa dlm proses jatuhnya pemerintahan orde gres

mahasiswalah yg paling mengenali kebusukan pemerintahan orde baru, maka dibandingkan dengan itu bbanyak mahasiswa yg ingin menjatuhkan orde baru

Baca Juga: apa komentar kamu tentang banyaknya partai politik di indonesia

jelaskan bagaimana tugas mahasiswa dlm proses jatuhnya pemerintahan orde baru yg telah berkuasa selama 32 tahun

Mahasiswa sebagai penggerak & pelaku lahirnya reformasi 1998 melalui aksi demonstrasi yg menuntut adanya acara reformasi: adili soeharto & kroni2nya, amandemen uud 1945, pembatalan dwi fungsu ABRI, otonomi tempat yg seluas2nya, supermasi aturan & pemerintahan yg bersih dr bagian kkn

Bagaimana peran mahasiswa dlm proses jatuhnya pemerintahan orde gres yg sudah berkuasa​

Jawaban:

Mahasiswa selaku penggerak & pelaku lahirnya reformasi 1998 lewat aksi demonstrasi yg menuntut adanya agenda reformasi: adili soeharto & kroni2nya, amandemen uud 1945, pembatalan dwi fungsu ABRI, otonomi tempat yg seluas2nya, supermasi aturan & pemerintahan yg higienis dr unsur kkn

Bagaimana peran mahasiswa dlm proses jatuhnya pemerintahan orde gres

Mahasiswa tergabung bersama para pelopor menyuarakan ganjalan ganjalan serta jeritan jeritan rakyat yg tak didengar pemerintah, alasannya adalah para wakil rakyat bahkan para pejabat pemerintahan tak mempedulikan hal tersebut

  Sebagai realisasi dari pembentukan kementerian dan pembagian wilayah Republik Indonesia, pada tanggal 2 September 1945 dibentuk susunan kabinet Republik Indonesia yang pertama

Para mahasiswa berdemonstrasi besar besaran bahkan menduduki gedung parlemen di senayan,,, bersatu bunyi demi kesejahteraan rakyat….