Poster Bk Pribadi, Sosial, Berguru, Karir

Dalam layanan bimbingan dan konseling utamanya pada layanan bimbingan dapat dikerjakan dengan fleksibel dan banyak cara. Hal ini dapat dilakukan bagi para konselor atau guru panduan dan konseling yang tidak memiliki jam tatap paras di dalam kelas. Guru tutorial dan konseling mampu memakai media lain sebagai alat panduan. Media itu mampu media cetak ataupun elektronik. Salah satu contoh media cetak yang mampu kita gunakan adalah poster. 


Poster yang bagus tentunya memenuhi beberapa patokan. poster yang bagus memiliki komposisi tulisan dan gambar yang sepadan. Tulisan dalam poster pun tidaklah boleh terlalu banyak dan terlalu kecil sehingga pembaca atau penonton akan kesulitan memahami pesan yang hendak disampaikan. poster juga tidak diperkenankan terlampau banyak memakai gambar sehingga penonton akan kesusahan dalam mencari inti dari pesan yang disampaikan. Poster setidaknya dapat dilihat dengan terperinci pada jarak 5 meter.
Dalam pengerjaan poster panduan dan konseling mesti memperhatikan juga faktor apa yang mau diangkat. Aspek ini haruslah sesuai dengan permaslaahan yang sering ada disekolah itu. atau apa yang akan menjadi tujuan sekolah itu. Poster dalam bimbingan konseling dapat dijadikan menjadi 4 jenis yaitu poster bimbingan dan konseling pribadi, poster tutorial dan konseling sosial, poster panduan dan konseling karir, dan poster panduan dan konseling belajar. Dari ke empat jenis tersebut nantinya akan dikelompokkan dalam hal jenis poster preventif dan kuratif. 
poster tutorial dan konseling pribadi tentu poster yang isinya tentang eksklusif konseli. poster tutorial dan konseling mencar ilmu tentu poster ini berisi wacana aktivitas mencar ilmu, kiat belajar, persoalan belajar dan lain sebagainya. sedangkan poster tutorial dan konseling karir pastinya pasti menerangkan tentang jenis karir, dan studi lanjutan. dan yang ke empat yakni poster bimbingan dan konseling sosial yakni poster yang membahasan duduk perkara sosial siswa diantaranya yakni pergaulan.
untuk lebih jelasnya, berikut ini teladan poster yang mampu kita gunakan.