Deretan Pemain Sepak Bola

Salam cerdas…..

Sepak bola adalah permainan yang tidak cuma mengandalkan kualitas pemain dan teknik bertahan atau menyerang saja, namun juga gugusan pemain.
Formasi adalah cara penempatan posisi dan pembagian tugas setiap pemain sesuai dengan keahliannya. Formasi ini menyangkut formasi bertahan atau menyerang. Formasi ditentukan oleh pelatih regu sebelum permainan dimulai. Setiap pemain diperlukan mengenali peran masing-masing sesuai posisinya dalam gugusan tersebut.
Pemilihan susunan pemain dan seni manajemen yang sempurna akan menawarkan kemenangan pada regu. Susunan pemain bukanlah hal yang mutlak. Posisinya dapat berganti sesuai dengan keadaan dan strategi yang dilakukan. Formasi regu sepak bola ditentukan oleh cara yang akan ditempuh suatu regu untuk mengungguli pertarungan.
Suatu regu bisa memakai pola bertahan atau contoh menyerang. Pelatih mampu menurunkan semua orang pemain yang dimilikinya dengan memerhatikan keadaan fisik dan kesiapan mental pemainnya. Jika dia sudah menentukan pemainnya, maka ada beberapa acuan pertahanan yang dapat dipilih, ialah deretan 4–3–3, formasi 4–4–2, deretan 5– 4–1, dan formasi 5–3–2. Adapun jika memilih acuan penyerangan, maka pilihan formasinya antara lain deretan 3–4–3, gugusan 3–3–4, gugusan 3–5–2, dan gugusan 3–3–3–1.


Demikian Artikel ihwal Formasi Pemain Sepak Bola, semoga berkah dan berguna. Salam pandai…..

  Metode Pemahaman Al Quran