Nama-Nama Hari Raya Agama Hindu

Pengertian dan Nama Nama Hari Raya Agama Hindu – pelajarancg.blogspot.com, Umat Hindu memiliki sejumlah peringatan hari suci dalam setahun, dimana acara tersebut menyesuaikan dengan sejarah dan tujuannya. Setiap Hari Raya atau peringatan keagamaan tentunya punya makna berlainan yang mesti diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga menjadi pesan bagi siswa atau pelajar saat pembelajaran pada buku siswa kurikulum 2013 dengan materi Agama Hundu dan Budi pekerti. Hari raya suci adalah sebagaimana terdapat pada penjelasan pelajarancg.blogspot.com

Baca: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN

Pengertian dan Nama Nama Hari Raya Agama Hindu  NAMA-NAMA HARI RAYA AGAMA HINDU

HINDUISME

Agama Hindu disebut pula Hinduisme ialah agama lebih banyak didominasi di Asia Selatan (khususnya di India dan Nepal) kalau Indonesia terdapat Bali yang mengandung aneka ragam tradisi. Agama Hindu condong seperti himpunan aneka macam persepsi filosofis atau intelektual, dibandingkan dengan seperangkat doktrin yang baku dan seragam.

Umat Hinduisme memiliki lima akidah atau iman yang dikatakan selaku Panca Saraddha. Panca Saraddha berasal dari dua kata adalah: Panca yang artinya lima dan Saraddha yang artinya iktikad atau iktikad. Kaprikornus pengertiang panca saraddha yakni lima iktikad atau akidah Umat beragama Hindu.

Sama mirip Agama Islam, Nasrani, Buddha, Umat beragama Hindu merayakan hari suci mereka. Terdapat perayaan hari suci dalam setahun, dimana acara tersebut menyesuaikan dengan sejarah dan tujuannya.

HARI SUCI

Hari suci disebut pula hari raya adalah hari-hari yang disucikan oleh Umat Hindu. Hari suci Agama Hindu banyak jenisnya, ada hari suci berdasarkan pertemuan Panca Wara dengan Tri wara dan sebagainya.

  Puisi religi di ujung malam 3 bait

PELAJARANCG HARI RAYA AGAMA HINDU

Nama Hari suci disebut pula hari raya Hindu untuk keagamaan tentunya punya makna berlainan yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan hari-hari yang disucikan dalam setahun, dimana program tersebut menyesuaikan dengan sejarah dan maksudnya, berikut ini pelajarancg.blogspot.com rangkum acara raya hari suci dan pemahaman yang memaknainya –

Hari Raya Nyepi

Nyepi yaitu hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai ialah hari penyucian dewa-tuhan yang berada di sentra samudera yang menenteng intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melaksanakan pemujaan suci kepada mereka.

Baca: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN 2020/2021 BERMAKNA

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan Peringatan perubahan tahun Saka (Isakawarsa) Bali, hari raya nyepi mempunyai makna dan filosofi dimana umat Hindu memohon kepada Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, untuk melaksanakan penyucian Buana Alit (manusia) dan Buana Agung (alam dan seluruh isinya).

Hari Raya Siwaratri

Siwaratri adalah hari raya umat Hindu atau suatu pameran padmarajaratri yang dirayakan setiap tahun untuk memperingati hari turunnya TUHAN/Siwa. Tahun ini jatuh pada hari Catur Dasi Krsna paksa bulan Magha (panglong ping 14 sasih Kapitu).

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Siwa dan program dilaksanakan dengan pelaksanaan khusus (Tri Brata Siwa Ratri, adalah monabrata, upawasa, dan jagra).

Hari Raya Galungan

Galungan ialah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun dua kali dengan tanggal penentuanya berdasarkan Wuku. Tahun ini jatuh pada hari Rabu 19 Februari 2020 dan 16 September 2020.

  Kisi-Kisi UM Fikih MTs Tahun 2022

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan hari kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan Adharma (Kejahatan).

Hari Raya Kuningan

Kuningan adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun dua kali dengan tanggal penentuanya berdasarkan Wuku. Pelaksanaan acaranya sepuluh hari sehabis hari raya Galungan. Tahun ini jatuh pada hari Sabtu 29 Februari 2020 dan 26 September 2020.

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan untuk mengingatkan umat insan kepada lingkungan sehingga tercipta harmonisasi alam semesta beserta isinya. Sehingga dilaksanakan upacara Kuningan untuk memohon kesentosaan, kedirgayusan serta santunan dan tuntunan lahir dan batin.

Hari Raya Saraswati

Saraswati ialah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun untuk peringatan turunnya Ilmu Pengetahuan. Umat Hindu Dharma di Bali merayakannya setiap 210 hari, dengan menggunakan perkiraan kalender Bali pada Sabtu, Umanis, Watugunung. Pada hari saraswati dilaksanakan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni. Tahun ini jatuh pada hari Sabtu 4 Juli 2020.

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan untuk mengingatkan umat manusia bahwa turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia untuk kemakmuran, perkembangan, perdamaian, dan memajukan keberadaban umat manusia.

Hari Raya Pagerwesi

Pagerwesi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun untuk pemujaan kepada tuhan sebagai guru sejati, yang mampu mengisi kita dengan pengetahuan dan kesucian sejati. Hari suci Pagerwesi ialah rentenan dari hari Saraswati, dimana hari tersebut diandalkan sebagi hari turunya ilmu wawasan untuk melindungi diri dari kebodohan. Tahun ini jatuh pada hari Rabu 8 Juli 2020.

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan untuk mengingatkan umat insan bahwa turunnya ilmu wawasan yang suci kepada umat manusia untuk kemakmuran, pertumbuhan, perdamaian, dan meningkatkan keberadaban umat insan.

  Majas Ironi: Pengertian dan Contoh

Selain nama-nama raya diatas masih banyak perayaan Hinduisme lainnya, baik di pelajari menurut Pawukon, seperti acuan; Hari Raya Budha Kliwon, Hari Raya Tumpek, Hari Raya Budha Wage, Budha Kliwon, Buda Wage Klawu atau Buda Cemeng, Hari Raya Anggara Kasih, Hari Raya Saniscara Keliwon, Hari Purnama, Hari Tilem, Purnama Kapat (Purnama kartika). Selain itu terdapat pula beberapa teladan nama rangkaian Hari Raya Hindu, mirip; Hari Raya Siwa Ratri, dll. demikianlah tulisan pelajarancg.blogspot.com tentang Nama-nama dan pengertian Hari Raya Agama Hindu, biar bermafaat bagi pelajar baik Sekolah Dasar, SMP, dan SMA yang sedang menyiapkan Ujian Tengah semester maupun ulangan harian!