Pemahaman Galungan Dan Kuningan Pada Hari Raya Umat Hindu

Arti Galungan dan Kuningan Pada Hari Raya Umat Hindu – Mungkin Anda pernah mendegar kata peringatan suci Galungan dan Kuningan pada ketika menyambut hari besar keagamaan Hindu, acap kali membikin bingung apa itu Galungan dan Kuningan yang terdapat Pada Hari Raya Umat Hindu Dharma di Bali. Saking bingung dengan pemahaman antara Galungan dan Kuningan, tidak sedikit orang sering terbalik dengan arti Pengertian Galungan dan Kuningan. Baiklah untuk lebih jelasnya perihal pengertian dari Galungan dan Kuningan, berikut penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com

Arti Galungan dan Kuningan Pada Hari Raya Umat Hindu  PENGERTIAN GALUNGAN DAN KUNINGAN PADA HARI RAYA UMAT HINDU

Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN TERBARU

ARTI GALUNGAN DAN KUNINGAN PADA HARI RAYA UMAT HINDU

Galungan dan Kuningan yakni perayaan suci yang diperingati oleh seluruh orang yang beragama Hindu terutama di Bali, Indonesia. Perayaan ini dirayakan 2 kali dalam setahun menurut wuku penanggalan dari kalender Bali. Galungan, Kuningan, dan Nyepi merupakan upacara sakral sehingga ini dijadikan selaku hari libur khusus di Bali. Sebelum hari Galungan dan Kuningan terdapat rangkaian upacara atau acara suci dikerjakan hingga puncak acaranya. Seperti diketahui bahwa aneka macam daftar hari raya umat Hindu yang sungguh khusus dilaksankan berdasarkan perkiraan penanggalan kalender Bali. Jadi untuk membedakan itu mari ketahui apa yang membedakan kedua raya suci 2 yang dirayakan selaku peringatan khusus dan besar di Bali ini.

Pertama Adalah Galungan. Maksud dari Galungan ialah oleh Hinduisme dimaknai sebagai kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan aDharma (Keburukan), dimana pas Budha Kliwon wuku Dunggulan kita merayakan dan menghaturkan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan YME). Kata “Galungan” berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya menang atau bertarung.

  Mengidentifikasi Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi

Yang kedua adalah Kuningan. Untuk Kuningan yakni Rangkaian upacara suci sehabis 10 hari peringatan Galungan, oleh Hinduisme dimaknai sebagai kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan aDharma (Keburukan), dimana pada hari Sabtu, Kliwon, wuku Kuningan mereka melaksanakan pemujaan kepada para Dewa, Pitara untuk memohon keselamatan, kedirgayusan, bantuan dan tuntunan lahir bathin. Kata Kuningan mempunyai makna “kauningan” yang artinya mencapai peningkatan spiritual dengan cara introspeksi biar terhindar dari mara ancaman.

Bagaimana, sekarang sudah mengetahui wacana maksud dari Kuningan dan Galungan Pada Hari Raya Umat Hindu.

Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA KUNINGAN TERBARU

Akhir kata pengertianartidefinisidari.blogspot.com menyampaikan ucapan “Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan” yang artinya “Selamat menyambut hari raya Galungan dan Kuningan”, Semoga berfaedah!!