Sejarah Berdirinya ASEAN

Sejarah ASEAN ✓ ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967, ketika kongres di Bangkok dgn diikuti oleh 5 Negara yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, & Malaysia. Hal ini dituangkan dlm Deklarasi Bangkok.

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih di kenal dgn nama Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), selaku organisasi ekonomi & geo politik dr Negara di area Asia Tenggara. Pembentukkan ini bermaksud untuk pertumbuhan social, ekonomi, & kebudayaan antar bangsa, serta menjaga perdamaian regional.

 saat kongres di Bangkok dgn diikuti oleh  Sejarah Berdirinya ASEAN

Pada tanggal 7 Januari 1948 & 28 Juli 1995 menjadi sejarah ASEAN baru, dimana Brunei Darussalam ikut bergabung dlm ASEAN, serta di susul oleh Vietnam selaku Negara ke 7 di ASEAN. Sekarang ASEAN sudah mencakup semua Negara yg ada di Asia Tenggara, kecuali 2 Negara gres yaitu Papua Nugini & Timor Leste.

Awal Sejarah ASEAN Terbentuk
Sebelumnya kita sudah mengatakan, bahwa ASEAN diresmikan oleh 5 Negara yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, & Malaysia di Bangkok, sehingga di kenal dgn Deklarasi Bangkok. Pada dikala itu di tanda tangan oleh menteri mancanegara dr tiap Negara yaitu Indonesia (Adam Malik), Thailand (Thanat Khoman), Singapura (S. Rajaratnam), Filipina (Narciso Ramos), & Malaysia (Tun Abdul Razak).

Isi Deklarasi Bangkok meliputi

1. Membuat pertumbuhan social, perkembangan kebudayaan, & pertumbuhan ekonomi menjadi lebih cepat, khususnya untuk Negara-negara di Asia Tenggara.

2. Menjalin suatu kolaborasi antar Negara, serta menolong dlm kepentingan bersama, khususnya dlm bidang social, teknik, manajemen, pengetahuan, & ekonomi.

3. Membuat kerja sama antar Negara menjadi kian dekat, apalagi dlm organisasi regional & internasional.

4. Menimbulkan perilaku perdamaian & stabilitas regional ASEAN

  Panduan Cara Naik Pesawat

5. Menjalin kolaborasi untuk mengembangkan latihan, pendidikan, & observasi yg ada di area Asia Tenggara.

Sejarah ASEAN Tambah Negara
Brunei Darussalam masuk dlm organisasi ASEAN pertama di luar pendiri, mereka bergabung pada tanggal 7 January 1984, sehabis 1 ahad mereka memperingati hari kemerdekaannya.

ASEAN kembali menerima keanggotaan baru sehabis 11 tahun berlalu. Anggota yg baru tersebut ialah Vietnam yg menjadi anggota ke 7 pada tanggal 28 Juli 1995. Selanjutnya giliran Myanmar & Laos yg ikut bergabung dlm anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997.

Sementara tetangga mereka Kamboja, harus mengurungkan niatnya untuk bisa bergabung dlm organisasi ASEAN. Hal ini dikarenakan ada persoalan politik dlm negeri yg mesti teratasi, 2 tahun kemudian, Kamboja sukses ikut dlm organisasi ASEAN pada tanggal 16 Desember 1998.

Sejarah ASEAN Menolak Timor Leste
Timor Leste merupakan Negara baru yg di dominasi oleh koloni Portugis & dianeksasi oleh Indonesia, sekarang menjadi observer (pemerhati) di ASEAN. Hal ini di dukung oleh protes dr beberapa Negara ASEAN yg tak ingin Timor Leste masuk dlm anggota ASEAN, alasannya adalah mereka menghormati Indonesia.

Pada mulanya keputusan memberi status observer pada Timor Leste, mendapat penolakan dr Myanmar, sebab Timor Leste sudah mendukung pro-demokrasi Myanmar yaitu Aung San Suu Kyi.

Sejak restorasi kemerdekaan Mei 2002, ASEAN sudah memberi pertolongan pada Timor Leste dgn mengundangnya dlm konferensi. Namun Menlu Timor Leste yg menjadi presiden, Ramos Horta, menyatakan tak mau masuk ASEAN, sebab ia berpendapat Timor Leste termasuk Negara Pasifik atau Australia.

Menurut kabar terakhir Timor Leste ingin menjadi anggota ASEAN, cita-cita ini di dukung oleh Negara-negara di ASEAN tergolong Indonesia. Pemerintah Timor Leste pula sudah membangun Sekertariat Nasional ASEAN bulan February 2009.

  Pengertian Museum Menurut Para Ahli dan Pentingnya Mempelajari Museum

Materi Ilmu Pengetahuan Umum lainnya:

1. Pengertian Seni Grafis

2. Macam-Macam Hak Asasi Manusia

Sekian sejarah ASEAN terbentuk atas usaha bangsa-bangsa di Asia Tenggara. Semoga kita mampu menghargai para pejuang yg sudah berhasil sejauh ini, sejarah ialah guru terbaik masa depan.