close

2023+ Jaring Jaring Tabung: Gambar dan Contoh

Seperti apa bentuk jaring-jaring tabung? Dalam pembelajaran bangkit ruang, terdapat satu konsep yg disebut jaring-jaring. Setiap berdiri ruang niscaya mempunyai jaring-jaring yg berfungsi untuk memperlihatkan berita dr bangun datar apa suatu bangkit ruang terbentuk. Begitu pun halnya dgn tabung, berdiri ruang dgn sebutan silinder ini pula mempunyai jaring-jaring.

Bagi ananda yg pernah atau sedang mencar ilmu matematika geometri bangun ruang, pasti mengenal dgn baik jaring-jaring tabung. Materi ini dipelajari di semua tingkatan sekolah, mulai dr Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, & SMA. Dengan jaring-jaring tabung, kita bisa bisa mengetahui luas permukaan suatu tabung dgn mengkalkulasikan semua unsur-unsur pembentuknya.

Sebenarnya, sudah banyak bahan jaring-jaring tabung yg tersebar di internet. Namun, sebagian besar di antaranya hanya berupa klarifikasi singkat, sehingga terasa kurang memadai. Padahal, bahan jaring-jaring tabung sangat penting untuk diperdalam alasannya sungguh mendukung untuk membangun pengertian wacana tabung atau silinder.

Oleh alasannya itu, pada potensi kali ini, kami akan menjelaskan kembali jaring-jaring tabung dengan-cara lengkap & mendalam untuk menyempurnakan materi yg sebelumnya telah ada di internet. Semoga setelah membaca uraian ini, wawasan pembaca wacana jaring-jaring tabung makin bertambah.

Baca Juga:

Yuk, berikut ini ulasannya…

Jaring Jaring 

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, ada baiknya kita mengenal terlebih dulu konsep jaring-jaring berdiri ruang dengan-cara umum. Dalam pengertian sederhana, jaring-jaring mampu didefinisikan selaku rangkaian sisi suatu berdiri ruang yg dibuka atau direbahkan. Dalam pengertian yg lain, jaring-jaring yaitu pola suatu bangun ruang sehingga jikalau sisi-sisinya disambungkan akan membentuk bangun ruang tersebut.
Jaring-jaring ditemukan dgn cara mengiris bangkit ruang pada beberapa rusuknya lalu semua sisinya direbahkan, di mana setiap sisi tersebut tetap terhubung satu dgn yg lainnya. Jaring-jaring menciptakan bangkit datar yg dapat dikonstruksikan kembali menjadi bangun ruang.

1. Jaring-Jaring Tabung

Jaring-jaring tabung yakni bangkit datar yg membentuk berdiri ruang tabung. Saat kita mengiris suatu tabung mengikuti rusuknya, maka akan membentuk jaring-jaring tabung. Irisan tersebut akan membuka bagian atas, ganjal, & selubung tabung. Hasil irisannya akan membentuk jaring-jaring tabung mirip yg tampak pada gambar berikut ini:

 terdapat satu konsep yg disebut jaring 2023+ Jaring Jaring Tabung: Gambar & Contoh

Hasil irisan jaring-jaring tabung di atas memperlihatkan bahwa, suatu tabung terdiri dr dua buah bulat & satu persegi panjang. Lingkaran berfungsi sebagai bantalan & tutup tabung, sedangkan persegi panjang berfungsi selaku selimut tabung sesudah dilengkungkan.

  Puisi Religi [ Khatam ]

2. Manfaat Jaring-Jaring Tabung

Dari hasil irisan jaring-jaring tabung di atas, kita mampu mengetahui beberapa hal, antara lain sebagai berikut:

2.1. Mengetahui Karakteristik Tabung

Jaring-jaring tabung memperlihatkan karakteristik dr suatu tabung, yaitu:
  • Memiliki satu bidang sisi tutup berupa bundar
  • Memiliki satu bidang sisi bantalan berbentuk bundar
  • Memiliki satu bidang selimut berupa persegi panjang
  • Memiliki dua rusuk lengkung
  • Tidak mempunyai sudut

2.2. Membantu Pembuatan Tabung

Dengan jaring-jaring tabung, kita bisa mengenali bahwa untuk menciptakan bangkit ruang berbentuk tabung, yg kita perlukan adalah dua buah lingkaran yg sama besar & 1 buah persegi panjang. Berikut ini yaitu berapa tahapan untuk membuat tabung:

  1. Misalnya kita akan menciptakan suatu tabung dgn diameter 10 cm (jari-jari 5 cm) & tinggi 15 cm
  2. Lukislah bulat di atas karton dgn jari-jari 5 cm menggunakan jangka
  3. Lukislah persegi panjang di atas karton dgn ukuran panjang 31,4 cm (keliling bulat r = 5 cm) & lebar 15 cm (tinggi tabung). Tepat di tengah sisi panjang bersentuhan dgn lukisan bundar
  4. Lukislah bundar kedua yg kongruen dgn bundar pertama. Lukislah bersentuhan dgn sisi panjang persegi panjang.
  5. Kemudian, gunting mengikuti pola
  6. Saat menggunting, lebihkan ukuran lingkaran & panjang persegi panjang sekitar 1 cm sebagai persiapan area lem.
  7. Satukan semua serpihan sehingga berupa tabung, rekatkan dgn lem

2.3. Menurunkan Rumus Luas Permukaan Tabung

 terdapat satu konsep yg disebut jaring 2023+ Jaring Jaring Tabung: Gambar & Contoh

Jaring-jaring tabung memungkinkan kita untuk menurunkan rumus atau persamaan matematis untuk menghitung luas permukaan tabung. Secara sederhana, besar luas permukaan suatu tabung ialah adonan luas sisi bagian-pecahan pembentuk tabung, yaitu luas 2 buah lingkaran & 1 persegi panjang.

Dua buah bundar pembentuk tabung mempunyai luas sebesar:

πr2 + πr2 = 2πr2
Sementara itu, luas persegi panjang dapat diputuskan dgn mengalikan panjang & lebarnya. Oleh karena persegi panjang itu dilengkungkan membentuk selimut tabung, maka panjangnya mengikuti panjang keliling bundar, sedangkan lebarnya mengikuti nilai tinggi tabung. Persegi panjang disini selanjutnya kita akan sebut sebagai selimut tabung. Persamaan matematisnya yaitu:
Selimut Tabung = keliling bulat x tinggi tabung 
= 2πr x t
Luas permukaan tabung yaitu adonan dr kedua persamaan di atas, sehingga membentuk rumus:
Luas Permukaan Tabung =  2πr2 + 2πr x t
=  2πr (t + r)

3. Rumus Luas Jaring-Jaring Tabung

Satu hal yg wajib diingat ialah luas jaring-jaring tabung sama dgn luas permukaan tabung. Sehingga persamaan matematisnya, mampu ditulis dengan:
Luas Jaring-Jaring Tabung = Luas Permukaan Tabung
= 2πr (t + r)

Warning: Di google ada satu blog atau situs web yg memuat rumus jaring-jaring tabung yg keliru. Di blog tersebut tertulis bahwa rumus luas jaring-jaring tabung = ganjal x tinggi = a x t. Kami pastikan rumus ini 1000% salah. Sepertinya, penulis blog tersebut tak memahami desain jaring-jaring tabung.

4. Contoh Soal Jaring-Jaring Tabung

Berikut ini yakni beberapa teladan soal yg berkaitan dgn jaring-jaring tabung:

Contoh Soal 1

Hitung luas jaring-jaring tabung yg memiliki jari-jari alas 7 cm & tingginya 14 cm. 
Jawaban:
Diketahui:
  • r = 7 cm
  • t = 14 cm
Ditanyakan:
  • Luas jaring-jaring Tabung…?
Penyelesaian:
  • Luas Jaring-Jaring Tabung =  2πr (r + t)
  • = 2 x  22 / 7 x 7 (7 + 14)
  • = 2 x  22 / 7 x 7 (21)
  • = 924 cm2 
Kaprikornus, luas jaring-jaring tabung yakni 924 cm2.

  250 Gram Tepung Berapa Sendok? Begini Takarannya...

Contoh Soal 2

Hitung jaring-jaring dr suatu tabung terbuka yang dibuat dr seng dgn jari-jari alas 14 cm & tinggi 20 cm.

Jawaban:
Diketahui:

  • Tabung terbuka (tanpa tutup)
  • r = 14 cm
  • t = 20 cm

Ditanyakan:

  • Luas jaring-jaring tabung tanpa tutup…?

Penyelesaian:

  • Luas jaring-jaring tabung tanpa tutup =  πr (r + 2t)
  • 22 / 7 x 14 x (14 + (2 x 20))
  • = 44 (14 + 40)
  • = 44 x 54
  • = 2.376 cm2

Kaprikornus luas jaring-jaring tabung tanpa tutup yaitu 2.376 cm2.

Demikianlah klarifikasi perihal Jaring Jaring Tabung. Bagikan materi ini biar orang lain pula mampu membacanya. Terima kasih, mudah-mudahan berfaedah.