close

Spirit Level / Water Pass: Pemahaman, Fungsi/Kegunaan, Penemu

Spirit level, Leveling atau Waterpass Tukang adalah alat yang dipakai untuk mengukur atau menentukan suatu benda atau garis dalam posisi rata baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal.

 Leveling atau Waterpass Tukang adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan  Spirit level / Water Pass: Pengertian, Fungsi/Kegunaan, Penemu

Ada banyak jenis alat leveling / waterpass yang dipakai dalam pertukangan, tapi jenis yang paling kerap dipergunakan adalah waterpass panjang 120 cm yang terbuat dari bahan kayu dengan tepi kuningan, dimana alat ini terdapat dua buah alat pengecehek kedataran baik untuk vertikal maupun horizontal yang yang dibuat dari kaca dimana didalamnya terdapat gelembung cairan, dan pada posisi pinggir alat terdapat garisan pembagi ayang mampu dipergunakan selaku alat ukur panjang.

Jenis Water Pass

Saat ini waterpass banyak ditemui dalam banyak sekali ukuran dan materi. Ukuran yang umum mampu dijumpai adalag waterpass dengan panjang 0,5 m, 1 m, 2m, dan 3 m. Umumnya berbentuk persegi panjang dengan lebar 5-8 cm dan tebal 3 cm. Kedua sisi mempunyai permukaan rata sebagai bidang yang diposisikan ke permukaan yang akan diperiksa kedatran atau ketegakannya. Ditengah bab yaitu terdapat berbentuk lobang dan ditengahnya selaku penempatan kaca gelembung sebgai alat investigasi kedataran, dan pada salah satu ujung terdapat lobang dan ditengahnya selaku penempatan beling gelembung selaku alat pemeriksaan ketegakan vertikal.

Bahan waterpass yang biasa terdapat yakni dari materi kayu dan aluminium. Umumnya orang lebih mengyukai waterpass yang terbuat dari bahan aluminium sebab lebih tahan usang dan lebih ringan untuk digunakan.

Pemakaian Waterpass

 Leveling atau Waterpass Tukang adalah alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan  Spirit level / Water Pass: Pengertian, Fungsi/Kegunaan, Penemu

Pemakaian waterpass dijalankan dengan sederhana , adalah menempatkan permukaan alat ke bidang permukaan yang di chek. Untuk mengechek kedataran maka mampu diperhatikan gelembung cairan pada alat pengukur yang ada bagian tengah alat water pas. Sedangkan untuk menchek ketegakan maka dapat dilihat gelembung pada bab ujung waterpas. Untuk memastikan apakah bidang benar rata maka gelembung harus benar benar berada ditengah alat yang ada.

  Interferometer Michelson Dan Penemunya

Sejarah Penemuan

Spirit level didapatkan oleh Melchisédech Thévenot, seorang ilmuwan Perancis pada 2 Februari 1661.

Thevenot sering gundah dengan keponakannya, musafir Jean de Thevenot (lahir 1633; meninggal 1667). Ada bukti yang menawarkan bahwa baik Huygens dan Hooke kemudian mengklaim penemuan ini, walaupun cuma di dalam negara mereka sendiri.

Tingkat ketelitian Fell All-Way, salah satu tingkat mata banteng Amerika pertama yang sukses untuk penggunaan alat mesin, diciptakan oleh William B. Fell, Rockford, Illinois sebelum Perang Dunia II pada tahun 1939. Perangkat ini unik alasannya mampu diposisikan di daerah tidur mesin dan memperlihatkan kemiringan pada sumbu xy secara serempak; menetralisir kebutuhan untuk memutar level 90 derajat.  Tingkat ini sangat akurat dibatasi dari ekspor selama Perang Dunia II. Perangkat memutuskan standar baru, 0005 inci per kaki resolusi (lima sepuluh ribu per kaki atau lima detik busur kemiringan). Produksi tingkat berhenti sekitar tahun 1970. Produksi dimulai kembali pada tahun 1980 oleh Thomas Butler Technology, Rockford, Illinois, tetapi hasilnya rampung pada pertengahan 1990-an. Namun, masih ada ratusan perangkat yang sungguh berguna yang ada.

Spirit level, Leveling atau Waterpass Tukang yakni alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan suatu benda atau garis dalam posisi rata baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal.

Sumber: en.wikipedia.org