Kehidupan sosial di Kalimantan menjadi batasan terhadap perubahan budaya yang lekat pada kehidupan budaya dan pertentangan sosial yang tercipta menurut kudeta, dan mata pencaharian utamanya pada kelas pekerja, dan petani.
Kehidupan perkampungan yang dipahami dengan baik, adanya metode golongan yang berada pada kondisi ekonomi sosial, politik yang tercipta berdasarkan aspek kehidupan budaya dengan baik diketahui dengan adanya metode budaya lokal dikala ini.
Ketika hal ini mendasari adanya metode budaya yang melekat pada kebudayaan lokal akan tampak pada budaya sosial yang berada pada keadaan kepentingan ekonomi dari yang dihasilkan dari ruang kota yang berada pada aspek kehidupan budaya ketika ini.
Memahami banyak sekali dilema sosial budaya akan lekat pada kebudayaan setempat, dengan kepentingan ekonomi, maka diketahui dengan konflik sosial juga diciptakan oleh orang Tionghoa di Pontianak – Jakarta, berdasarkan kepentingan ekonomi budaya mereka sampai saat ini, dan secara agama juga demikian.
Aspek ekonomi yang meningkat mampu diketahui dengan adanya faktor penunjang terhadap pendidikan yang diraih, dengan adanya tata cara yang terstruktur dengan kepentingan budaya lokal hingga saat ini.
Kehidupan budaya yang lekat pada aspek kepentingan ekonomi politik terlihat pada adanya ekonomi yang berasal dari sistem yang ada di Indonesia, secara Nasional di Ibukota Negara.
Sistem kehidupan budaya, akan tampak pada problem kelas pekerja, dalam hal ini kepentingan ekonomi budaya terhadap persoalan konflik sosial, hal ini berasal dari kehidupan politik yang berada pada persoalan masyarakatnya, dengan demikian filsafat pada sebuah agama yang tidak menyenangi berbagai faktor kekuasaan maka pendidikan menjadi kontrol kepada masalah yang terjadi.
Berada pada Pontianak, tidak adanya sistem kehidupan budaya dan agama yang mereka lekat pada kehidupan ekonomi, dimana tugas yang diterapkan sesuai dengan kehidupan budaya ekonomi yang dihasilkan dari sistem asimilasi budaya, dalam suatu wilayah 1930an – 90an.
Politik dalam sebuah Negara berdasarkan dari keprihatinan mereka hidup menjadi permulaan dari kehidupan sosial budaya mereka diberbagai aspek, masuknya budaya barat pada sektor ekonomi menjadi penting dalam menyaksikan banyak sekali kepentingan sistem ekonomi yang dibentuk.
Dalam suatu masalah kehidupan budaya yang diciptakan dengan planning yang bagus dan tidak, baik itu selaku petugas agama (Katolik – Protestan – Budha (Indonesia) dan partai politik PDI Perjuangan dan Golkar 80an – 2017.
Berlanjut pada tata cara kerajaan yang berada pada konflik sosial ekonomi, dan tata cara konsumsi yang dibentuk pada lingkungan gereja, terutama pada misa kring contohnya tidak lepas dari aspek kehidupan budaya (sistem pertanian) dan agama pemahaman Ideologi Pancasila utamanya etnik (Dayak – Jawa – Tionghoa – Batak Pontianak – Jakarta.
Begitu juga dengan pendidikan dan kesehatan, dengan drama kepentingan sosial ekonomi yang dibuat dari hasil genetika yang tidak lepas dari kehidupan sosial budaya terhadap metode kelas sosial pada budaya di setempat, Indonesia.