Dalam menelusuri sejarah perkembangan game, kita tentu perlu tahu, apa sih game itu? Pada dasarnya, kata game sebanding dengan kata permainan dalam bahasa indonesia. Permainan selaku suatu metode dimana pemain terlibat dalam konflik produksi yang merupakan hasil rekayasa.
Sejumlah peneliti menemukan bahwa game bantu-membantu penting untuk pertumbuhan otak, meningkatkan fokus dan melatih dan memecahkan masalah dengan sempurna dan cepat karena dalam game terdapat berbagai konflik atau masalah yang menuntut para pemainnya untuk menuntaskan dengan cepat dan sempurna. Hanya saja disisi lain, game dapat menyebabkan kecanduan bagi yang menyukainya dan berakibat pada lupa waktu dan mengusik acara atau aktivitas lain yang bisa jadi jauh lebih penting daripada sekadar bermain game.
Oke, soal sejarah game, tahun 1947 menjadi tahun pertama munculnya game. Saat itu didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube), dirancang oleh Thomas T.Goldsmith Jr. Dan Estle Ray Mann. Game ini menerima hak paten pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru ditembakkan pada target, wangsit ini terinspirasi dari display radar yang dipakai pada perang dunia II. Beberapa knop disediakan untuk menertibkan kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru. Karena ketika itu grafik belum dapat dibentuk, target digambarkan pada suatu lapisan kemudian ditempelkan pada CRT.
Tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of Cambridge dalam mempresentasikan tesisnya menyangkut interaksi komputer dan manusia. Permainan ini melakukan pekerjaan pada komputer besar yang menggunakan CRT display.
Tahun 1972, pertama kali diciptakan perangkat game portable genggam oleh Waco Company. Tahun 1958 diciptakan game Tennis For Two pada osiloskop. Game ini menampikan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan mesti melalui jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk menghantam bola supaya melewati net atau jaring.
Tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk market rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan televisi. Meski tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama harus mengeluarkan uang lisensi. Tetapi, kesuksesan dicapai sejak Atari meluncurkan video game ping pong tanggal 29 November 1972. Sejak itulah, video dan komputer game menjadi populer dan diketahui dalam sejarah pertumbuhan game di dikala PC baru saja mulai diketahui oleh khalayak.
Roberta Williams seorang ibu rumah tangga menciptakan game dengan nama Mistery House, beliau diyakini sebagai pencipta game petualangan pertama dengan grafis pada Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks, ilustrasi grafik hitam putih suatu rumah bergaya viktoria ialah gebrakan baru di kurun itu. Game ini begitu terkenal sampai dia mendirikan Sierra On – Line bareng suaminya dan terus memproduksi game.
Pada permulaan tahun 1980 – an sejarah game ditandai dengan kedatangan Nintendo, keberhasilan LCD genggam ini enciptakan banyak pengikut untuk membuat yang serupa dengan mengadopsi game – game terkenal, permulaan tahun 1980 -an juga ditandai dengan datangnya CD-ROM yang cepat populer. Di masa inilah, game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai timbul. Ditambah lagi hadirnya produk sound card. pasar game komputer menjadi kian berkembang seiring kemajuan teknologi pendukungnya.
NES (Nintendo Entertaintment System) menjadi konsole game pertama kali yang menggunakan 8 bit. Salah satu game yang compatible dengan NES ini yakni super mario bros. Setelah NES laku cantik dengan super marionya lalu muncul lagi konsole game Sega Mega Drive, yang ialah generasi game ketiga. Sega menggunakan 16 bit dan dirilis tahun 1988. Nintendo cukep populer dengan super mario brossnya. Di generasi keempat, Sega tak mau kalah dengan merilis game Sonic The Hedhog. Lahir pula Playstation yang merupakan game konsole terlaris dan terobosan baru di dunia game dengan menggunakan 32 bit.
Generasi kelima playstation (PS) semakin gencar melaksanakan bikinan lainnya yang lebih canggih dengan keluarnya PS2. Persaingan bukan semakin surut namun kian ketat dengan banyaknya perusahaan yang memproduksi game serupa. Saingan itu diantaranya: XBox, Sega Saturn, dan Dreamcast. PS sampai dikala ini terus mengem bangkan sistemnya dengan mengeluarkan PS3, Xbox juga mengeluarkan XBOX 360, lalu nintendo juga merilis WII.
Demikian sejarah pertumbuhan game dari semenjak tahun 1947 hingga dikala ini. Hayoo.. sekarang sudah punya game apa?