close

Rindu Yang Bergelora

 
Setiap insan pasti pernah merasakan rindu. Perasaan ini timbul tatkala kita berada di posisi yang jauh dari orang tersayang. Entah itu istri, suami, orang renta, kerabat, teman, atau kekasih hati. Sedangkan untuk orang-orang yang beriman, rasa rindu terbesar pastinya akan hadir untuk bertemu Allah Ta’ala dan Baginda Rasul Muhammad Shallallahu alaihi wassalam. 
Rindu dalam Islam ialah sesuatu yang fitrah. Tidak berdosa kalau seseorang merasakan rindu di dalam hatinya. Namun rindu juga mesti disikapi dengan cara-cara yang benar.
 
Misalnya saja, ketika perempuan merindukan seorang laki-laki yang bukan muhrimnya. Mungkin pria itu sahabat dekatnya. Lalu apa yang harus dijalankan perempuan tersebut? Haruskan mereka meluapkan perasaan rindu ke dalam praktek pacaran? Tentu saja tidak! Pacaran dalam islam jelas hukumnya haram alasannya pacaran itu mendekati zina. Larangan berpacaran dalam islam diterangkan dalam firman Allah Ta’ala:

وَلَا تَقۡرَبُواْ ٱلزِّنَىٰٓۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةٗ وَسَآءَ سَبِيلٗا

Artinya:

 “Dan janganlah kau mendekati zina; bahu-membahu zina itu adalah suatu tindakan yang keji. Dan sebuah jalan yang jelek”. (Q.S. Al-Isra: 32)

Wahai saudariku, ketahuilah bahwa sebaik-baiknya cara untuk menanggapi perasaan rindu yaitu melalui berdoa. Ingatlah kita insan ini lemah. Tidak bisa mengandalkan diri sendiri untuk mencapai sesuatu. Kita memerlukan bantuan Allah Ta’ala. Sebab Allah-lah yang membuat kita. Allah Maha Besar. Dia dapat membolak-balikan perasaan insan. Dan jikalau Allah berkata “jadi” maka jadilah permasalahan tersebut.

Ketika perasaan rindu sudah sangat membuncah dan tak terbendung, janganlah kita menuruti bisikan-bisikan syaitan untuk menuruti hawa nafsu. 

Jika rindu itu hadir untuk sang pujaan hati, maka selipkanlah doa di tiap tamat sholat, di sepertiga malam terakhir, serta waktu dipertengahan iqomah dan adzan. InsyaAllah doa-doa tersebut akan dimustajabah oleh Sang Maha Kuasa. 
Nah, berikut ini beberapa doa saat rindu seseorang menurut dalil-dalil islam. Diantaranya adalah:

  Proses Terjadinya Kepailitan Perusahaan

Doa Nabi Yusuf as (Surat Yusuf ayat 4)

Nabi Yusuf ‘Alaihi Salam ialah salah satu nabi yang diketahui mempunyai ketampanan hebat. Disebutkan dalam suatu ayat al-quran bahwa tampangnabi Yusuf dapat menciptakan perempuan yang melihatnya menjadi tertarik. Bahkan salah satu kisah menyebutkan tentang sekumpulan perempuan yang melukai tangannya sendiri dengan pisau karena saking terpukaunya dengan keayuan rupa nabi Yusuf as. Namun demikian, nabi Yusuf as tetap menjaga pandangannya. Hingga pada balasannya beliau ditakdirkan untuk menjadi pendamping hidup bagi Siti Zulaikha.

Dalam surat Yusuf di Al-Quran, terdapat sebuah ayat yang diandalkan selaku doa pelepas rindu. Beberapa orang lain menyebutkan bahwa ayat tersebut ialah doa untuk membuat lebih mudah bertemuhnya jodoh dan mempererat korelasi suami istri.

Wallahu a’lam..
Pertanyaan :
1. Assalamu’alaikum ustadz aku mau bertanya :
Apakah rasa yang belum move on itu akan di hisab kelak pa ustadz? Terus apa ayat berapa yang merupakan doa untuk membuat lebih mudah bertemunya jodoh?
Syukron ustadz
Jawab:
Tidak di hisab, maka baca surah Al-Kahfi dan surah Yusuf ayat 12-16.
Sumber materi kajian :
Grup 10 WA Tholabul’ilmi..
Tanggal : 03 November 2018
Hari : Sabtu
Oleh Ustadz Mukhtar Azizi S,Pd.I