close

Profil Williams Webb Ellis Sang Penemu Rugby

William Webb Ellis (24 November 1806 – 24 Januari 1872) adalah seorang pendeta Anglikan Inggris dan penemu sepak bola rugby saat menjadi murid di Sekolah Rugby. Menurut legenda, Webb Ellis mengambil bola dan berlari sambil memegang bola selama pertarungan sepak bola di sekolah pada tahun 1823, sehingga membuat gaya permainan “rugby“. Meskipun cerita tersebut sudah tertanam berpengaruh dalam dongeng masyarakat olahraga, tetapi itu tidak didukung oleh bukti substantif, dan diabaikan oleh sebagian besar sejarawan rugby sebagai mitos asal ajakan.

Mengenal Permainan Sepak Bola Rugby

Williams meninggalkan Rugby pada tahun 1826, ia pergi ke Brasenose College, Oxford , pada usia 20 tahun. Ia lulus dengan gelar BA pada tahun 1829 dan menerima gelar MA pada tahun 1831. Ia masuk Gereja dan menjadi pendeta Kapel St George, Albemarle Street, London (ditutup sekitar tahun 1909), dan lalu rektor St Clement Danes di Strand. Ia menjadi populer sebagai seorang evangelis gereja. Pada tahun 1855, dia menjadi rektor Magdalen Laver di Essex. Sebuah foto dirinya (satu-satunya potret yang dikenali) muncul di Illustrated London News pada tahun 1854, setelah dia menawarkan khotbah yang sangat menggugah tentang masalah Perang Krimea .

Dia tidak pernah menikah dan meninggal di selatan Prancis pada tahun 1872, meninggalkan harta warisan sebesar £9,000, sebagian besar untuk banyak sekali tubuh amal. Makamnya di le cimetière du vieux château di Menton di Alpes Maritimes didapatkan kembali oleh Ross McWhirter pada tahun 1958, direnovasi oleh Riviera Hash House Harriers pada tahun 2003 dan sekarang diatur oleh Federasi Rugbi Prancis. (sumber: en.wikipedia.org)

  Dp Bbm Cristiano Ronaldo Sang Pesepakbola Dunia