close

Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, walaupun dalam jumlah yang sedikit, namun memiliki peran yang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Dalam kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai pengertian vitamin, macam-macam vitamin dan fungsi vitamin.

Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Mari kita diskusikan pengertiannya apalagi dulu dengan seksama.

Pengertian Vitamin

Vitamin ialah zat kimia yang terdapat didalam zat makanan. Jika tubuh kekurangan vitamin, maka akan menyebabkan terjadinya penyakit avitaminosis.

Macam-Macam Dan Fungsi Vitamin

Adapun fungsi vitamin secara umum adalah selaku berikut.

  • Berperan dalam kemajuan dan pembentukan sel
  • Mempertahankan fungsi jaringan supaya tetap wajar
  • Sebagai ko-enzim yang berperan sebagai biokatalisator, yang menolong mempercepat reaksi-reaksi zat didalam tubuh.

Berdasarkan pelarutnya, vitamin terbagi menjadi dua macam yaitu: vitamin yang larut dalam air mirip vitamin B dan C. Dan vitamin yang larut dalam lemak mirip vitamin A, D,E,& K.

Vitamin Yang Larut Dalam Air

Berikut ini adalah vitamin yang larut dalam air.

Vitamin B

Macam-macam vitamin B adalah: B1, B2, B3, B5, B6, B11, dan B12.

Vitamin B1 berfungsi untuk membantu metabolisme karbohidrat, perembesan air dan lemak. Sumber vitamin ini berasal dari hati, ragi, daging, kacang-kacangan, ikan dan kulit ari padi. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit beri-beri, terhentinya perkembangan dan menurunnya selera makan. Vitamin B1 diperlukan tubuh sebanyak 2mg/hari.

Vitamin B2 berfungsi untuk merangsang saraf mata & melancarkan oksidasi zat kuliner. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan katarak atau pengelihatan kabur, luka disekitar sudut mulut, dan terhentinya pertumbuhan. Sumber vitamin ini berasal dari hati, telur, keju, ragi, sayuran dan beras.Vitamin B2 diperlukan badan sebanyak 1,6 mg/hari.

Vitamin B3 berfungsi untuk mendorong proses perkembangan sel, pembongkaran karbohidrat, dan menghalangi penyakit pelagra. Kekurangan vitamin ini mampu menyebabkan penyakit anemia, diare, pendarahan di gusi dan dimensia (pelupa atau pun mudah letih). Suber vitamin ini berasal dari kedelai, usus, bayam, kol dan tomat. Vitamin B3 dibutuhkan tubuh sebanyak 100 mg/hari.

Vitamin B5 berfungsi untuk memelihara fokus gula darah yang normal. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan penyakit radang kulit, menurunnya nafsu makan & insomnia. Vitamin ini bersumber dari sayur-sayuran, buah-buahan, kuning telur dan daging.

Vitamin B6 berfungsi untuk perkembangan, merangsang kerja urat saraf & pembuatan sel darah. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit pelagra & sulit buang air besar. Sumber vitamin ini berasal dari biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

Vitamin B11 berfungsi untuk pembentukan sel darah. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan gejala anemia yang akut.

Vitamin B12 berfungsi untuk menghalangi penyakit anemia akut. Sumber vitamin ini berasal dari susu, hati dan ikan.

Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk menjaga utuhnya zat perekat antarsel, pertumbuhan dinding kapiler, menangkal nanah hidung dan kerongkongan, memelihara kesehatan jaringan epitel, mempercepat proses pembentukan sel darah merah dan menghipnotis kerja anak ginjal.

Kelebihan menyantap vitamin C tidak berbahaya bagi tubuh sebab larut dalam air. Kekurangan vitamin C mampu mengakibatkan penyakit skorbut dengan tanda-tanda seperti gusi berdarah, gigi gampang goyang, dan lambatnya penyembuhan luka. Sumber vitamin C dapat didapatkan pada buah-buah segar, sayur dan hati. Untuk bayi vitamin C diperlukan sebanyak 30 mg/hari, belum dewasa sebanyak -+ 60mg/hari, cukup umur 100 mg/hari dan ibu menyusui 150 mg/hari.

Vitamin Yang Larut Dalam Lemak

Berikut ini adalah vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin A

Yang berfungsi untuk mengembangkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan perkembangan epitel serta regenerasi rodopsin dalam retina. Kekurangan vitamin ini mengakibatkan rabun senja, kornea mata kering, kulit kaki bersisik, kulit pecah-pecah, kemajuan lambat dan pendarahan pada selaput lendir usus dan ginjal. Sumber vitamin A berasal dari hati, minyak ikan, telur, susu, lemak hewani, dan sayuran berwarna kuning seperti wortel.

Vitamin D

Berfungsi untuk mengendalikan proses penulangan, mengontrol kadar kapur dan fospor, absorpsi dan metabolisme kalsium. Juga berfungsi dalam memelihara otot dan kondisi saraf, mempertahankan fungsi hati, fertilisasi laki-laki, dan mencegah rusaknya darah merah.

Kekurangan vitamin ini mampu mengakibatkan terjadinya gangguan pada tulang, seperti penyakit rakitis (pembengkokan pada tulang kaki) dan tidak sempurna perkembangan pada tulangnya. Sumber vitamin ini diperoleh dari mentega, minyak ikan, kuning telur dan susu.

Pengertian, Macam-Macam Dan Fungsi Vitamin Terlengkap

Vitamin E

Berfungsi pada metode reproduksi alasannya mampu menghalangi kemandulan, keguguran, embrio mati dalam rahim dan otot-otot menjadi lemah alasannya adalah rusaknya saraf pelopor. Sumber vitamin ini berasal dari toge, susu, kuning telur, ragi, dan lemak.

Vitamin K

Berfungsi untuk membentuk protrombin yang diharapkan dalam proses pembekuan darah. Vitamin K ini disimpan didalam hati. Kekurangan vitamin ini mampu mengakibatkan darah sulit membeku. Sumber vitamin ini berasal dari sayuran, biji-bjian, hati dan toge.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Vitamin, Macam dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat dan mampu memperbesar wawasan kita semua. Sekian terimakasih 🙂

  Mekanisme kontraksi otot