close

Pengertian Variabel Menurut Para Hebat Dan Secara Biasa [Lengkap]

Pengertian variabel – Definisi variabel yaitu sebuah objek penelitian, atau apa yang menjadi fokus di dalam sebuah penelitian, baik yang berupa abstrak maupun real. Variabel merupakan nilai yang memiliki banyak varian, atau suatu yang bersikap berganti-ubah dan tidak tetap.

Variabel mampu juga diartikan selaku sebuah besaran yang dapat diubah atau berganti sehingga mampu mensugesti peristiwa atau hasil penelitian. Variabel ialah rancangan yang mempunyai nilai yang beragam. Suatu konsep dapat diubah menjadi sebuah variabel dengan cara memusatkan pada aspek tertentu dari variabel itu sendiri.

Variabel mampu dibagi menjadi dua jenis, adalah variabel kuantitatif (berafiliasi dengan angka dan bilangan) dan variabel kualitatif (tidak tergolong angka dan bilangan). Variabel kuantitatif juga diklasifikasikan lagi menjadi dua kelompok, ialah variabel diskrit (discrete) dan variabel kontinu (continous).

Variabel banyak dipakai dalam penelitian dari banyak sekali bidang ilmu wawasan, contohnya saja mirip bidang sains, matematika, ilmu komputer, nalar aritmatika sampai bahasa pemrograman. Berikut ini ialah beberapa pemahaman variabel berdasarkan cabang ilmunya:

  • Dalam sains, variabel adalah objek penelitian, adalah segala sesuatu yang hendak diteliti. Variabel sering dipakai dalam penelitian ilmiah dan dapat dikosongkan serta diisi nilainya. Variabel berisikan nama dan nilai.
  • Dalam matematika, variabel adalah aksara atau abjad yang mewakili suatu jumlah yang belum diputuskan. Setiap variabel mengandung nilai dan memudahkan kita untuk melaksanakan soal matematika utamanya yang berafiliasi dengan aljabar.
  • Dalam ilmu komputer, variabel yakni nama (umumnya berupa aksara, karakter, atau kata) yang mewakili beberapa nilai dalam memori komputer.
  • Dalam logika matematika, variabel ialah salah satu simbol yang mewakili suatu teori.

(baca juga pengertian indikator)

Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Variabel

Di bawah ini akan dibahas apa saja pemahaman dan definisi variabel secara biasa , berdasarkan KBBI dan berdasarkan para mahir.

Definisi Variabel Secara Umum

Pegertian variabel secara umum merupakan suatu objek yang mampu berupa apa saja, yang ditentukan oleh peneliti dengan tujuan untuk mampu memperoleh info semoga mampu ditarik suatu kesimpulan dalam proses observasi.

Secara teori, pemahaman variabel observasi juga dapat didefinisikan selaku suatu objek, sifat, atribut atau nilai dari orang, atau kegiatan yang memiliki bermacam-macam variasi antara satu dengan yang lain yang ditetapkan oleh peneliti dengan tujuan untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan.

Arti Variabel Menurut KBBI

Berikut ini merupakan beberapa pengertian variabel berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia):

  • Dapat berubah-ubah, berbeda-beda, bermacam-macam (wacana mutu, harga, dan sebagainya).
  • Sesuatu yang mampu berubah, aspek atau unsur yang ikut memilih pergeseran.
  • Satuan bahasa yang paling terpengaruh oleh kombinasi sosial dan stilistis, dalam jangka panjang mudah berubah.
  • Kelas kata yang dapat menyatakan relasi gramatikal dengan pergantian bentuk, dalam hal ini kelas nomina, verba, dan adjektiva.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

Selain pengertin secara lazim, para ahli dan pakar mempunyai pandangan dan pendapat yang berlawanan-beda dalam mendefinisikan apa itu variabel. Berikut ialah pemahaman variabel berdasarkan para jago secara lengkap,

Menurut F.N. Kerlinger

Pengertian variabel menurut Kerlinger yakni rancangan yang mempunyai macam-macam nilai, dan variabel yaitu desain yang telah diubah.

Menurut Freddy Rankuti

Pengertian variabel yakni konsep yang mempunyai nilai beragam dan nilai tersebut mampu dibagi menjadi 4 data (empat) yang berbeda, ialah skala, rasio, ordinal, nomina dan intenal.

Menurut Sutrisno Hadi

Definisi variabel ialah kombinasi dari objek penelitian, contohnya saja tinggi insan dan divariasikan dengan umur atau berat tubuh yang dimilikinya.

Menurut Sugiyono (2009)

Arti variabel yakni segala sesuatu yang berupa apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh isu perihal hal tersebut, lalu ditarik kesimpulannya.

Menurut Moh. Nazir

Pengertian variabel berdasarkan Moh. Nazir yaitu rancangan yang memiliki bermacam-macam nilai.

Menurut Suharsimi Arikunto (1998)

Definisi variabel observasi ialah objek penelitian atau apa yang menjadi perhatian suatu titik perhatian suatu penelitian.

Menurut Bagja Waluya

Definisi variabel ialah desain yang tidak pernah ketinggalan dalam setiap eksperimen atau observasi (research).

Menurut Tia Mutiara

Pengertian variabel menurut Tia Mutiara yaitu sesuatu yang menjadi konsentrasi perhatian yang menunjukkan pengaruh dan memiliki nilai (value).

Menurut Sugiarto

Variabel didefinisikan sebagai aksara yang dapat diobservasi dari unit amatan yang ialah sebuah pengenal atau atribut dari sekelompok objek. Maksud dari variabel tersebut yaitu terjadinya variasi antara objek yang satu dengan objek yang lainnya dalam golongan tertentu.

Menurut Eddy Soeryanto

Menurut Eddy Soeryanto, variabel observasi yaitu suatu objek yang penting dalam riset pemasaran.

Menurut Hatch dan Farhady (1981)

Variable didefinisikan sebagai suatu atribut seseorang atau obyek yang memiliki kombinasi antara satu orang dengan yang lain atau satu obyek dengan obyek lainnya.

Menurut Kidder (1981)

Arti variabel menurut Kidder yaitu suatu kualitas (qualities) dimana peneliti mempelajari dan menawan kesimpulan darinya.

Menurut Bhisma Murti (1996)

Definisi variabel adalah fenomena yang memiliki kombinasi nilai. Variasi nilai itu mampu diukur secara kualitatif atau kuantitatif.

Menurut Sudigdo Sastroasmoro

Pengertian variabel ialah karakteristik subyek penelitian yang berubah dari satu subyek menuju ke subyek yang lain.

Menurut Dr. Ahmad Watik Pratiknya (2007)

Variabel adalah desain yang memiliki variabilitas. Sedangkan konsep ialah penggambaran atau abstraksi dari sebuah fenomena tertentu. Konsep yang berbentukapapun, asal mempunyai ciri yang bermacam-macam, maka dapat disebut sebagai variable. Dengan demikian, variabel mampu diartikan sebagai segala sesuatu yang bermacam-macam.

Menurut Dr. Soekidjo Notoatmodjo (2002)

Menurut Notoadmodjo, definisi variabel dibedakan sebagai berikut.

  • Variabel mengandung pengertian ukuran atau cirri yang dimiliki oleh anggota-anggota suatu golongan yang berlawanan dengan yang dimiliki oleh golongan yang lain.
  • Variabel yakni sesuatu yang digunakan sebagai ciri, sifat atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh suatu penelitian ihwal sesuatu rancangan pengertian tertentu.

Menurut Robbin Pearson

Variabel observasi ialah semua karakteristik lazim yang mampu diukur dan dapat berubah dalam intensitas, fleksibilitas atau keduanya.

Macam-Macam Variabel

Variabel dapat dibedakan menjadi berbagai jenis tergantung sejumlah karakteristik tertentu. Berikut merupakan pembagian macam-macam variabel selengkapnya.

  • Variabel independen, yaitu variabel yang terjadi sebab pergantian dan menjadikan variabel terikat atau variabel dependen.
  • Variabel dependen, yaitu variabel yang tidak bebas, terikat dan memppengaruhi setiap variabel bebas atau variabel independen.
  • Variabel moderator, ialah variabel yang menghipnotis sesuatu menjadi lebih berpengaruh ataupun lebih lemah yang memiliki relasi dengan variabel bebas atau variabel terikat.
  • Variabel intervening, yaitu variabel intervening yang memiliki arti variabel yang mepengaruhi kekerabatan antara vaiabel bebas dan variabel terikat yang tidak mampu diperhatikan ataupun diukur.
  • Variabel Kontrol, ialah variabel yang dikendalikan atau dibentuk konstan sehingga korelasi variabel bebas terhadap variabel terikat tidak terpengaruh oleh aspek luar yang tidak teliti.

Demikianlah pembahasan tentang pemahaman variabel menurut para jago dan secara umum beserta fungsi dan jenis-jenis variabel  lengkap. Semoga bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami arti variabel.

  Pangkat Kelompok Pns Beserta Urutan Dan Tingkatan Jabatan [Modern]