close

Pengertian Impuls Dalam Fisika Beserta Rumus Dan Contohnya

Pengertian Impuls Dalam Fisika Beserta Rumus dan Contohnya – Kali ini akan dibahas mengenai definisi impuls dalam bidang fisika lengkap beserta rumusnya semoga gampang dipahami. Lalu apa itu impuls, Impuls yaitu peristiwa gaya yang melakukan pekerjaan pada benda dalam waktu hanya sesaat.

Bisa juga diartikan bahwa impuls adalah peristiwa bekerjanya gaya dalam waktu yang sungguh singkat. Untuk menciptakan sebuah benda yang diam menjadi bergerak diperlukan suatu gaya yang melakukan pekerjaan pada benda tersebut selama interval waktu tertentu. Gaya yang dibutuhkan untuk membuat suatu benda tersebut bergerak dalam interval waktu tertentu disebut impuls.

Mudahnya, impuls adalah besaran dari hasil kali antara gaya (vektor) dengan selang waktu gaya tersebut melakukan pekerjaan (skalar), jadi impuls berkaitan erat dengan arah.

Impuls dipakai untuk memperbesar , meminimalisir, dan mengganti arah saat-saat dalam satuan waktu. Impuls mampu dirumuskan sebagai hasil perkalian gaya dengan interval waktu. Secara matematis dituliskan sebagai berikut :

I = F. Δt

dengan :

F = gaya (N)

Δt = waktu (s)

I = impuls (N.s)

Contoh Kejadian Impuls

Seseorang yang sedang menendang bola. Untuk menendang bola diharapkan gaya untuk menciptakan bola tersebut bergerak dan ada selang waktu sebelum kaki orang tersebut menyentuh bola.

Hubungan Impuls dengan Momentum

Salah satu aturan newton mengatakan bahwa gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan perkalian massa dan percepatannya. Dengan adanya pernyataan tersebut maka akan diperoleh rumus mirip berikut.

F = m.a jikalau kita masukan kedalam rumus I = F. ∆t maka akan muncul rumus baru mirip berikut ini :

  6+ Jaringan Tanaman Beserta Struktur, Ciri-Ciri Dan Fungsinya [Lengkap]

I = F. ∆t

I = m.a (t2 – t1)

I = mv/t (t2 – t1 )

I = m.v1 – m.v2

Dengan begitu mampu ditarik kesimpulan bahwa besarnya impuls yang dilaksanakan atau bekerja pada suatu benda akan sama besarnya dengan perubahan saat-saat pada benda tersebut. Akan namun kalau tidak ada gaya luar yang mensugesti benda, maka jumlah saat-saat akan tetap sama karena jumlah momentum awal dan jumlah saat-saat selesai akan sama.

Demikianlah penjelasan dan pengertian impuls dalam fisika lengkap beserta contoh dan rumusnya. Semoga berguna dan menjadi rujukan pengetahuan dala memahami arti impuls yang benar.