close

Pengertian Analisis Menurut Para Mahir Dan Secara Biasa [Lengkap]

Pengertian analisis – Apa itu analisis? Secara lazim, arti analisis adalah kegiatan yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, menyeleksi sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu lalu dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya.

Analisis atau analisa berasal dari kata Yunani antik analusis yang mempunyai arti melepaskan. Analusis terbentuk dari dua suku kata, ialah ana yang berarti kembali, dan luein yang bermakna melepas, jikalau digabung bermakna melepas kembali atau menguraikan. Kata analusis ini diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi analysis, yang lalu juga diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi analisis.

Kata analisis sendiri digunakan dalam berbagai bidang, di antaranya bidang ilmu bahasa, ilmu sosial, ilmu ekonomi, ilmu alam (sains), dan lain sebagainya. Dalam bidang bahasa dan linguistik, analisis adalah sebuah kajian mendalam untuk meneliti struktur pada sebuah bahasa.

Pada acara laboratorium, kata analisis mempunyai arti kegiatan yang dikerjakan di laboratorium untuk menilik kandungan sebuah zat dalam cuplikan. Dalam ilmu sosial, analisis didefinisikan selaku suatu proses menjelaskan sebuah persoalan dan aneka macam hal yang ada di dalamnya.

Dalam ilmu sains, analisis ialah kegiatan yang dikerjakan untuk dapat menguraikan suatu materi menjadi senyawa penyusunnya. Sedangkan dalam ilmu kimia, evaluasi penting digunakan untuk memilih apa saja komposisi sebuah materi atau zat yang diteliti atau dianalisis.

Salah satu bentuk analisis yakni merangkum sejumlah besar data yang masih mentah, untuk berikutnya diolah menjadi sebuah isu yang mampu diinterpretasikan. Semua bentuk analisis berusaha menggambarkan teladan-contoh secara konsisten dalam data sehingga jadinya mampu dipelajari dan diterjemahkan dengan gampang, singkat dan sarat dengan arti.

(baca juga pemahaman pengamatan)

pengertian analisis

Pengertian Analisis

Di bawah ini akan dibahas apa saja definisi dan pemahaman analisis secara umum, menurut KBBI, dan menurut para hebat.

  Pemahaman Ilham Secara Umum Beserta Arti Dan Definisinya [Lengkap]

Definisi Analisis Secara Umum

Pengertian analisis secara lazim yakni suatu kemampuan memecahkan atau menguraikan suatu materi atau berita menjadi unsur-bagian yang lebih kecil sehingga lebih gampang dipahami.

Analisis dapat diartikan sebagai perjuangan dalam mengamati sesuatu secara mendetail dengan cara menguraikan unsur pembentuknya atau menyusun suatu komponen untuk kemudian dikaji lebih mendalam.

Pengertian analisis lainnya yakni kegiatan berpikir untuk menguraikan sebuah pokok menjadi bab atau unsur sehingga mampu diketahui ciri atau tanda di setiap tiap bagian atau bagian, keterkaitannya satu sama lain sampai fungsi masing-masingnya.

Arti Analisis Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ada beberapa pemahaman analisis selaku berikut:

  • Penyelidikan terhadap sebuah insiden (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengenali kondisi yang bahwasanya (karena-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya).
  • Penguraian sebuah pokok atas banyak sekali bagiannya dan penelaahan bab itu sendiri serta korelasi antarbagian untuk mendapatkan pengertian yang sempurna dan pengertian arti keseluruhan (bidang manajemen).
  • Penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya (bidang kimia).
  • Penjabaran setelah dikaji sebaik-baiknya.
  • Pemecahan masalah yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Selain penjelasan di atas, para hebat dan pakar memiliki persepsi yang berbeda-beda dalam mendefinisikan apa itu analisis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pemahaman analisis menurut para jago secara lengkap.

Menurut Komaruddin (2001)

Pengertian analisis menurut Komaruddin yakni aktivitas berpikir untuk menguraikan sebuah keseluruhan menjadi unsur sehinga dapat mengenal tanda-tanda bagian, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Menurut Harahap (2004)

Menurut Harahap, pemahaman analisis adalah suatu upaya untuk memecahkan atau menguraikan sesuatu unit menjadi aneka macam unit terkecil.

Menurut Gorys Keraf

Analisa diartikan sebagai sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bab-bab yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Menurut Wiradi

Definisi analisis adalah aktivitas yang menampung kegiatan memilah mengurai, membedakan sesuatu yang kemudian digolongkan dan dikelompokkan menurut standar tertentu lalu dicari makna dan kaitannya masing-masing.

Menurut Dwi Prastowo Darminto

Pengertian analisis ialah penguraian sebuah pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bab itu sendiri, serta relasi antar bab untuk menemukan pemahaman yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

Menurut Syahrul

Pengertian analisis dalam akuntansi menurut Syahrul adalah kegiatan melaksanakan evaluasi kepada kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan wacana perbedaan yang timbul.

Menurut Anne Gregry 

Arti analisis menurut Anne Gregry didefinisikan sebagai suatu langkah awal dari proses penyusunan rencana.

Menurut Rifka Julianty

Analisis ialah aktivitas penguraian pada pokok atas aneka macam bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta korelasi antara bagian untuk menerima pengertian yang sempurna dan pengertian arti keseluruhan.

Menurut Mohammad Afdi Nizar

Pengertian analisis dalam bidang akuntansi yaitu evaluasi tentang kondisi dari ayat-aya yang bekerjasama dengan akuntansi dan alasan yang memungkinan sebuah perbedaan akan timbul.

Menurut Robert J. Schreiter (1991)

Analisa adalah acara membaca teks, dengan menempatkan gejala dalam interaksi yang dinamis dan pesan yang disampaikan.

Menurut Minto Rahayu

Arti analisis yakni sebuah cara dalam membagi suatu subyek ke dalam unsur-bagian, mencakup melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

Menurut Husein Umar

Pengertian analisis yakni sebuah proses kerja dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum riset, didokumentasikan dengan tahapan pengerjaan laporan.

Menurut Rifka Julianty

Analisis yakni suatu penguraian pada pokok atas bagiannya dan penelaahan itu sendiri, serta korelasi antara bagian untuk mendapatkan pemahaman yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.

Menurut Efrey Liker

Pengertian analisis menurut Liker ialah acara dalam mengumpulkan bukti, untuk menemukan sumber suatu masalah, ialah akarnya.

Menurut Hanif Al Fatta

Arti analisa adalah tahap permulaan dalam pengembangan sistem yang tahap mendasar yang sungguh menentukan mutu sistem gosip yang dikembangkan.

Menurut Peter Salim dan Yenni Salim (2002)

Pengertian analisis berdasarkan Peter Salim dan Yenni Salim antara lain ialah selaku berikut:

  • Analisis yaitu pengusutan kepada sebuah peristiwa (perbuatan, karangan dan sebagainya) untuk menerima fakta yang sempurna (asal permintaan, alasannya, penyebab sebetulnya, dan sebagainya).
  • Analisis adalah penguraian pokok persoalan atas bab-bagian, penelaahan bagian-bab tersebut dan kekerabatan antar bagian untuk menerima pengertian yang tepat dengan pemahaman secara

    keseluruhan.

  • Analisis adalah pembagian terstruktur mengenai (pembentangan) sesuatu hal, dan sebagainya sehabis ditelaah secara seksama.
  • Analisis adalah proses pemecahan problem yang dimulai dengan hipotesis (prasangka, dan sebagainya) hingga terbukti kebenarannya melalui beberapa kepastian (observasi, percobaan, dan sebagainya).
  • Analisis ialah proses pemecahan duduk perkara (lewat akal) ke dalam bab-bagiannya berdasarkan metode yang konsisten untuk meraih pemahaman ihwal prinsip-prinsip dasarnya.

Menurut Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1996)

Dalam hal ini, analisis diartikan sebagai pengusutan terhadap suatu peristiwa (karangan, atau tindakan) untuk mengenali kondisi yang sebetulnya (alasannya musabab, duduk perkaranya).

Menurut Kamus Akuntansi (2000)

Menurut kamus akutansi, pemahaman analisis adalah melakukan evaluasi terhadap keadaan dari pos-pos atau ayat-ayat yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan wacana perbedaan yang muncul.

Demikianlah ulasan tentang pemahaman analisis berdasarkan para jago dan secara lazim beserta fungsi dan jenis-jenis analisis lengkap. Semoga bisa menjadi tumpuan dalam mengetahui apa itu analisis yang benar.