Qurban Dan Akikah

  BAB V QURBAN DAN AKIKAH   A.        QURBAN Qurban bermakna binatang yang disembelih dengan niat beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dengan syarat-syarat dan waktu tertentu adalah semenjak …

Read more

Al-Qowaidul Khamsah

            Ilmu yang berhubungan dengan ilmu fikih yaitu: ushul fikih, qawaidul fikhiyah, muqaranatu al-mazahib, falsafah hukum Islam. Kaidah-kaidah fikhiyah sangat diperlukan dalam melakukan istimbath hukum (pengambilan dan penetapan …

Read more

Kepemilikan (Milkiyah)

  1.    DALIL يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِيُّ إِنَّآ أَحۡلَلۡنَا لَكَ أَزۡوَٰجَكَ ٱلَّٰتِيٓ ءَاتَيۡتَ أُجُورَهُنَّ وَمَا مَلَكَتۡ يَمِينُكَ مِمَّآ أَفَآءَ ٱللَّهُ عَلَيۡكَ ………  ٥٠ 50.  Hai Nabi, bantu-membantu Kami telah menghalalkan bagimu isteri-isterimu …

Read more

Komitmen (Transaksi)

    1.      DALIL Dalil yang mendasari legalitas komitmen yakni firman Allah Swt. QS. Al-Māidah (5) : 1   يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَوۡفُواْ بِٱلۡعُقُودِۚ أُحِلَّتۡ لَكُم بَهِيمَةُ ٱلۡأَنۡعَٰمِ إِلَّا مَا …

Read more

Akad Nikah

 BAB V PERNIKAHAN A.     PERNIKAHAN 1.      Pengertian Nikah Nikah artinya suatu komitmen yang menghalalkan pergaulan antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan yang bukan mahramnya sehingga menimbulkan terdapatnya hak dan kewajiban …

Read more

Transaksi Perdagangan

BAB VII TRANSAKSI JUAL BELI 1.      Dalil  (QS. Al-Baqarah ayat 275) …وَأَحَلَّ ٱللَّهُ ٱلۡبَيۡعَ وَحَرَّمَ ٱلرِّبَوٰاْۚ …. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. 2.      Definisi Secara bahasa, …

Read more

Kaidah Amar Dan Nahi

  BAB VI   KAIDAH AMAR DAN NAHI     A.    MENGANALISIS KAIDAH AMAR 1.      Pengertian Amar Menurut bahasa amar artinya perintah. Sedangkan berdasarkan ungkapan amar adalah: Tuntutan melaksanakan pekerjaan …

Read more

Khiyar

  1.    DALIL عَنِ ابنِ عُمَرَعَنِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَنَّهُ قَالَ: اِذَا تَبَايَعَ الرَّجُلاَنِ فَكُّلُ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِاْلخِيَارِ مَالَمْ يَتَفَرَّقَا وَكَانَا جَمِيْعًا, اَوْيُخَيْرُاَحَدُهُمَا اْلآخَرَ, فَاِنْ خَيَّرَ اَحَدُهُمَاْ الآَخَرَ, فَتَيَايَعَا عَلى ذلِكَ فَقَدْ وَجَبَ اْلبَيْعُ, وَاِنْ تَفَرَّ قَابَعْدَاَنْ …

Read more