close

Beberap Alat Yang Didapatkan Oleh Benjamin Franklin

Benjamin Franklin (lahir di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790 pada umur 84 tahun) yaitu seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Franklin yaitu orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keterampilan. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus.

 adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di Beberap Alat yang Ditemukan Oleh Benjamin Franklin

Franklin juga yakni salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya “waktu adalah duit” kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena dia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang hingga sekarang karena beliau juga banyak dan tekun menulis. Ia juga terkenal dengan percobaanya perihal listrik (penangkal petir). Dia ialah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat “perpustakaan lazim” pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota. Benjamin Franklin yakni anggota Freemasonry. (Wikipedia)

Berikut ini beberapa alat yang didapatkan oleh Benjamin Franklin:

Glass Armonika

Benjamin Franklin menciptakan alat musik armonika memakai kaca yang ditiup untuk membuat nada yang tepat pada tahun 1761. Armonika cukup populer di Inggris dengan komposer besar seperti Beethoven dan Mozart menggubah musik memakai alat musik tersebut.

Kompor Franklin

Konon, alat mengolah makanan Benjamin Franklin yang didapatkan pada tahun 1742 ini dinilai lebih kondusif dan menciptakan panas dua kali lipat dari kompor kayu biasa. Kompor Franklin mempunyai mirip cerobong di puncaknya dan kotak udara di bagian belakang.

  Pengaruh Gerakan Politik : Media Sayap Kanan Di As

Penangkal Petir

Eksperimen penangkal petir dilaksanakan oleh Franklin pada tahun 1752 dengan pemberian layang-layang yang diterbangkan pada awan bermuatan listrik. Dari percobaannya tersebut, dia menulis bahwa konduktor (penghantar listrik) dengan ujung yang tajam mempunyai kemampuan untuk mempesona muatan listrik dan memiliki jangkauan penarikan yang lebih jauh ketimbang konduktor dengan ujung yang tumpul. Dia menyimpulkan bahwa wawasan akan hal ini ini bisa digunakan untuk melindungi rumah dari bahaya tersambar petir, dengan memasang sebatang besi runcing seruncing jarum dan diberi lapisan anti karat, yang diarahkan ke langit, dan pada kaki besi, diikatkan dengan kabel yang menuju ke tanah. Penangkal petir ini akan mempesona muatan listrik yang ada pada awan menuju ke tanah sehingga muatan yang ada pada awan tidak cukup untuk menimbulkan petir dan kilat.

Lensa Bifokal

Bifokal atau dwipumpun adalah lensa yang memiliki dua titik konsentrasi dan satu titik api. Bagian atas dipakai untuk menyaksikan bagian yang jauh sedangkan bagian bawah untuk melihat bab yang akrab dengan jarak kurang lebih 30 sampai 35 cm dari mata. Pengguna lensa ini lazimnya berusia 40 tahun ke atas. Benjamin Franklin membuat lensa dengan dua titik fokus ini pada tahun 1784. Lensa bifocal memuat dua lensa untuk membaca sekaligus menyaksikan jauh yang dipasang pada satu frame kacamata.

Lensa untuk menyaksikan jauh diposisikan di bab atas, sedangkan lensa untuk membaca diposisikan di bagian bawah.

Odometer

Odometer adalah suatu alat selaku penanda Jarak Tempuh Kendaraan. Odometer digunakan juga untuk mengenali kapan waktunya mengganti oli. Cara bekerjanya secara mekanik atau elektronika. Apabila odometer dalam satuan KM/H, maka angka odometer yang ditunjukkan berupa jarak dalam satuan KM.

  Politik Amerika Serikat Menurut Hukum Ketatanegaraan

Biasanya odometer sering dikaitkan untuk memilih kendaraan tersebut jarang dipakai atau sering digunakan pada ketika kita akan berbelanja mobil atau motor bekas. Odometer diciptakan oleh Franklin pada tahun 1775.

Menjabat selaku Postmaster General, dia berpikir ihwal menemukan rute terbaik untuk mengantarkan surat. Odometer membantu dalam mengukur jarak tempuh kereta kuda yang menjinjing surat.

Kateter

Kateter ialah sebuah pipa panjang, ramping, dan fleksibel terbuat dari bahan yang elastis dan mampu dilihat dengan sinar X. Kateter mempunyai berbagai fungsi, tergantung dari jenis dan karakteristik kateter. Kateter balon adalah kateter yang dapat digunakan untuk memecah endapan lemak pada pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir kembali.

Kateterisasi urin adalah suatu tindakan untuk memasukkan kateter ke dalam kandung kemih melalui uretra. Hal ini dikerjakan hanya dalam kondisi terpaksa, sebab ada risiko masuknya mikroorganisme ke dalam kandung kemih dan kanal kemih.

Ketika kakaknya menderita batu ginjal, Franklin berbagi kateter urin untuknya. Kateter ini adalah yang pertama diproduksi di Amerika.

Beberapa inovasi lain Benjamin Franklin tergolong sirip berenang, lengan panjang untuk meraih buku yang diposisikan pada ketinggian, dan pemetaan