close

Menulis Cerpen Menurut Peristiwa Yang Pernah Dialami

Menulis Cerpen Berdasarkan Peristiwa yang Pernah Dialami – Semua manusia punya dongeng yang dialami selama hidupnya. Setiap hari kita mengalami aneka macam pengalaman yang mewarnai hidup kita. Bermacam peristiwa itu bisa kita abadikan menjadi suatu goresan pena yang berfaedah. Salah satu cara untuk mengabadikan dongeng yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan menulisnya menjadi sebuah cerpen.

Menulis dongeng menurut insiden yang pernah dialami sendiri pasti akan lebih gampang, sebab kita tak perlu mengarang dongeng. Kita cuma perlu mengingat kembali kejadian demi insiden yang pernah kita alami dan menulisnya.

Sebelum menuangkan pengalaman ke dalam suatu cerpen, terlebih dahulu kita mesti mengtahui komponen intrinsik cerpen, yang mencakup tema, alur, penokohan, setting, sudut pandang, dan amanat. Setelah memahami bagian-bagian intrinsik cerpen barulah kita mengawali langkah-langkah untuk menulis cerpen.

Langkah-Langkah Menulis Cerpen
Ada beberapa langkah untuk menulis cerpen menurut peristiwa yang pernah dialami, adalah :

1. Menentukan Tema Cerpen

Untuk memilih tema cerita, kita harus mengingat kembali insiden yang pernah kita alami, dan seleksilah yang dianggap paling menarik, lalu jadikan sebuah tema cerpen.

2. Menentukan Tokoh Cerpen

Setelah menentukan tema cerpen, langkah berikutnya kita tentukan siapa saja tokoh-tokoh yang hendak ditampilkan dalam cerpen. Semua tokoh yang terlibat dalam insiden yang kita alami kita tulis, dan pastikan juga budbahasa tokoh-tokoh yang telah kita pilih.

3. Menetukan Setting/Latar

Langkah selanjutnya, tentukan latar, mulai dari latar tempat, latar waktu dan situasi, yang akan ditampilkan dalam cerpen. Tentunya, sesuai dengan pengalaman yang kita alami.

4. Menyusun Kerangka Peristiwa yang Kita Alami

  Mereka Mengeja Larangan Mengemis | Cerpen Ahmad Tohari

Setelah langkah-langkah di atas kita lakukan, langkah berikutnya yakni menyusun kerangka dongeng. Tulislah inti-inti peristiwa secara runtut dari permulaan sampai kisah rampung.

5. Menguraikan Kerangka Peristiwa

Kerangka yang telah disusun, berikutnya kita kembangkan menjadi suatu cerita utuh. Untuk menyebarkan kerangka gunakan bahasa yang menawan dan gampang diketahui. Gunakan gaya bahasa untuk memberikan kesan lebih pada cerpen

6. Menentukan Judul

Langkah terakhir, tentukanlah judul yang cocok dengan kisah yang kita buat. Pilih kata yang menarik, singkat dan mampu mewakili isi cerpen.

Baca juga  : Contoh Cerpen Berdasarkan Peristiwa yang Pernah Dialami

Demikian pembahasan singkat perihal Menulis Cerpen Berdasarkan Peristiwa yang Pernah Dialami. agar berfaedah.
Selamat Belajar…!!! 🙂