close

Manfaat Sedekah di Hari Jumat

 Manfaat Sedekah di Hari Jumat

Manfaat Sedekah di Hari Jumat

Sedekah merupakan salah satu amalan yg sangat dianjurkan dlm agama Islam. Sedekah tak hanya memberikan manfaat bagi penerima, tetapi pula bagi pemberi. Sedekah dapat memberikan ketenangan hati, melapangkan rezeki, & bahkan dapat menjadi syafaat di akhirat kelak.

Hari Jumat merupakan salah satu hari yg istimewa dlm agama Islam. Pada hari Jumat, umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan shalat Jumat. Selain itu, hari Jumat pula merupakan hari yg baik untuk bersedekah. Sedekah di hari Jumat memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Memperluas Pintu Rezeki

Sedekah dapat membuka & memperluas pintu rezeki. Hal ini sesuai dgn sabda Rasulullah SAW, “Sedekah tak akan mengurangi harta, melainkan akan menambahnya.” (HR. Muslim).

Ketika seseorang bersedekah, ia sebenarnya sedang menunjukkan rasa syukurnya pada Allah SWT atas rezeki yg telah diberikan kepadanya. Dengan rasa syukur tersebut, Allah SWT akan memberikan tambahan rezeki pada orang tersebut.

2. Termasuk dlm Amalan Sholeh

Sedekah merupakan salah satu amalan sholeh yg sangat dicintai oleh Allah SWT. Sedekah dapat menghapus dosa-dosa & kesalahan yg telah dilakukan.

Selain itu, sedekah pula dapat meningkatkan derajat seseorang di sisi Allah SWT. Semakin banyak sedekah yg diberikan, semakin tinggi derajat seseorang di sisi Allah SWT.

  Yuk Cari Tahu Hukum Sedekah Melalui Online dan Lainnya

3. Memiliki Pahala yg Sama Dengan Bulan Ramadhan

Sedekah yg dilakukan di hari Jumat memiliki pahala yg sama dgn sedekah yg dilakukan di bulan Ramadhan. Hal ini sesuai dgn sabda Rasulullah SAW, “Sedekah di bulan Ramadhan pahalanya sama dgn sedekah di hari Jumat.” (HR. Tirmidzi).

Bulan Ramadhan merupakan bulan yg penuh dgn keberkahan & pahala. Oleh karena itu, sedekah yg dilakukan di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yg berlipat ganda.

4. Mendapatkan Pertolongan atau Syafaat pada Hari Akhir

Sedekah dapat menjadi pertolongan atau syafaat bagi seseorang di hari akhir kelak. Hal ini sesuai dgn sabda Rasulullah SAW, “Sedekah dapat menolak bala & memanjangkan umur.” (HR. Tirmidzi).

Ketika seseorang bersedekah, ia sebenarnya sedang menanam kebaikan. Kebaikan tersebut akan menjadi bekal bagi orang tersebut di hari akhir kelak.

5. Selalu Mendapat Karunia yg Berlimpah

Sedekah dapat mendatangkan karunia yg berlimpah dr Allah SWT. Hal ini sesuai dgn sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa yg bersedekah, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya hingga 700 kali lipat.” (HR. Muslim).

Karunia yg diberikan oleh Allah SWT pada orang yg bersedekah dapat berupa rezeki, kesehatan, keselamatan, & kebahagiaan.

6. Merupakan Salah Satu Sunnah Nabi Muhammad SAW

Bersedekah merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Beliau bersabda, “Sedekah itu wajib bagi setiap muslim.” (HR. Bukhari).

Dengan bersedekah, kita dapat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Selain itu, sedekah pula dapat mempererat tali silaturahmi antara sesama umat Islam.

7. Mendatangkan Berkah Rezeki untuk Keluarga

Sedekah dapat mendatangkan berkah rezeki untuk keluarga. Hal ini sesuai dgn sabda Rasulullah SAW, “Sedekah itu dapat menolak bala & mendatangkan rezeki.” (HR. Tirmidzi).

  Hukum Tidak Membayar Fidyah dan Golongan Orang yang Wajib Membayarnya

Ketika seseorang bersedekah, ia sebenarnya sedang menanam kebaikan. Kebaikan tersebut akan menjadi bekal bagi keluarganya di dunia & di akhirat kelak.

8. Mempererat Tali Silaturahmi

Sedekah dapat mempererat tali silaturahmi antara sesama umat Islam. Hal ini sesuai dgn sabda Rasulullah SAW, “Sedekah itu dapat menyambung tali silaturahmi.” (HR. Tirmidzi).

Ketika seseorang bersedekah, ia sebenarnya sedang menunjukkan rasa kasih sayangnya pada sesama. Rasa kasih sayang tersebut akan mempererat tali silaturahmi antara sesama umat Islam.

9. Mendapatkan Kebaikan yg Berlimpah

Sedekah dapat mendatangkan kebaikan yg berlimpah dr Allah SWT. Hal ini sesuai dgn sabda Rasulullah SAW, “Sedekah itu dapat menghapus dosa & mendatangkan pahala.” (HR. Tirmidzi).

Kebaikan yg diberikan oleh Allah SWT pada orang yg bersedekah dapat berupa rezeki, kesehatan, keselamatan, & kebahagiaan.

10. Dapat Mendatangkan Pahala Hingga 700 Kali Lipat

Sedekah dapat mendatangkan pahala hingga 700 kali lipat. Hal ini sesuai dgn sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa yg bersedekah, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya hingga 700 kali lipat.” (HR. Muslim).

Pahala yg diberikan oleh Allah SWT pada orang yg bersedekah sangat besar. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk bersedekah, sekecil apapun itu.

Demikianlah beberapa manfaat sedekah di hari Jumat. Semoga informasi ini bermanfaat & dapat menginspirasi kita semua untuk lebih giat lagi dlm bersedekah.