close

Hukum Tidak Membayar Fidyah dan Golongan Orang yang Wajib Membayarnya

 Hukum Tidak Membayar Fidyah & Golongan Orang yg Wajib Membayarnya

Hukum Tidak Membayar Fidyah & Golongan Orang yg Wajib Membayarnya

Fidyah adalah pengganti ibadah puasa Ramadhan yg tak dapat dilaksanakan oleh umat Muslim karena alasan tertentu. Membayar fidyah hukumnya wajib bagi yg tak mampu melaksanakan puasa Ramadhan & tak dapat menggantinya di lain waktu.

Golongan Orang yg Wajib Membayar Fidyah

Tidak semua orang yg tak berpuasa wajib membayar fidyah. Berikut ini adalah golongan orang yg wajib membayar fidyah:

  1. Orang tua renta yg tak mampu berpuasa karena kondisi fisik yg lemah.
  2. Wanita hamil & menyusui yg tak mampu berpuasa karena kondisi kesehatan.
  3. Orang yg sakit parah & tak mampu berpuasa karena kondisi medis.

Hukum Tidak Membayar Fidyah

Hukum tak membayar fidyah adalah dosa. Fidyah wajib dibayarkan oleh umat Muslim yg tak mampu melaksanakan puasa Ramadhan & tak dapat menggantinya di lain waktu. Tidak membayar fidyah berarti meninggalkan kewajiban yg telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Besaran Fidyah yg Harus Dibayarkan

Besaran fidyah yg harus dibayarkan adalah satu mud makanan pokok untuk setiap hari puasa yg ditinggalkan. Makanan pokok yg dimaksud adalah makanan yg biasa dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Misalnya, di Indonesia, makanan pokok yg biasa dikonsumsi adalah beras.

Satu mud makanan pokok setara dgn 0,6 kg beras. Jika harga beras saat ini adalah Rp8.250 per kilogram, maka besaran fidyah yg harus dibayarkan adalah Rp5.000 untuk setiap hari puasa yg ditinggalkan.

Cara Membayar Fidyah

Fidyah dapat dibayarkan dgn memberikan makanan pokok dengan-cara langsung pada fakir miskin atau dgn membayar uang yg seharga dgn makanan pokok tersebut. Uang fidyah dapat disalurkan melalui badan amal yg amanah seperti Yayasan Yatim Mandiri.

Jika Anda termasuk dlm golongan orang yg wajib membayar fidyah, jangan ragu untuk segera membayarnya. Fidyah adalah kewajiban yg harus ditunaikan oleh umat Muslim yg tak mampu melaksanakan puasa Ramadhan & tak dapat menggantinya di lain waktu.

Dengan membayar fidyah, Anda telah menjalankan kewajiban Anda sebagai umat Muslim & membantu meringankan beban fakir miskin.

  Dalil Zakat dalam Al Quru2019an dan Hadits