close

Kiat Mengendalikan Waktu Ala Orang Berhasil

New York – Orang berhasil ialah orang yang bisa bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin. Sebab, mereka menyadari waktu seimbang dengan duit yang dihasilkan.

Mereka, orang-orang berhasil senantiasa memusatkan perhatian bagaimana bisa mengoptimalkan waktu mereka. Namun, tak jarang banyak orang yang belum memahami hal ini.

Mungkin saja, Anda belum termasuk orang demikian. Namun tak perlu cemas, Anda masih punya potensi untuk berganti lebih baik dan menjadi orang sukses.

Dikutip dari Lifehack, Selasa (2/6/2015) ada 10 cara mempergunakan waktu dengan baik:

1. Delegasikan peran

Orang sukses menyadari bahwa mereka bukanlah orang terbaik dalam segala hal. Maka, mereka pun mencari cara dengan mendapatkan orang-orang terbaik untuk melaksanakan peran mereka.

Mereka memanfaatkan wawasan dan kemampuan orang lain sehingga lebih efektif memecahkan persoalan dan mendapatkan banyak waktu.

2. Memecahkan persoalan

Orang berhasil yakin penghalang yang besar menimbulkan putus asa. Maka, orang sukses pun membuat dinding atau penghalang yang besar menjadi serpihan. Mereka percaya dengan konsistensi membuat sebagian besar waktu mereka terpakai untuk mencapai tujuan yang besar.

3. Memilih prioritas

Beberapa hal mendesak kadang tidak penting. Ada hal yang penting namun tidak mendesak. Orang berhasil membuat pertimbangan, mana saja yang mendesak, penting dan pantas untuk mendapatkan perhatian terlebih dahulu.

4. Memperbaiki kekacauan hidup

Mereka mengerti bahwa waktu akan terbuang percuma dengan obrolan-obrolan kecil. Orang berhasil fokus pada langkah-langkah sehingga mendapatkan hal yang besar.
5. Membuat penilaian atas waktu

Orang berhasil bertanggung jawab atas penggunaan waktu mereka. Mereka melaksanakan penilaian diri dengan menuliskannya di jurnal untuk mengidentifikasi pemborosan waktu dalam hidup mereka.

  Bila Malaikat Izrail Yang Lebih Dahulu Tiba Melamarmu

6. Produktif di waktu luang

Orang berhasil memakai waktu luang untuk mencari laba. Misal, waktu luang di jalan mampu dipakai menyebarkan wawasan dengan audio CD atau berafiliasi dengan klien.

7. Membuat kebiasaan

Mereka memiliki kebiasaan atau acara yang tetap. Orang berhasil mempunyai kegiatan rutin yang tidak melebihi dengan agenda yang diputuskan.

8. Merencanakan aktivitas sehari-hari

Tidak ada yang efektif tanpa penyusunan rencana yang masak. Orang sukses melakukan kegiatan dengan terstruktur dan melaksanakan dengan baik. Mereka melaksanakan hal baik karena merencanakannya jauh-jauh hari.

9. Termotivasi

Orang sukses mengarahkan energi mereka untuk hal-hal yang diminati. Energi dan waktu dihabiskan untuk acara yang sarat gairah alasannya adalah menawarkan penggunaan terbaik dari waktu.

10. Fokus pada aktivitas pada satu waktu

Banyak orang berpikir melakukan aktivitas secara bersama-sama ialah hal yang bagus. Orang sukses tak berpikir demikian. Mereka berpikir meningkatkan efisiensi denggan konsentrasi pada satu peran dengan baik sebelum pergi ke pekerjaan lain.

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2243801/tips-mengontrol-waktu-ala-orang-berhasil?p=1