close

Karangan Singkat Ihwal Hari Kartini Di Kurun Kontemporer

Hai Sobat , apakah Sobat sedang diminta untuk menulis karangan tentang Hari Kartini?

Jika iya, maka beruntunglah Sobat sebab bisa singgah di blog Teks Pidato Tentang Hari Kartini Singkat

Karangan Tentang Kartini Masa Kini

Dalam setiap tahun tepatnya pada tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini. Raden Ajeng Kartini ialah salah satu tokoh sekaligus hero nasional yang banyak berkontribusi untuk Tanah Air Indonesia tersayang.

Kontribusi utama dia utamanya yaitu di bidang pendidikan dan emansipasi perempuan. Perempuan keturuan priayi yang lahir di Mayong, Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April tahun 1879 ini semasa kecilnya suka menulis dan mengritik ketidaksetaraan yang didapat oleh kaum perempuan.

Terang saja, di kala itu, kaum perempuan terbatasi gerak-geriknya oleh tradisi feodal di mana susunan dan struktur masyarakat dikuasai oleh kaum darah biru.

Lebih daripada itu, perkara mirip ijab kabul dini, pernikahan paksa kepada suku Jawa kelas atas dan sulitnya menerima akses pendidikan terus-menerus diderita oleh kaum perempuan.

Namun dengan tulisan inspiratif dan kritis beliau yang lalu dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”, Indonesia dan dunia mulai membangun kepedulian kepada hak wanita.

Di abad kekinian, semangat Kartini perlu terus kita mampu, kita daur ulang serta kita tebarkan kepada seluruh bangsa Indonesia, baik bagi generasi muda maupun masyarakat kebanyakan.

Kartini kurun kini sudah lebih kompleks dan luwes. Bukti dari keluwesan tersebut yaitu; para wanita di Indonesia terutama sudah mendapatkan hak-hak yang setara dengan laki-laki, baik dari sisi pendidikan, pinjaman hukum, hingga keleluasaan berpendapat.

  Download Buku Pai Kelas 6 Sd Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Pdf

Contoh nyatanya di lapangan sepertinya banyaknya perempuan yang sekolah tinggi sampai keluar negeri, wanita yang menjadi pemimpin bahkan presiden, relawan dari golongan wanita, dan segenap profesi-profesi terkemuka lainnya.

Namun demikian, Kartini periode sekarang masih cukup tercoreng dengan maraknya kasus kekerasan kepada kaum perempuan yang berkembangtajam.

Menurut data dari Komnas Perempuan, Kumpulan Pertanyaan Seputar Hari Kartini Beserta Jawabannya

Demikianlah tadi sajian Gurupenyemangat.com ihwal karangan singkat bernuansa Hari Kartini mulai dari sejarah, makna, sampai Kartini Masa Kini.

Semoga bermanfaat ya.
Salam.