close

Internet Dan Informatika Kedokteran

Internet Dan Informatika Kedokteran 
Sejarah internet
Sebelumnya kita mengenal apa itu internet dan apa sebenarnya informatika kedokteran, alangkah baiknya kita mengenal sejarah dan kemajuan internet serta fungsi dan keuntungannya.
Rasanya sangat susah bagi kita untuk melewatkan kebiasaan browsing, chating ataupun sekedar mengambil atau mendownload e-mail. Padahal dahulu sebelum Internet ini menjamur dan merajalela diseantero jagad raya ini komputer yang kita gunakan sebatas untuk menjumlah, menulis ataupun menciptakan rancangan untuk penerbitan dan juga untuk pekerjaan observasi yang memberlukan alat bantu ini. Namun kini setelah Internet menggema seolah tidak lepas dari media komunikasi ini. Coba kita bayangkan surat yang yang kita tulis kini, maka selang beberapa menit bahkan detik jawabannya telah mampu kita terima lagi. Begitu juga bila kita berbelanja di mana saja dan kapan saja, maka barang yang kita butuhkan segera diantardalam waktu sikat. 
Pada mulanya Internet cuma terdiri dari beberapa jaringan komputer kecil yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika yang disebut ARPANET untuk tujuan riset, yakni sekitar tahun 1969. Saat sekarang, internet bukan lagi sekedar jaringan yang meliputi Amerika dan Eropa, tetapi sudah mencakup seluruh bab dunia, termasuk Indonesia. Internet ini kalau kita iratkan seperti jalan raya, ada jalan protokol, jalan bebas hambatan, ada pula jalan utama, jalan kecil hingga gang kecil yang ada disuatu peloksok desa. Maka Internet pun mempunyai “jalur” utama. Jalur utama ini dalam Internet ini sering disebut dengan backbone. Dengan backbone ini akan terhubung banyak jaringan komputer diseluruh dunia baik jaringan LAN (Local Area Network) maupun jaringan WAN (Wide Area Network). Backbone Internet yang ada di Eropa dan Jepang terhubung ke Backbone yang ada di Amerika. Namun sayangnya di Indonesia belum ada backbone Internet, sehingga sebagian besar Internet Service Provider langsung menghubungkan jaringan mereka ke backbone di Amerika atau negara lain.
Apa fungsi internet ? Pada umumnya penduduk luas mempergunakan internet sebagai media informasi untuk kehidupan langsung : kesehatan, wisata, hobby, pengembangan langsung, rohani, dan sosial. Dan selaku media informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, info bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan aneka macam forum komunikasi.
Apa itu informatika kedokteran
Disiplin ilmu yang bekerjasama dengan penyimpanan, penarikan dan penggunaan data, isu, serta pengetahuan biomedis secara maksimal untuk tujuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
Pengaruhnya pada dunia kedokteran
Diperkirakan setiap hari penggemar gres internet mampu mencapai jumlah ribuan, sungguh bergairah. Sehingga pada simpulan tahun 2000 tidak kurang dari 200.000.000 orang telah memanfaatkan internet. Dunia kedokteran tidak luput dari efek pertumbuhan ini. Berbagai publikasi sekarang lebih gampang diperoleh, aneka macam fasilitas pendidikan ataupun simulasi kedokteran telah mulai bermunculan, baik untuk kelompok medis maupun khusus untuk pasien/orang awam. Dalam abad tahun-tahun mendatang, sarana sumber info semakin berkembang, untuk kepentingan pendidikan, ataupun untuk kepentingan pendidikan, ataupun untuk kepentingan pengobatan pasien. Dengan adanya kemajuan ini, maka salah satu karenanya adalah peranan dokter sebagai sumber gosip untuk pasien menjadi tidak mayoritas lagi, karena segala info perihal penyakit danpenatalaksanaannya mampu diperoleh secara terperinci dan lengkap melalui internet oleh siapa saja. 
Sebagaimana bahasan diatas, sebenarnya fungsi utama Informatika kedokteran adalah :
  • Rekam medik elektronika
  • Sistem penunjang keputusan medis
  • Sistem info kedokteran/ rumah sakit
  • Pemanfaatan internet dan intranet dalam pendidikan kedokteran
  • Mendukung pengelolaan wawasan kedokteran
  Terangkan Tujuan Pembentukan Pakta Warsawa