close

Interferometer Michelson Dan Penemunya

 adalah salah satu jenis dari interferometer Interferometer Michelson  dan Penemunya

Interferometer Michelson yaitu salah satu jenis dari interferometer, ialah suatu alat yang digunakan untuk menciptakan sebuah acuan interferensi. Interferometer Michelson merupakan alat yang paling biasa dipakai dalam mengukur teladan interferensi untuk bidang optik.

Sebuah pola interferensi dihasilkan dengan membagi seberkas cahaya memakai suatu alat yang berjulukan pembagi sinar (beam splitter). Interferensi terjadi ketika dua buah cahaya yang telah dibagi digabungkan kembali. Seperti halnya celah ganda Young, interferometer Michelson mengambil cahaya monokromatik yang berasal dari suatu sumber tunggal dan membaginya ke dalam dua gelombang yang mengikuti lintasan-lintasan yang berlainan.

Interferometer ditemukan oleh Albert Abraham Michelson. Albert Abraham Michelson (lahir di Strzelno, Kerajaan Prusia, 19 Desember 1852 – meninggal di Pasadena, California, Amerika Serikat, 9 Mei 1931 pada umur 78 tahun) ialah seorang fisikawan yang hasil penemuannya secara akurat memilih laju cahaya menyokong teori relativitas Albert Einstein. Dianggap selaku penemuan kunci dalam sejarah ilmiah, penemuan itu dibuat pada alat yang ditemukannya dan sekarang digunakan pada kadar panjang gelombang spektrum. Ia pindah ke Amerika Serikat dan yakni orang pertama Amerika yang mengungguli Hadiah Nobel Fisika (1907).

Interferometer Michelson dipakai oleh Michelson untuk percobaan Michelson-Morley bareng dengan Edward Morley. Dalam satu versi percobaan Michelson-Morley, interferometer memakai cahaya bintang selaku sumber cahaya. Cahaya bintang yakni cahaya yang memiliki koherensi temporal, tetapi titik sumber cahaya itu memiliki koherensi spasial dan akan menghasilkan suatu acuan interferensi.

  Sound Level Meter: Pengertian Dan Cara Penggunaan