close

Samuel Watson – Penemu Stopwach

 adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam kegiatan Samuel Watson - Penemu Stopwach

Jam sukat atau jam randek (bahasa Inggris: stopwatch) yakni alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diharapkan dalam kegiatan, misalnya: berapa usang sebuah kendaraan beroda empat dapat meraih jarak 60 km, atau berapa waktu yang diperlukan seorang pelari yang mampu meraih jarak 100 meter?

Jam sukat ada dua macam yaitu jam sukat analog dan jam sukat digital/bergana.jam sukat analog mempunyai batas kecermatan 0,1sekonsedangkan jam sukat digital mempunyai batas kecermatan sampai 0,01

Dikutip dari en.wikipedia.org, Stopwatch pertama kali didapatkan oleh Samuel Watson (1687-1710), seorang horologist (pembuat jam) yang memperoleh repeater 5 menit. Ia menciptakan jam untuk Raja Charles II dan merupakan rekan Isaac Newton.

Pada 1695 Samuel “The Stopwatch” Watson menciptakan jam Pulse Dokter yang ialah jam tangan pertama dengan tuas yang menghentikan tangan kedua. Pada tahun 1710 Samuel Watson menemukan repeater 5 menit.

Salah satu jam astronomisnya mampu dilihat di perpustakaan kastil Windsor. Pada 1686 ia yakni sheriff dari Coventry, sebelum pindah ke Long Acre, London pada 1690/91.

  Pemahaman Airspeed Indicator (Indikator Kecepatan Udara)