Grafika Komputer
Memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari faktor radiometrik (kenaikan kontras, transformasi warna, restorasi gambaran) dan dari aspek geometrik (rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik)
Melakukan penyeleksian citra ciri (feature images) yang maksimal untuk tujuan analisis
Melakukan proses penarikan berita atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra
Resolusi yaitu jumlah titik (pixel) percentimeter yang dapat ditempatkan berdasarkan arah horizontal dan vertikal contohnya 800 x 600 pixel.
Kita mampu merepresentasikan 3 transformasi dalam suatu matriks tunggal.
– Operasi yang dikerjakan ialah perkalian matriks
– Tidak ada penanganan khusus ketika mentransformasikan suatu titik : matriks vector
– Transformasi gabungan : matriks matriks
Tranformasi Gabungan :
– Rotasi selaku titik perubahan : translasi – rotasi – translai
– Skala sebgai titik pergantian : translasi – skala – translasi
– Perubahan sistem koordinat : translasi – rotasi – skala
Garis ialah kumpulan titik-titik yang tersusun sedemikian rupa sehingga memiliki pangkal dan ujung.
Suatu titik pada layar terletak pada posisi (x,y), untuk menggambarkannya plot suatu pixel dengan posisi yang berkesesuaian
Texture Mapping in OpenGL
• Allows you to modify the color of a polygon surface
• Textures are simply rectangular arrays of data (color, luminance, color+alpha). Individual values in a texture are called texels
The OpenGL Shading Language
This section provides an overview of the shading language used within OpenGL, commonly called GLSL. GLSL shares many traits with C++ and Java, and is used for authoring both vertex and fragment shaders, although certain features are only available for one type of shader. We will first describe GLSL’s requirements, types, and other language constructs that are shared between vertex and fragment shaders, and then discuss the features unique to each type of shader.