close

Gara Gara Batu Akik Situs Gunung Padang Harus Diamankan

menghimbau setiap orang yang masuk kawasan situs dilarang mengambil batu situs Gara Gara Batu Akik Situs Gunung Padang Harus Diamankan

Mentari Pagi di Ufuk Timur Gunung Padang (photo :Widhie)

Gara-Gara Batu Akik 
Khawatir demam batu akik sampai merambah ke Situs Gunung Padang, Juru kunci senantiasa memberikan larangan mengambil kerikil yang ada di lokasi situs Gunung Padang di Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Tindakan tersebut harus dikerjakan mengingat banyaknya penduduk yang saat ini tengah mencari watu akik.


Diakui Nanang, sejauh ini belum didapatkan warga yang berani mengambil batu situs untuk dijadikan kerikil akik. Kalaupun hingga ditemukan pihaknya akan menyita dan mengembalikan benda cagar budaya itu.

“Praktis-mudahan jangan hingga ada yang nekad, kami selalu informasikan terhadap pengunjung mengenai larang itu. Karena kerikil situs itu merupakan benda cagar budaya yang mesti dijaga dan dilestarikan,” katanya.


Kendati belum ada pemburu watu akik yang sampai ke situs Gunung Padang, namun banyak juga warga yang mengejar-ngejar batu akik di sungai dibawah situs Gunung Padang. Kalau itu dikerjakan, pihaknya tidak akan melarangnya, alasannya adalah lokasinya diluar areal situs.

“Kalau diluar areal situs khususnya di sungai banyak juga yang mengejar watu akik. Saya juga sendiri makai kerikil dari sungai dibawah situs,” kata Nanang.

Warga yang mengejar-ngejar batu akik disungai pada umumnya warga sekitar situs. Tapi ada juga yang tiba dari luar kawasan. “Yang niscaya kita akan melarang kalau hingga ada warga yang hingga mencari watu akik ke areal situs. Diluar itu kami tidak akan melarangnya,” katanya.¬†

Sumber : Pikiran-Rakyat (Bisri Mustofa/A-89)

  Sejarah Topeng Dan Lenong Betawi