Etika Dalam Administrasi Sumber Daya Insan

Etika Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia 
Etika merupakan cara berpikir tentang sikap manusia di bawah pangkal tolak pandangan baik dan jelek atau benar dan salah dari norma-norma dan nilai-nilai, pertanggungjawaban dan pilihan. Dalam dunia bisnis akhlak memeiliki peranan yang sangat penting saat laba bukan lagi menjadi satu-satunya tujuan organisasi. Bisnis juga akan menjadi lebih sukses bila memiliki perhatian pada etika, karena hal ini akan meningkatkan reputasi organisasi dan mengembangkan motivasi karyawan serta mampu menghemat banyak sekali kerugian akhir sikap yang kurang etis yang dilaksanakan oleh karyawan. Perilaku yang tidak etis seperti minum-minuman keras, penggunaan obat-obatan terlarang di temapt kerja, penyalahgunaan email, tidak melaporkan pelanggaran karyawan lain terhadap manajemen, serta banyak sekali pelanggaraan budpekerti lainnya. Hal ini dapat menjadi sesuatu yang serius mengenang perilaku yang tidak etis dapat mempunyai kecenderungan kearah tindakan kriminal serta sikap lain yang merugikan perusahaan, naik finansial maupun nonfinansial. Banyak karena yang menjadikan perilaku yang tidak etis yang ditunjukkan karyawan tersebut muncul. Hal ini terkait pada individu karyawan saja, tetapi juga menyangkut keseluruhan proses dalam organisasi. Dalam hal ini administrasi sumber daya insan memiliki peran penting untuk menjamin bahwa organisasi bertindak secara fair danetis karyawan , klien, serta stakeholder yang lain. Manajemen sumber daya manusia memainkan peran penting dalam menolong organisasi untuk meningkatkan nilai-nilai adab organisasi. Manajemen ialah pendorong organisasi dalam usaha melatih karyawan biar memiliki budpekerti bisnis yang cocok dengan organisasi, sehingga langkah-langkah kurang etis dapat di cegah. Fungsi manajemen sumber daya insan yaitu melindungi organisasi dari langkah-langkah yang tidak etis dari karyawan. Manajemen sumber daya insan juga bertanggung jawab dalam usaha-perjuangan organisasi untuk menanggulangi adab sikap, dapat mampu menjadi penggerak dalam organisasi dalam menanggani berita-gosip budpekerti, serta bertanggung jawab dalam pengembangan dan pelatihan tentang pentingnya peningkatan adab karyawan.
Pengertian Etika 
Untuk mengetahui apakah “ adat “ maka perlu membandingkanny dengan moralitas. Baik budpekerti dan moralitas sering digunakan secara dapatdipertukarkan dengan pengertian yang sering disamakan begitu saja.Sehubungan dengan hal tersebut, secara teoritis dapat membedakan dupengertian akhlak —ئ yaitu berasal dari bahasa Yunani “ Ethos “ berarti budbahasa istiadat atau kebiasaan. Sehingga dalam pemahaman ini, adat berhubungan dengan kebiasaan hidup yang baik, baik pada diri seseorang maupun suatu penduduk atau golongan masyarakat. Hal ini berarti akhlak berhubungan dengan nilai-nilai, sistem hidup yang baik, aturan hidup yang baik, dan segala kebiasan yang dianut dan diwariskan dari satu orang ke orang lain atau dari satu generasi ke generasi yang lainnya.
Pengertian tersebut relatif sama dengan moralitas. Moralitas berasal dari bahasa latin “Mos” yang dalam bentuk jamaknya “ Mores” memiliki arti etika istiadat atau kebiasaan. Kaprikornus pengeertai secara lazim , adab dan moralitas ,sama-sama berarti tata cara nilai perihal bagaimana insan harus hidup baik sebagai insan yang telah di institusinalisasikan dalam suatu adat kebiasaan yang kemudian terwujud dalam acuan sikap yang konsisten dan berulang dalam masa waktu yang usang sebaimana layaknya suatu kebiasaan.
Kedua, budpekerti juga diketahui dalam pengertian yang sekaligus berlawanan dengan moralitas. Dalam pengertian kedua ini akhlak memiliki pemahaman yang jauh lebih luas dari moralitas dan budbahasa dalam pemahaman pertama diatas. Etika dalam pengertian kedua ini selaku filsafat adab , atau ilmu yang membahas nilai dan noerma yang diberikan oleh moralitas dan budbahasa dalam pemahaman pertama. Dengan demikian, adab dalam pengertian yang pertama terdiri dari nilai dan norma-norma konkrit yang menjadi fatwa dan pegangan hisup manunia dalam kehidupanya. Hal ini berhubungan dengan perintah dan larangan langsung yang konkret. Dan pengertain akhlak pada kedua adalah lebih normatif dan oleh alasannya itu mengikat setiap eksklusif manusia.Dengan demikian, adab dalam pemahaman kedua mampu dirumuskan sebagai refleksi kritis dan rasional tentang :
a. nilai dan norma yang menyangkut bagaimana insan mesti hidup baik selaku manusia .
b.problem-masalah kehidupan manusia dengan mendasarkan diri pada nilai dan norma-norma budpekerti yang umum diterima. 
Menurut Magnis Suseno , Etika adalah Sebuah ilmu dan bukan aliran, yang menurutnya ialah adab dalam pemahaman kedua. Sebagai ilmu yang khususnya menitik-beratkan refleksi kritis dan rasional, budpekerti dalam kedua ini mempersoalkan apakah nilai dan norma budpekerti tertentu harus dikerjakan dalam siuasi faktual tertentu yang dihadapai seseorang. Sehingga , budbahasa memerlukan evaluasi kritis atas semua seluruh suasana yang terkait. Dibutuhkan semua gosip seluas dan selengkap mungkin baik menyangkut nilai dan norma sopan santun, maupun info empiris perihal situasi yang bahkan belum terjadi atau telah terjadi untuk memungkinkan seseorang.mampu mengambil keputusan yang sempurna, baik wacana tindakan yang hendak dikerjakan maupun ihwal tindkan yang telah dilakukan oleh pihak tertentu. Dalam hal ini, masuk beberapa pertimbangan tentang : motif, tujuan, akibat pihak terkait, dampaknya, besarnya resiko jika dibandingkan faedah, keadaan prsikis pelaku, langkah-langkah intelegensi dan sebagainya.
Dalam bahasa Kant, adab berusaha membangkitkan kesadaran manusia untuk bertindak seara otonom dan bukan secara heteronom. Etika bermaksud menolong manusia untuk bertindak secara bebas tetapi mampu dipertanggung-jawabkan. Kebebasan dan tanggung-jawab yaitu unsure pokok dari otonomi watak yang ialah salaah satu prinsip utama moralitas, tergolong budbahasa.
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen SDM (sumber daya manusia) ialah sebuah proses mengatasi banyak sekali problem pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja yang lain, untuk mampu menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi meraih tujuan yang telah ditentukan.
Bagian atau unit yang lazimnya mengurusi SDM adalah departemen sumber daya insan atau HRD (human resource department).
Menurut A.F. Stoner, manajemen SDM ialah sebuah prosedur yang berkelanjutan, yang bertujuan untuk menyuplai suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang sempurna untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada ketika organisasi memerlukannya.
Fungsi operasional dalam Manajemen SDM ialah dasar pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
Fungsi operasional tersebut terbagi lima, secara singkat selaku berikut:
1. Fungsi Pengadaan, yakni proses penarikan seleksi,penempatan,orientasi,dan induksi untuk menerima karyawan yang tepat keperluan perusahaan (the right man in the right place).
2. Fungsi Pengembangan, adalah proses kenaikan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan budbahasa karyawan lewat pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kala sekarang maupun kala depan.
3. Fungsi Kompensasi, yaitu pemberian balas jasa pribadi dan tidak lansung berupa duit atau barang kepada karyawan selaku imbal jasa (output) yang diberikannya terhadap perusahaan. Prinsip kompensasi adalah adil dan patut sesuai prestasi dan tanggung jawab karyawan tersebut.
4. Fungsi Pengintegrasian, adalah acara untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, sehingga tercipta koordinasi yang serasi dan saling menguntungkan. Dimana Pengintegrasian adalah hal yang penting dan susah dalam Manajemen SDM, sebab mempersatukan dua aspirasi/kepentingan yang bertolak belakang antara karyawan dan perusahaan.
5. Fungsi Pemeliharaan, adalah aktivitas untuk memelihara atau meningkatkan keadaan fisik, mental dan loyalitas karyawan supaya tercipta kekerabatan jangka panjang. Pemeliharaan yang bagus dijalankan dengan acara K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) .
Tidak mampu dibantah, pergeseran teknologi yang sungguh cepat, memaksa organisasi untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan usahanya. Perubahan tersebut telah memindah fungsi-fungsi manajemen SDM yang selama ini cuma dianggap sebagai kegiatan administrasi, yang berhubungan dengan perekrutan pegawai staffing, coordinating yang dikerjakan oleh bagian personalia saja. Saat ini administrasi SDM berganti dan fungsi keutamaan yang bangun sendiri menjadi fungsi yang terintegrasi dengan seluruh fungsi yang lain di dalam organisasi, untuk tolong-menolong meraih target yang sudah ditetapkan serta memiliki fungsi perencanaan yang sungguh strategik dalam organisasi, dengan kata lain fungsi SDM usang menjadi lebih bersifat strategik. Oleh alasannya adalah itu, administrasi SDM mempunyai kewajiban untuk mengetahui perubahan yang makin komplek yang senantiasa terjadi di lingkungan bisnis. Ia juga mesti mengantisipasi pergantian teknologi, dan mengerti dimensi internasional yang mulai memasuki bisnis, akibat gosip yang meningkat cepat. Perubahan paradigma dari administrasi SDM tersebut sudah memberikan fokus yang berbeda dalam melaksanakan fungsinya didalam organisasi. Ada kecenderungan untuk mengakui pentingnya SDM dalam organisasi dan pemusatan perhatian pada bantuan fungsi SDM bagi keberhasilan pencapaian tujuan seni manajemen perusahaan. Hal ini dapat dilakukan perusahaan dengan mengintegrasikan pembuatan keputusan strateginya dengan fungsi-fungsi SDM. Dengan demikian, maka akan semakin besar kesempatan untuk menemukan keberhasilan.
Berdasarkan uraian pemahaman budbahasa dan administrasi sumber daya insan maka akhlak administrasi sumber daya manusia mampu diartikan selaku ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip adab tehadap hunungan dengan sumber daya manusia dan kegiataannya.
Konsekuensi Dari Perilaku Yang Tidak Etis
Perilaku etis sungguh penting dalam keberhasilan bisnis jangka panjang. Tapi bila yang muncul dan tumbuh ialah sikap yang tidak etis maka akan berakibat yang tidak harapkan. Dilihat dari dua perspektif ialah perspektif mikro dan perspeltif makro. Perspektif mikro budbahasa diasosiasikan dengan adanya dogma. Kepercayaan yang dibangun melalui perilaku budbahasa akan menghipnotis kekerabatan perusahaan dengan supplier, customer maupun dengan karyawan.Apabila keyakinan dibangun melakui sikap yang tidak etis maka keyakinan customer akan menyusut terhadap karyawan maupun organisasi. Sedangkan perspektif makro etika meliputi suap-menyuap, paksaan, penyalahgunaan info, pencurian dan diskriminasi akan menyebabkan inefisiensi dalam pengalokasian sumberdaya.
Sebab Perilaku Yang Tidak Etis
Penyebab sikap tidak etis meliputi tiga faktor yakni:karyawan memiliki kemampuan kognitif yang rendah menimbulkan tingkat penerimaan yang kurang baik, adanya pengaruh orang lain, keluarga ataupun norma sosial menjadi lebih menentukan dalam mempengaruhi perilaku karyawan, adanya ethical dilemma ialah suasana yang mengakibatkan adanya opsi-opsi yang muncul yang memiliki peluang menghasilkan perilaku yang tidak mampu diterima, ethical dilemma muncul dikarena adanya ketidaksesuaian antara personel, organisasional dan profesional. 
Konsep Etika Bukan Sekedar Kode Etik
Kode etik menetapkan hukum kehidupan organisasi, tergolong tanggung-jawab professional, pengembangan professional, kepemimpinan yang etis, kejujuran dan keadilan, konflik kepentingan, dan megunakan isu. Banyak organisasi yang mempunyai isyarat etik yang formal dalam organisasi namun pengaruh instruksi etik dalam perilaku anggotanya perlu dipertanyakan. Banyak anggota yang menganggap instruksi etik cuma sebagai hiasan saja. Kode etik perusahaan tidak akan efektif bila tidak didukung dengan norma-norma informal yang berlaku. Bagaimanapun juga kode etik harus sesuai dengan norma-norma dalam organisasi , disebarluaskan terhadap karyawan dan betul-betul dikerjakan. Kode etik perusahaan belum mampu mampu membangun suatu peusahaan etis. Oleh karena itu perlu adanya desain akhlak yang masak yang tidak cuma bisa mengurangi kerugian yang berakibatkan sikap karyawann yang tidak etis, namun juga menciptakan sebuah konsep etika yang bisa membangun budaya etis organisasial.
Salah satu prinsip dasar dari instruksi etik perhimpunan Manajer SDM dan Standar Profesional dalam MSDM ditetapkan bahwa ” Sebagai Profesioanl SDM, memiliki tanggung-jawab untuk menunjukkan nilai tambah pada organisasi yang dilayani dan memberikan kontribusi bagi kesuksesan budbahasa organisasi”.
Manajer SDM mampu membantu mendorong budaya etis, artinya lebih dari sekedar menggantung poster instruksi etik di dinding. Sebaliknya, sebab pekerjaan utama profesional SDM adalah berhubungan dengan orang, mereka mesti menolong untuk mempraktekkan akhlak ke dalam budaya perusahaan. Mereka perlu membantu membangun lingkungan di mana karyawan bekerja di seluruh organisasi untuk mengurangi penyimpangan budpekerti.
Perencanaan Strategi Konsep Etika
Manajemen sumber daya manusia tidak hanya berperan selaku penyusunan aba-aba etik perusahaan, merncanakan sumber daya insan yang etis yang bisa menciptakan nilai tambah ekonomi juga mesti berperan sebagai perencanaan seni manajemen konsep akhlak.langkah-langkahnya:
1. Menentukan patokan budbahasa yang ingin ditanamkan.
2. Mengindentifikasi aspek-aspek etis kritikal yang mampu digunakan dalam mendorongnya rancangan adab perusahaan.
3. Mengindentifikasi kesanggupan, prosedur, kompetensiyang dibutuhkan.
4. Mengintegrasikan konsep budbahasa dalam strategi bisnis yang dijalankan.
5. Mengembangkan tindakan positif yang mampu digunakan dalam mengimplementasikan, memantau dan memeriksa rancangan adab yang dilakukan.
Implementasi Konsep Etika Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya insan, rancangan adab dapat di implementasikan dalam bentuk pengawasan organisasaional yang didasarkan pada sosialisasi aturan-aturan, memonitor perilaku dan disilpin karyawan, serta mempengaruhi perilaku lewat perlindungan eksekusi bagi mereka yang sering melanggar adat. Penerapan yang terlalu besar lengan berkuasa pada konsep etika yang berorentasi pada pemenuhan etika tersebut, mempunyai akhir yang kurang baik pada outcome yang dihasilkan, karena perhatian karyawan akan tertumpu pada usaha-perjuangan untuk menghindari hukuman saja. Dengan demikian, hanya akan tercipta atmosfir dimana karyawan berusaha untuk tidak tekena eksekusi, sedangkan cita-cita ataupun cita-cita untuk memajukan mentalitas yamg lebih etis dan bermoral mungkin kurang dapat diwujudkan. Pemenuhan akhlak secara lazim dapat menolong menghemat pelanggaran akhlak meskipun tidak memiliki derajat yang serupa dengan desain adab yang berorentasi pada penanaman nilai-nilai budpekerti.
Tujuan utama dalam konsep penanaman nilai-nilai budpekerti ini bukan untuk kedisiplinan, tetapi lebih pada usaha-usaha untuk memajukan kepedulian karyawan terhadap perkembangan nilai-nilai akhlak yang lebih mempunyai arti. Tujuan tersebut disosialiasasikan dengan adanya sharing nilai-nilai budbahasa dalam organisasi. Dalam hai ini setiap anggota organisasi memiliki status yang sama. Dengan begitu organisasi membawa kesepakatan bersama yamg diaplikasikan secara sama pada semua anggota. Karena karyawan mendapat perhatian atas kontribusinya, maka mereka akan merasa besar hati dengan nilai-nilai budpekerti dalam organisasi.
Konsep penanaman nilai-nilai budpekerti lebih menekankan pada kegiatan-acara yang membantu karyawan dalam pembuatan keputusan, menawarkan pesan yang tersirat-pesan yang tersirat dan konsultasi akhlak, serta mendukung konsensus mengenai adat bisnis. Manajemen sumber daya insan memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan antara penanaman nilai-nilai akhlak dan pemenuhan akhlak tersebut. 
Implementasi konsep budbahasa mesti bisa diintegrasikan dalam setiap aktivitas administrasi sumber daya insan. Adanya konsistensi antara kebijakan dan praktek dibutuhkan dapat menyingkir dari persepsi yang ambigu yang diterima karyawan. Sebagai contoh, bila karyawan didorong untuk melaksanakan suatu patokan etiak tertentu, tetapi standar tersebut tidak diintegrasikan dalam standar penilaian kinerja, reward, metode kompensasi serta tata cara administrasi sumber daya manusia lainnya, maka akan menimbulkan perasaan ketidakadilan bagi karyawan. Dengan mengintegrasikan program etika ke dalam fungsi-fungsi organisasional diperlukan akan menimbulkan pelaksanaan desain akhlak menjadi lebih efektif.
Hak-hak yang mesti dipenuhi selaku seorang karyawan supaya rancangan etika mampu menciptakan keputusan yang etis setiap level administrasi sumber daya manusia yaitu
1. Hak atas pekerjaan , kerja merupakan hak asasi insan alasannya adalah dengan hak akan hidup.
2. Hak atas upah yang adil sehingga tidak ada diskrimanitif dalam derma upah.
3. Hak untuk berserikat dan berkumpul, mampu menjadi media advokasi bagi pekerja.
4. Hak un tuk perlindungan keamanan dan kesehatan.
5. Hak untuk diproses hukum secara sah, hak untuk diperlakukan sama.
6. Hak atas rahasia eksklusif.
7. Hak atas keleluasaan bunyi hati.
Walaupun hak-hak para pekerja sudah di penuhi kadang terjadi suatu permasalahan-permasalahan yang di alami oleh para pekerja ialah
1. Kolusi bentuk penyogokan yang terjadi pada kandidat karyawan yang ingin naik jabatan (penawaran spesial jabatan).
2. Lamaran potensi kerja yang mencantumkan agama dan ras suku pada media massa.
3. Pelatihan-pembinaan (pembinaan) yang dijalankan hanya menurut untuk menerima proyek tender saja. Kaprikornus training dilaksanakan tidak menurut keperluan yang ada.
4. Pemberian hasil evaluasi psikologis (ex: psikotest) terhadap seseorang yang berada di luar bidang yang berwenang. Contohnya, bantuan hasil penilaian psikologis yang dimiliki secara otoritas oleh bidang HRD dalam proses acara rekrutmen terhadap di luar bidang HRD.
5. Pemberitahuan besaran nominal jumlah gaji terhadap pihak yang tidak berwenang.
Penjelasan dari problem diatas, persoalan pertama tergolong dalam permasalahan adat terkait dengan satu diantara tiga pengertian akhlak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1988), yaitu nilai mengenai benar dan salah yang dianut sebuah golongan atau bermasyarakat. Perilaku kolusi menyogok jelas sekali ialah langkah-langkah jalur pintas demi meraih maksudnya. Jalan pintas yang dikerjakan bergotong-royong tidak akan menjadi dilema jikalau dilakukan dalam kerangka norma kebaikan yang dapat diterima oleh masyarakat. Namun, permasalahannya yakni jalan pintas yang digunakan bertentangan dengan norma kebaikan yang sebaiknya tertera dalam kehidupan bermasyarakat. Perjalanan untuk meraih sebuah tujuan yang bagus haruslah pula menggunakan cara yang baik. Cara yang bagus itu ialah dengan memperlihatkan perjuangan yang optimal melalui kemampuan dirinya sendiri. Sehingga, penawaran khusus jabatan itu didapat lewat keringatnya sendiri bukan menurut bagian lain yang menyalahi noma kebaikan yang berlaku.
Problem adat yang kedua berhubungan bersahabat dengan pemahaman adat lainnya (masih dalam pemahaman Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988) ialah, ilmu tentang yang baik dan apa yang jelek. Norma baik yang tertanam dalam masyarakat lazim ialah tidaklah etis ketika pencantuman hal-hal yang bersifat langsung dicantumkan dalam media massa yang melibatkan banyak sekali macam kelompok pihak. Sehingga dikala pencatuman tersebut dalam hal ini yakni ras agama ditampilkan, maka pasti mengakibatkan ketidaksukaan penduduk akan hal tersebut. Lagi pula pencantuman kedua hal tersebut tidaklah menjadi hal esensi dalam kompetensi yang diperlukan dalam suatu pekerjaan..
Permasalahan ketiga juga tergolong persoalan adab dalam klasifikasi pemahaman kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan etika. Dalam aba-aba etik yang ditetapkan dalam dunia SDM tidak dibenarkan bila pelaksanaan pelatihan hanya dilaksanakan semata-mata untuk proyek saja. Buat apa menghabiskan banyak uang atau mendulang banyak uang, tetapi tujuan sebenarnya dari pembinaan tidaklah didapat. Jadi, training hanya formalitas kegiatan saja. Hal itu pastinya merendahkan martabat.pelatihan itu sendiri. Berkaitan dengan hal itulah berdasarkan kalangan kami, isyarat etik itu ditetapkan.
Permasalahan keempat ini juga tergolong dalam akhlak dalam klasifikasi pengertian kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan adab. Tidak etis saat sumber data tentang deskripsi psikologis yang dimiliki oleh seseorang dikenali oleh banyak pihak. Pengetahuan akan deskripsi psikologis tersebut haruslah memikirkan izin dari orang bersangkutan yang mempunyai deskripsi psikologis tersebut dan tujuan yang terperinci kenapa data tersebut diperlukan. Selama kedua usulantersebut tidak ada, maka langkah-langkah mengenali hasil data deskripsi psikologis tersebut tidak dibenarkan (tidak etis).
Problem kelima ialah persoalan budbahasa dalam pemahaman yang serupa seperti sebelumnya, adalah kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan budpekerti. Gaji ialah ranah area pribadi yang secara etis dimengerti oleh orang yang bersangkutan saja dan pihak diatas yang mengurus keuangan penggajian. Suatu hal langsung terang tidak diperkenankan untuk dimengerti oleh pihak lain tanpa seizin dari pihak yang mempunyai otoritas. Pemahaman itulah yang menjadi kumpulan dari nilai-nilai yang terbentuk dalam suatu masyarakat sehingga membentuk perilaku adat mirip apa yang seharusnya dilakukan.
Cara yang dikerjakan oleh manajemen untuk menyelesaikan urusan diatas dengan cara menciptakan relasi kerja yang berhasil diantaranya:
1. Membentuk komite karyawan dan manajemen.
2. Membuat buku pegangan karyawan.
3. Sistem pengupahan yang profesional.
4. Menciptakan suasana kerja yang kondunsif
5. Menampung unek-unek, anjuran , kritik karyawan.
Integrasi Konsep Etika Dengan Fungsi Manajemen Sumber Daya insan
Manajemen sumber daya manusia yang mempunyai tugas dalam mendukung dan menunjukkan inisiatif dalam pelaksanaan desain budpekerti perusahaan mempunyai peran dalam menertibkan dan mengintegrasikannya ke dalam fungsi-fungsi organisasional yang diembannya. Implementasi desain akhlak ke dalam fungsi-funsi manajemen sumber daya insan ialah
1. Seleksi, sikap karyawan tidak terlepas pada karakter eksklusif yang dibawanya.Seperti pola karyawan dengan kesanggupan pertumbuhan tabiat yang tinggi akan menawarkan perilaku dan aliran yang lebih etis. Hal ini menjadi penting dalam proses seleksi karyawan alasannya jikalau calon karyawan mempunyai kemampuan kemajuan akhlak yang tinggi maka akan lebih gampang mendapatkan prinsip-prinsip sopan santun universal dibanding karyawan yang mempunyai kesanggupan perkembangan etika yang rendah. Dalam hal ini lazimnya administrasi mengunakan tes untuk mengukur kesanggupan pertumbuhan susila untuk menentukan kejujuran dan personalitas serta sebagia alat untuk melihat karakteristik karyawan. Hal yang penting juga dalam prosse seleksi karyawan yang lebih menitiberatkan pada penanaman nilai-nilai adab. Karyawan mesti mempunyai akad pada adab dan menjadi tenteram berbicara tentang adat. Jika konsep adab diintegrasikan dalam organisasi, maka calon karyawan yang dibutuhakan adalah orang-orang yang menginginkan tolok ukur budbahasa dapat diaplikasikan dalam pekerjaan.
2. Orientasi Karyawan, tujuan yang penting dalam rancangan orientasi karyawan ialah mengajarkan mereka norma-norma, attitude, dan beliefs yang berlaku dalam organisasi. Nilai-nilai organisasi dapat dikomunikasikan melalui presentasi formal dan secara implisit melalui sejarah dan mitos organisasi.
3. Training, dalam integrasi pembinaan menanamkan nilai-nilai adab biar karyawan memilki lebih luas pengembangannya dan acara pembinaan untuk karyawan mempunyai fokus yang berbeda-beda. Kareana karyawan diharuskan untuk tahu perihal aturan- aturan regulasi maupun kebajikan, maka penanaman nilai-nilai budbahasa juga mesti memfokuskan pada sharing budbahasa antar organisasi. Training juga dapat dipakai untuk memperluas pengetahuan karyawan dan manajer mengenai kemampuan dalam mengaplikasikan framework akhlak dalam pemecahan problem.
4. Penilaian Kinerja, proses evaluasi kinerja juga mampu diartika sebagai perwujudan proses keadilan yang mempunyai patokan mirip konsisten, bebas dari bias, didasarkan pada info yang akurat, dapat dikoreksi dan ialah representasi dari kinerja yang sebetulnya.. evaluasi kinerja seharusnya dikomunikasikan dalam cara penyampaian informasi perihal keadilan antar individu. Karyawan seharusnya diberikan keterangan, terutama untuk hasil yang negatif dan mereka seharusnya diperlakukan sesuai martabat dan rasa hormat. 
5. Reward dan Hukuman, pendekatan yang kompleks mampu dilakukan dengan santunan reward untuk perlakuan yang etis dan hukuman untuk perlakukan kurang etis. Dengan adanya reward, dibutuhkan bahwa tuntunan adanay perilaku yang lebih beretika tidak dianggap sebagai sebuah aksesori beban. Tentunya reward untuk sikap yang etis dapat menjadi sesuatu yang berlebih-lebihan. Manajemen sumber daya insan harus menawarkan pinjaman kepada karyawan yang mengharapkan persyaratan etika yang tinggi. Sehingga lewat bantuan tersebut aspirasi acara penanaman nilai-nilai adab mampu dibicarakan benar-benar dan lebih berarti. Hukuman menawarkan pembelajaraan sosial yang penting bagi karyawan untuk menjadi lebih sadar dan memiliki kemauan dalam menegakkan nilai-nilai dan etika organisasi. Jika perlu tidak etis tidak butuhdiberkan sanksi, maka karyawan akan berasumsi bahwa mereka juga mampu terhindar dari hukuman.